6 Langkah Berdoa Mohon Penyembuhan Luka Batin dan Pemulihan Perkawinan

Diposting pada

Bagaimanakah cara melakukan doa penyembuhan luka batin dan pemulihan perkawinan Kristen? Jawaban lengkap dan jelasnya, akan diulas pada informasi berikut ini.

Setiap melakukan doa, sesuai dengan iman Kristen dapat dilakukan di kesempatan apapun. Namun yang terbaik adalah yang sesuai dengan Alkitab, yaitu melakukannya di kamar dalam keadaan yang tenang. Hal ini juga dapat dilakukan untuk anda yang akan menjalankan doa penyembuhan luka batin dan pemulihan perkawinan Kristen. Karena proses penyerahan diri harus dilakukan secara total dan penuh. Lantas bagaimana langkah selanjutnya?

6 Langkah Berdoa Mohon Penyembuhan Luka Batin dan Pemulihan Perkawinan

6 Langkah Berdoa Mohon Penyembuhan Luka Batin dan Pemulihan Perkawinan

1. Langkah Pertama

  • Ambillah posisi duduk yang nyaman, ‘ yang membuat Anda bertahan berkomunikasi dengan Tuhan dalam beberapa menit.
  • Duduklah dengan tenang dan rileks. Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan. Lakukan pernapasan panjang dan teratur, hingga membuat Anda tenang, santai, dan nyaman.
  • Segala pikiran yang timbul, terimalah dan biarkan saja. Jangan pernah menolak atau memberontak pikiran yang muncul ketika Anda mempersiapkan diri untuk berdoa.
  • Masukilah ketenangan dalam diri Anda dengan tetap memperhatikan keluar-masuknya napas Anda. Semakin sadarilah napas Anda yang keluar dari kedua lubang hidung Anda.
  • Setelah Anda merasakan kenyamanan dan ketenangan batin, sekarang ingat dan hadirkan Tuhan di dekatmu. Tuhan yang telah hadir di hadapan-Mu, menerimamu dengan kasih-Nya tanpa batas.
  • Mulailah dengan membuat tanda salib: “Dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.”

2. Langkah Kedua

Memohon dengan sepenuh iman yang Anda miliki agar Tuhan menyembuhkan diri Anda secara batiniah dan memulihkan perkawinan Anda.

Tuhan, Engkau telah berfrman kepada kami: “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu!” Oleh karena itu, aku mohon penyembuhan batin dan pemulihan perkawinan. Ya Tuhan, sembuhkanlah aku seutuhnya. Buatlah aku menjadi sehat. Aku percaya akan kasih-Mu kepadaku dan akan kuasa-Mu untuk menyembuhkan dan memulihkanku berkat belas kasih-Mu itu.

3. Langkah Ketiga

Bertobat, berbalik kepada Tuhan untuk meminta pengampunan. Dengan memasuki terang kasih dan pengertianNya, saya bebas memandang diri saya sebagaimana adanya. Saya menjadi lebih sadar akan dosa-dosa saya, hidup saya yang tak teratur, dan segala sesuatu yang menyakitkan diri kita serta luka-luka dalam batin saya. Dalam kasih Tuhan saya bebas melihat dengan baik bahwa saya memerlukan pengampunan dan penyembuhan batin untuk pemulihan perkawinan saya.

Tuhan, aku sungguh menyesal atas semua dosaku. Aku percaya akan belas kasih-Mu. Berkat bantuan-Mu, aku menolak semua dosa dan kejahatan yang disebabkan oleh dosa-dosaku dalam hidupku. Dengan sepenuh hati aku menerima kasih-Mu yang rela mengampuni. Maka aku mohon rahmat-Mu agar aku menyadari hidup batin rohaniahku yang tidak tertata, menyadari sungguh-sungguh keadaan batinku yang tidak tertata, yang disebabkan Iuka-Iuka dan segala sesuatu yang menyakitkan, serta yang disebabkan oleh kejahatanku.

Ya Tuhan, bimbinglah aku dalam doaku ini. Tunjukkanlah apa yang harus aku minta dalam doa dan bagaimana aku harus berdoa. Semoga aku ingat kembali rasa sakit dan Iuka-Iuka batin yang ingin aku mohon Engkau sembuhkan, serta untuk pemulihan perkawinan kami.

