BCA Mobile Tidak Bisa Diakses? Ini Solusi Mudahnya

Diposting pada

BCA Mobile tidak dapat diakses merupakan masalah yang kerap terjadi. Bagaimana cara penyelesaian masalah ini? Berikut jawabannya.

Saat BCA Mobile tidak bisa diakses, tentu saja akan ada banyak orang yang kebingungan. Saat ini, menggunakan aplikasi BCA Mobile di smartphone sudah dilakukan oleh sebagian besar nasabah bank besar Indonesia ini. Aplikasi ini memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk membayar tagihan, membeli pulsa, transfer uang, dan lain sebagainya.

Penyebab terbesar dari tidak bisanya aplikasi BCA Mobile dibuka adalah karena pergantian SIM card. Nomor baru di HP menjadi tidak sesuai dengan yang didaftarkan untuk aplikasi sebelumnya. Alhasil, terjadi error. Cara mengetahui BCA Mobile tidak bisa diakses karena hal ini adalah ketika aplikasi dibuka, akan muncul pemberitahuan pada layar.

Pemberitahuan ini intinya menyuruh pengguna untuk melakukan verifikasi ulang untuk nomor yang baru ini. Proses verifikasi bisa dilakukan melalui pilihan “About” pada aplikasi. Dengan cara inilah, masalah BCA Mobile tidak bisa diakses bisa diselesaikan dengan mudah.

BCA Mobile Tidak Bisa Diakses? Ini Solusi Mudahnya

Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Diakses dengan Verifikasi Ulang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara terbaik untuk mengatasi BCA Mobile tidak bisa diakses adalah dengan verifikasi nomor ulang. Di pesan yang ditampilkan oleh pihak BCA Mobile, proses ini bisa dilakukan dengan mengakses pilihan “About” pada aplikasi.

Untuk mengatasi masalah BCA Mobile tidak bisa diakses karena masalah verifikasi nomor, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile yang ada di smartphone
  2. Lihat ke bagian paling bawah di layar, ada pilihan “About”. Tap pilihan tersebut.
  3. Ada tombol “Verifikasi Ulang” yang terpampang di bagian bawah.
  4. Tap pada opsi “Simpan” untuk menghapus pesan lama pada aplikasi.
  5. Untuk verifikasi, masukkan angka yang tertera di kartu ATM BCA. Angka ini berjumlah 16 digit. Setelah memastikan angka-angka tersebut benar, tap “OK”.
  6. Proses verifikasi akan segera berjalan. Tunggu ada SMS verifikasi masuk dan masukkan kode yang ada di SMS tersebut.
  7. Selesai

Setelah proses di atas selesai, restart atau mulai ulang smartphone yang digunakan. Setelah itu, coba buka lagi aplikasi BCA Mobile dan login kembali. Jika semua proses verifikasi tadi berhasil, seharusnya pengguna sudah bisa masuk dan mengakses aplikasi m-banking milik BCA ini.

Cara-Cara Lain untuk Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Diakses

Kadang, sumber masalah dari BCA Mobile tidak bisa diakses melulu karena verifikasi nomor. Meski nomor tak diganti dan sudah sesuai dengan yang terdaftar sebelumnya, aplikasi juga tetap saja bisa eror dan tidak mau berjalan. Bisa jadi hal ini terkait dengan masalah aplikasi tersebut di perangkat Android. Tenang saja, ada banyak cara mengatasinya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menghapus Cache pada Aplikasi

Cache adalah memori kecil yang ada di tiap aplikasi Android. Terlalu banyak cache menumpuk di dalam aplikasi bisa menyebabkan aplikasi tersebut macet dan tidak bisa dibuka. Bisa saja masalah BCA Mobile tidak bisa diakses bersumber dari hal ini. Cara terbaik untuk mengatasinya tentu saja adalah dengan menghapus cache pada aplikasi m-banking BCA tersebut. Cara-cara selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

  1. Masuk ke dalam menu “Setting” (Pengaturan) di smartphone,
  2. Temukan opsi “Application” (Aplikasi) kemudian pilih dan masuk pada bagian “Installed App” (Aplikasi Terpasang).
  3. Cari aplikasi BCA Mobile. Tap pada aplikasi tersebut.
  4. Ada opsi “Clear Cache” (Hapus Cache). Tap opsi tersebut untuk menghapus cache. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah cache pada aplikasi dihapus, restart smartphone dan coba untuk masuk pada aplikasi kembali setelah smartphone menyala. Jika berhasil masuk, maka memang benar cache adalah sumber masalahnya. Jangan lupa bersihkan cache aplikasi secara berkala untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali. Jika tetap tidak bisa dibuka, coba langkah yang lebih jauh di pilihan selanjutnya di bawah ini.

