Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah, Terlengkap

Diposting pada

Belum berpengalaman, dalam bacaan doa setelah sholat tahajud sesuai sunnah? Tidak perlu khawatir, karena solusi doa-doa yang biasa dibaca, tersedia di sini.

Doa setelah sholat tahajud sesuai sunnah. dalam Islam, terdapat ibadah sholat fardu yang disunnahkan. Salah satunya adalah sholat tahajud yang dilakukan diwaktu malam. Shalat tahajud memiliki syarat yang harus dijalankan, yaitu tertidur dari waktu yang telah ditentukan, walaupun hanya beberapa saat. Shalat tahajud dapat dilakukan bagi umat, yang telah baligh dan berakal.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah, Terlengkap

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Walaupun merupakan sholat sunnah, manfaat dari sholat ini benar-benar terasa dalam kehidupan. Namun penting untuk memahami beberapa bacaan doa seperti di bawah ini,

1. Memulai dengan Alfatihah

Pertama, bacalah bacaan setelah sholat dengan membaca Al-fatihah. Pembacaan ini diawali dengan bismillah, yang berarti meminta tanpa paksaan pada Allah.

2. Sayyidul Istighfar

Selanjutnya bacalah bacaan-bacaan istighfar untuk berpasrah dan memohon ampun atas segala dosa yang telah diperbuat. Bacaan ini dianggap paling ampuh untuk membantu memohon ampun,

“Allahuma anta Robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa anaa abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastathi’tu. A’udzu bika min syarri maaa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu la yaghfirudz dzuunnuuba illa anta.”

Yang memiliki arti:

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan haq kecuali Engkau, Engkau telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Ku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah ku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku. Dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

3. Bacaan Sholawat

Selanjutnya kembalilah bershalawat untuk membuka langit ketujuh sebelum berdoa. Harapannya, doa ini dapat sampai ke Allah. Bacaannya sebagai berikut,

“Washallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhamma-din wa’alaa aalihiwa shahbihiiwa sallam, wal hamdu lillaahirabbil ‘aalamiin.”

Yang berarti:

Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada pendahulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

4. Bacaan Setelah Shalat Tahajud Lainnya

Bacaan lain yang sering disampaikan setelah sholat tahajud adalah sebagai berikut,

“Allahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’ika haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wannabiyyuuna haqquw wa muhammadun shallallahu ‘alahi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

Artinya:

Ya Allah bagi-Mulah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit, bumi serta semua mahluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bimi beserta semua mahluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua mahluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau mahabenar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad SAW adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

Masih terdapat beberapa doa yang sering disampaikan setelah usai shalat tahajud. Jika penasaran, cobalah mencarinya di buku-buku rohani. Sehingga dapat membantu anda untuk melafalkan doa setelah sholat tahajud sesuai sunnah dan mendapatkan hasil dari doa dan usaha yang telah dilakukan.