4. Langkah Keempat

Kini, perhatikanlah masalah atau pengalaman yang menyakitkan yang timbul dalam ingatan Anda. Berdoalah memohon agar masalah dan luka-luka batin yang timbul dalam ingatan Anda. Misalnya, pengalaman masa kecil Anda baik dengan ayah/ibu yang membuat Anda terluka, kurang kasih sayang dari kedua orang tua, hubungan yang kurang baik dengan ayah/ibu, perkataan-perkataan suami/istri yang membuat Anda terluka, perlakuan/tindakan kasar yang dilakukan suami/istri yang disertai kekerasan fisik, mendengar/melihat suami/istri selingkuh, pengalaman dilecehkan, ditolak, dikhianati dan lain sebagainya.

Berdoalah dari teks-teks doa yang tersedia dari buku ini. Doakanlah doa yang sesuai dengan suara hati Anda, seraya menyerahkan luka-luka dan kenangan yang menyakitkan, atau masalah itu kepada Tuhan untuk disembuhkan dan dipulihkan.

5. Langkah Kelima

Ampunilah setiap orang yang ada kaitannya dengan luka batin Anda (kedua orang tua, suami/istri, anak, saudara, tetangga). Berdoalah bagi mereka dengan menyebutkan namanya dan katakanlah kepada Tuhan, dengan bantuan-Nya, Anda mengampuni mereka masingmasing. Bayangkan dan hadirkanlah orang yang perlu diampuni. Dalam bayangan dan kehadirannya, rangkullah dia dan katakanlah, “Aku mengampuni dan memaafkan Anda.” Kemudian bayangkanlah pada waktu itu Tuhan yang merentangkan tangan-Nya untuk memeluk kalian berdua, dan dengan sebelah tangan memeluk orang yang Anda ampuni itu berjalanlah bersama orang itu ke dalam pelukan Allah. Biarkanlah Allah mengampuni kalian berdua dan mendamaikan kalian satu sama lain dan juga mendamaikan Anda berdua dengan diri-Nya.

6. Langkah Keenam

Gambarkanlah dalam bayangan Anda keaadan ketika masalah yang diingat itu terjadi, atau tempat terjadinya kenangan yang sangat menyakitkan itu. Dalam bayangan Anda, gambarkanlah Tuhan berada bersama Anda di tempat dan dalam situasi terjadinya masalah itu. Pada saat itu, rasakanlah pula kehadiranNya itu dengan kasih-Nya yang rela menyembuhkan Anda. Panjatkanlah ungkapan syukur, “Ya Tuhan aku bersyukur kepada-Mu, atas kebaikan dan kasih-Mu. Amin.”

Cara Lain Melakukan Doa Penyembuhan Luka Batin dan Pemulihan Perkawinan

Setelah tiba di kamar, terdapat beberapa langkah lain yang harus dilakukan. Untuk memandu anda, simaklah informasi berikut ini

1. Siapkan Iman

Jika anda melakukan doa ini, sebaiknya siapkan iman terlebih dahulu. Sampaikan semua pergumulan rumah tangga yang dialami. Dan yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan solusi pada semua masalah tersebut. Bila diperlukan, angkat satu pujian penyembahan untuk memberikan suasana lebih nyaman saat akan melakukan doa.

2. Pembacaan Alkitab

Berikutnya, anda harus mempersiapkan ayat bacaan untuk memperkuat niat melakukan doa. Carilah, ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dengan perkawinan, pengampunan dan permohonan maaf. Hal ini akan mengingatkan, bahwa Allah telah terlebih dahulu mengampuni kita. Jadi, sebagai umat-Nya, kita juga belajar untuk mengampuni orang lain yang bersalah pada kita.

3. Tutup dengan Doa

Inilah waktunya menyampaikan semua permasalahan anda pada Allah. Sampaikanlah berbagai pergumulan yang dirasa berat dengan rendah hati dan mohon petunjuk untuk menyelesaikannya. Doa penyembuhan luka batin dan pemulihan perkawinan dapat diucapkan dengan bahasa sendiri. Jadi, tidak perlu terpaku dengan doa-doa yang ada di media online.

4. Ingat Kenangan Bersama Pasangan

Perceraian bukanlah jalan keluar saat anda merasa tidak cocok lagi dengan pasangan. Untuk itu, ingatlah masa-masa indah saat bersama, utamanya perhatikan perasaan anak-anak. Hal ini akan membantu untuk memulihkan hati yang hancur karena perbuatan pasangan.

Lakukan cara-cara ini secara perlahan, jika Tuhan belum memberikan jawaban, bukan berarti Ia tidak menjawab. Namun meminta anda bersabar atas doa penyembuhan luka batin dan pemulihan perkawinan Kristen. Karena Tuhan akan berikan yang terbaik untuk umat-Nya.