3 Keutamaan Puasa dan Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Islam

Diposting pada

Puasa ramadhan menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh semua umat islam. Untuk itulah seluruh umat Islam harus mengetahui bagaimana doa niat puasa ramadhan sebulan Islam.

Berbicara soal doa niat puasa ramadhan sebulan Islam, kami yakin semua umat Islam sudah mengetahui bagaimana bunyinya. Dikarenakan puasa ramadhan merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim, maka ketika Anda Anda masih memiliki anak kecil, wajib dikenalkan dan diajarkan tentang berpuasa. Mulai dari doa niatnya, doa berbuka hingga memberitahu apa saja hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. Apabila memang sedang tidak dapat menjalankan puasa, maka umat islam wajib membayarnya di waktu lain. Ketika umat Islam mampu menjalankan puasa selama 1 bulan full, maka ada begitu banyak ganjaran yang akan diberikan Allah.

3 Keutamaan Puasa dan Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Islam

Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Islam yang Benar dan Keutamaannya

Setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, harus membaca niat terlebih dahulu. Bagi yang masih belajar menghapalkan niat puasa, maka inilah doanya sekaligus beberapa keutamaan menjalankan puasa ramadhan:

1. Doa Niat Puasa

Untuk doa niat puasa ramadhan sebulan Islam seperti berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَ

Nawaitushauma ghadin ‘anada’i fardhi syahri ramadhaana haadzihissanati lillahita’aala.

Artinya :

Saya berniat puasa di esok hari untuk menunaikan kewajiban di Ramadhan tahun ini. Karena Allah Ta’ala. Jika sudah membaca doa niat berpuasa, maka puasa pun sudah dapat dimulai.

2. Keutamaan Puasa Ramadhan

Selain kami membagikan info terkait doa niat puasa ramadhan sebulan Islam, kami pun akan membahas tentang keutamaan puasa. Puasa ramadhan merupakan puasa wajib dan ketika dikerjakan maka aka nada beberapa keuntungan yang didapatkan :

A. Mendapat Pahala Tak Terhingga

Siapa saja yang doa niat puasa ramadhan sebulan Islam dan berpuasa di bulan ramadhan maka mereka akan mendapatkan pahala. Pahala yang didapatkan pun tidak terhingga. Untuk itulah Anda yang beragama Islam jangan pernah meninggalkan ibadah puasa wajib ini. Pasalnya apabila tidak dijalankan maka akan mendapatkan dosa. Kemudian jika memang sedang berhalangan untuk berpuasa, hendaknya mengganti puasa di lain hari.

B. Mulut Orang Berpuasa Lebih Harum Dibandingkan Kasturi

Siapa saja yang telah doa niat puasa ramadhan sebulan Islam dan menjalankan puasanya, maka bau mulutnya dianggap harum. Hal tersebut pun telah difirmankan oleh Allah. Bahkan bau mulut dari seseorang yang berpuasa lebih harum dibandingkan minyak wangi kasturi. Itu berarti betapa mulianya orang-orang yang berpuasa di mata Allah.

C. Mendapat Pengampunan Dosa

Setiap orang tentu sering berbuat dosa, entah itu dosa ringan maupun dosa besar. Namun Allah selalu memberikan kemudahan bagi hamba-Nya yang ingin bertaubat dan menggugurkan dosa-dosanya. Salah satu cara menggugurkan dosa-dosa selama hidup yaitu dengan berpuasa ramadhan. Allah telah berjanji, siapa yang menjalankan puasa ramadhan dengan ikhlas dan full selama 1 bulan, dosa akan diampuni. Untuk itulah bagi yang tak tahu bagaimana doa niat puasa ramadhan sebulan Islam, hapalkan niat yang sudah kami tuliskan di atas.

Sekian untuk beberapa contoh keutamaan dari berpuasa ramadhan. Jika Anda sudah paham tentang apa saja keutamaannya, kami yakin Anda tidak akan main-main ketika ramadhan telah tiba. Pasalnya di bulan ramadhan ini semua umat islam dapat berlomba-lomba untuk dapatkan pahala sebanyak mungkin. Khusus yang belum hapal doa niat puasa ramadhan sebulan Islam lengkap, maka catatlah doa yang kami tuliskan di atas. Niat puasa tidak terlalu panjang, sehingga akan sangat mudah untuk dihapalkan.