2 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Tidak Berguna

Diposting pada

Cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi ternyata bisa dilakukan dan mudah. Cara ini sangat membantu Anda yang ingin menghapus aplikasi bawaan smartphon Xiaomi.

Cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi sangat membantu Anda yang selama ini merasa tidak nyaman aplikasi dengan aplikasi bawaan pabrik yang terkadang memakan memori penyimpanan. Seperti yang diketahui bersama jika smartphone Xiaomi menggunakan sistem operasi yang bernama MIUI, untuk tampilan maksimal berbasis android.

Saat Anda baru memasang MIUI atau membeli smartphone Xiaomi dalam kondisi baru maka secara otomatis akan memperoleh aplikasi bawaan dari ponsel pintar Xiaomi yang tak dapat dihapus. Padahal aplikasi-aplikasi bawaan tersebut tidak diperlukan untuk Anda. Sehingga bisa dikatakan aplikasi yang cukup mengganggu.

Beberapa aplikasi kurang penting tersebut berimbas pada kapasitas RAM serta memori yang semakin penuh. Selain itu aplikasi tersebut juga jarang atau bahkan tidak pernah dibuka. Kejadian seperti ini juga terjadi di seluruh smartphone berbasis android. Sehingga bagi Anda pemakai smartphone android khususnya merk Xiaomi, merasa perlu untuk menemukan cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak penting tersebut.

Meskipun Anda sudah mencoba berkali-kali untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut, masih saja aplikasi yang sangat sulit dihapus. Sungguh hal ini menjadi hal yang menyebalkan. Akan tetapi di pembahasan kali ini saya hanya berfokus pada cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi yang dianggap tidak penting.

2 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Tidak Berguna

Mengapa Aplikasi Bawaan pada Smartphone Perlu Dihapus?

Banyak diantara Anda yang bertanya seperti demikian. Saya akan mencoba menjelaskan sedikit biar Anda tidak ragu lagi. Alasannya karena untuk sebagian pemakai smartphone Xiaomi, ada aplikasi-aplikasi yang dianggap oleh pemakainya tidak sangat penting atau malah dianggap tidak berguna.

Bahkan aplikasi-aplikasi ini justru memenuhi memori penyimpanan saja. Sehingga berakibat pada kinerja smartphone semakin lamban dan berat. Alasan-alasan itulah yang menjadikan perlu untuk menghapus aplikasi tersebut memakai cara delete aplikasi bawaan Xiaomi.

Agar bisa menghapus aplikasi bawaannya semacam Duo, Hangouts, Play Movies, Play Music, Microsoft Word, power point, Excel dan aplikasi-aplikasi lainnya, Anda akan tidak bisa melakukan penghapusan secara langsung. Anda memerlukan aplikasi sebagai cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak terpakai tersebut.

Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi?

Ada dua cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi yang bisa dicoba untuk menghapus aplikasi bawaan pada smartphone Xiaomi. Cara ini dianggap cukup ampuh dipakai lantaran sudah banyak yang membuktikan keampuhan aplikasi tersebut. Langsung saja akan saya bahas dua cara tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Memakai Aplikasi dari Pihak Ketiga

  1. Langkah pertama cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi adalah dengan mendownload aplikasi Activity Launcher di Google Play Store
  2. Setelah Anda sukses mendownload aplikasi tersebut, maka langsung saja pasang di smartphone android Xiaomi milik Anda. Selanjutnya mulai buka aplikasi tersebut.
  3. Berikutnya Anda cari “Recent Activity” yang ada pada pilihan menu.
  4. Seteleh menemukan menu di atas kemudian Anda ubah menu dari “Recent Activity” diubah menjadi “All Activities”
  5. Setelah itu Anda tinggal menunggu proses “loading” hingga selesai
  6. Setelah selesai, Anda masuk ke menu “setting” kemudian pilih “Installed Apps” selanjutnya akan muncul list aplikasi yang sudah terinstall di smartphone Anda.
  7. Lalu Anda pilih aplikasi apa saja yang ingin dihapus, setelah terpilih selanjutnya klik “Hapus”
  8. Akhirnya proses selesai dan aplikasi bawaan Xiaomi berhasil dihilangkan.

Cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi tersebut sangat gampang kan? Anda tinggal mendownload satu buah aplikasi dan tinggal memakainya sesuka hati. Akan tetapi jika Anda salah satu orang yang sangat  cinta dengan kuota internet, maka Anda bisa menggunakan cara yang lain seperti yang akan dibahas berikut ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Memakai Google Playstore

  1. Langkah pertama untuk cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa bantuan aplikasi ini, diawali dengan membuka aplikasi playstore di ponsel pintar Xiaomi Anda.
  2. Setelah terbuka, kemudian tap menu di bagian kiri layar kemudian temukan “Help & Feedback” kemudian klik di menu tersebut
  3. Pilih menu “Pencarian semua artikel”
  4. Selanjutnya Anda pilih “lepas instalan, nonaktifkan dan hapus semua aplikasi”, selanjutnya akan muncul seluruh aplikasi yang akan dinonaktifkan
  5. Anda klik salah satu dari semua aplikasi yang akan dihapus, kemudian pilih “disable”
  6. Berikutnya aplikasi yang dipilih tadi akan secara otomatis akan menghilang
  7. Apabila ingin mengaktifkan kembali aplikasi tersebut, maka tinggal ulangi saja langkah berikut sejak awal kemudian klik “enable”

Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi mudah kan? Di sini saya menyarankan untuk memakai cara pertama tadi. Apabila cara pertama tidak berhasil maka baru Anda pakai cara yang kedua. Jika masih gagal juga, maka ulangi lagi dua cara tadi, siapa tahu ada langkah-langkah yang terlewat. Ingat sebelum hapus, backup dahulu ya?

Demikian tadi pembahasan cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi. Cara ini bisa dipakai di seluruh smartphone Xiaomi semua tipe mulai dari redmi 5A hingga Xiaomi Mi 6. Semoga artikel ini berguna untuk Anda para pemakai smartphone Xiaomi.