Alur Data : Percabangan pada Pemrograman Borland C++ (Bahasa C)

Alur Data : Percabangan pada Pemrograman Borland C++ (Bahasa C)

Diposting pada

Banyak persoalan yang memerlukan pengambilan keputusan. Sama halnya dalam pemrograman. Seperti contoh ketika aplikasi harus memutuskan untuk menentukan bahwa suatu bilangan itu negatif atau positif. Statemen yang kita gunakan untuk melakukan percabangan tersebut ada 2 yaitu statemen if dan statemen switch.

Alur Data : Percabangan Borland C++ (Bahasa C)

Untuk dapat memutuskan sesuatu, program harus dapat membandingkan paling tidak 2 hal/nilai. Berikut beberapa operator relasi yang bisa digunakan.

OperatorMakna
>Lebih besar dari
>=Lebih besar atau sama dengan
<Kurang dari
<=Kurang atau sama dengan
!ERROR! unexpected operator '='Sama dengan
!=Tidak sama dengan

1. Statemen if

Bentuk umum penyeleksian terhadap sebuah kondisi adalah statemen if. Lebih lanjut mengenai sintaks dan penggunaannya, silahkan liat contoh di bawah ini:

Baca Juga : Fungsi-Fungsi Input-Output Borland C++ (Bahasa C)

2. Statemen if…else

Ketika suatu kondisi diseleksi dan ternyata kondisi tersebut tidak memenuhi syarat, maka pemrogram dapat membuat suatu kondisi khusus atau kondisi default dari penyeleksian tersebut. Pada program C, statemen else-lah yang merupakan kondisi default dari proses seleksi.

Baca Juga : Operator, Variabel, dan Tipe Data Borland C++ (Bahasa C)

3. Statemen if..else bertangga

Untuk menyeleksi suatu kondisi bertingkat, kita dapat menggunakan statemen if bertingkat atau disebut juga if bertangga.

Baca Juga : Pengenalan dan Elemen Dasar Pemrograman Bahasa C (Borland C++)

4. Statemen nested if

Pada proses percabangan, akan ada lebih dari satu kondisi yang menyeleksi sebuah kondisi. Proses percabangan tersebut dinamakan percabangan bersarang dengan menggunakan statemen nested if.

5. Statemen Switch-case

Bentuk lain untuk menyeleksi suatu kondisi adalah dengan statemen switch-case. Bentuk ini hampir sama kegunaannya dengan statemen if, namun dalam bahasa C, terdapat perbedaan bentuk switch dan bentuk if.

Itulah penjelasan alur data : percabangan pada pemrograman Borland C++ (Bahasa C) yang dapat disampaikan. Jika dalam penjelasan ada beberapa hal yang keliru atau salah penulisan, mohon dimaklumi.