2. Menghapus Data pada Aplikasi

Jika cache ternyata bukan sumber masalah dari BCA Mobile tidak bisa diakses, coba untuk menghapus data yang ada pada aplikasi. Menghapus data terkadang bisa membuat aplikasi lebih ringan sehingga bisa diakses kembali. Sayangnya, menghapus data pada aplikasi mengharuskan pengguna untuk melakukan setting atau pengaturan BCA Mobile dari awal lagi.

Meski terdengar merepotkan, namun sepertinya hal ini harus dilakukan jika BCA Mobile tidak bisa diakses dan tidak ada cara lain lagi untuk menyelesaikan masalah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus data pada aplikasi m-banking BCA di smartphone Android.

  1. Masuk ke dalam menu “Setting” (Pengaturan)
  2. Temukan opsi “Application” (Aplikasi) dan lanjutkan ke “Installed App” (Aplikasi Terpasang).
  3. Cari aplikasi BCA Mobile. Tap pada aplikasi tersebut.
  4. Pilih “Clear Data” (Hapus Data) untuk menghapus semua data yang tersimpan di dalam aplikasi.

Jika sudah dihapus datanya, restart perangkat kemudian masuk ke dalam aplikasi lagi setelah menyala. Masukkan semua data dan lakukan verifikasi sesuai dengan yang ditentukan. Jika setelah itu aplikasi bisa berjalan lancar, maka benar sumber masalah ada pada aplikasi dan dengan dihapus datanya, aplikasi seperti disegarkan kembali dan kini bisa digunakan seperti sedia kala.

3. Uninstall Aplikasi dan Download Ulang

Meski sudah hapus data, kadang aplikasi BCA Mobile tetap tidak mau berjalan. Jika hal ini terjadi, maka hal yang paling ekstrim harus dijalankan: menghapus aplikasi dari perangkat. Tenang saja, setelah dihapus, beberapa saat kemudian aplikasi akan diinstal kembali pada perangkat.

Untuk menghapus aplikasi, tekan lama pada ikon aplikasi m-banking BCA ini, setelah muncul gambar tong sampah (icon uninstall) pada bagian atas layar, tarik ikon aplikasi ke tong sampah tersebut. Akan ada pertanyaan “Copot aplikasi BCA Mobile dari perangkat?” kemudian pilih jawaban “Ya”. Proses pencopotan akan segera berlangsung. Tunggu hingga selesai.

Setelah aplikasi dicopot dari perangkat, coba matikan dulu smartphone yang digunakan dan nyalakan kembali beberapa menit kemudian. Setelah menyala, coba untuk download ulang aplikasi. Caranya ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka Google PlayStore di ponsel kemudian masukkan “BCA Mobile” di kolom pencarian.
  2. Setelah aplikasi ketemu, pilih “Install”.
  3. Proses download dan pemasangan akan segera berjalan jika koneksi internet kuat dan masih ada memory tersisa di smartphone.
  4. Tunggu hingga proses selesai dan ikon BCA Mobile terpasang di layar smartphone.

Setelah aplikasi terpasang kembali di perangkat, coba untuk buka dan masukkan informasi untuk login dan lakukan verifikasi sesuai dengan yang diminta. Jika semuanya benar, seharusnya aplikasi sudah bisa berjalan lancar lagi dan masalah BCA Mobile tidak bisa diakses teratasi.

Kesimpulannya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah tidak bisanya aplikasi m-banking BCA dibuka. Jika semua cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, ada baiknya pengguna melakukan penyelesaian masalah langsung ke pihak bank. Datang saja ke kacab BCA terdekat dan minta bantuan customer service di sana untuk mengatasi masalah BCA Mobile tidak bisa diakses yang terjadi di perangkat.