Beberapa Cara Flashing MIUI dengan Lengkap dan Aman

Diposting pada

Ada beberapa cara flashing MIUI dengan metode berbeda yang bisa Anda gunakan untuk flashing MIUi Anda. Anda akan membutuhkan flashing ini ketika ada masalah pada ponsel Anda.

Bagi pengguna ponsel Xiaomi, harus tahu bagaimana cara flashing MIUI yang berguna jika suatu saat Anda ingin mengganti ROM ke jenis ROM lain. Ini biasanya dilakukan oleh pengguna gadget yang suka berganti ganti ROM.

Setiap perangkat gadget pasti memiliki ROM (Read Only Memory). ROM ini adalah lokasi penyimpanan dimana file sistem dan data yang digunakan disimpan di dalamnya. Setiap ponsel memiliki ROM yang berbeda-beda, jenis maupun ukurannya. Termasuk Xiaomi yang memiliki MIUI sebagai ROM-nya.

Beberapa Cara Flashing MIUI dengan Lengkap dan Aman

Apa MIUI itu?

MIUI ini adalah salah satu jenis ROM sama seperti ROM Android, namun sudah mengalami pengembangan dan modifikasi. Karena itu MIUI ini selalu melakukan update untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Apakah Recovery ROM itu?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis ROM. Pertama adalah recovery ROM. ROM ini adalah jenis ROM yang memiliki ekstensi .zip. Jenis ROM ini biasanya digunakan untuk flashing yang biasanya ada pada recovery mode.

Fastboot ROM

Jenis selanjutnya adalah ROM yang biasa digunakan sebagai cara flashing MIUI. ROM ini memiliki ekstensi .tgz. ROM inilah yang akan digunakan untuk proses flashing nantinya.

4 Cara Flashing MIUI pada Xiaomi

Sebelum memulai flashing pada MIUI Anda, ada tips flashing MIUI mudah yang harus Anda lakukan adalah memilih salah satu metode atau mode flashing. Setidaknya ada 4 mode flashing yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Fasboot Mode.

1. Flashing via Fastbooting

  • Unlock Bootloader Xiaomi, Langkah pertama dari cara flashing MIUI via fastboot mode adalah pastikan ponsel Anda sudah di Unlock Bootloader. Jika belum maka Anda harus melakukan prosedur UBL (Unlock Bootloader) terlebih dahulu.
  • Mode Fastboot, Selanjutnya masuk ke fastboot dengan cara tekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan selama beberapa waktu. Tahan sampai ada getaran, maka Anda akan mendapat beberapa pilihan. Pilih pada ‘Fastboot’.
  • Unduh Miflash, Jangan lupa unduh MiFlash di perangkat komputer atau PC.
  • Hubungkan HP ke PC, Selanjutnya hubungkan ponsel Anda ke PC atau komputer menggunakan USB. Usahakan menggunakan USB bawaan ponsel.
  • Buka Miflash dan Mulai Proses Flashing, Terakhir buka MiFlash dan lakukan proses flashing, dimulai dengan merefresh lalu mulai flashing.

2. Flashing Via Updater

  • Langkah pertama cara flashing MIUI via updater adalah download ROM yang diinginkan.
  • Buat folder baru ‘downloaded_rom’ di memory internal. Copy file unduhan ROM tadi ke dalam folder tersebut.
  • Buka updater, pilih ‘Choose update package’ lalu pilih folder yang baru saja Anda buat. Maka Xiaomi akan secara otomatis mengupdate.

3. Flashing Via Recovery Mode

  • Download ROM di website resmi MIUI. Download jenis ROM yang sesuai dengan jenis HP Anda.
  • Ubah nama file menjadi update.zip agar sistem bisa memverifikasi file hasil download. Jika sudah, pindahkan file ke internal storage dan letakkan diluar folder.
  • Masuk ke mode recovery dengan cara tekan tombol power dan tombol volume (+) sampai muncul getaran. Pilih menu ‘instal update.zip to system’ dengan menggunakan tombol volume up atau down dan tombol power untuk OK.
  • Instal dan tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Flashing melalui Fastboot EDL Mode

Cara ini bisa digunakan jika semua cara di atas tidak berhasil. Namun cara flashing MIUI ini hanya bisa digunakan jika ponsel Anda menggunakan prosesor Qualcomm atau Snapdragon. Jika tidak maka tidak akan berhasil.

  • Install QDLoader. Jika sudah jalankan MiFlash Tools. Caranya buka driver C:\Xiaomi\XiaomiFlash lalu klik kanan pada XiaomiFlash.exe. Pilih ‘run as administrator’.
  • Sambungan ponsel ke PC dengan USB original. Kemudian, matikan ponsel dan masuk ke fastboot dengan menekan tombol power dan volume up bersamaan selama beberapa detik.
  • Buka drive C:\adb\ lalu tekan ‘shift + klik kanan’ di bagian yang kosong. Selanjutnya pilih ‘open command window here’. Selanjutnya klik ‘fastboot device’.
  • Ketikkan perintah ‘fastboot oem edl’. Setelah itu, layar ponsel akan mati dengan lampu notifikasinya sudah berwarna merah. Jika sudah demikian maka ponsel sudah masuk mode EDL.
  • Masuk ke MiFlashTools lalu refresh. Ponsel Xiaomi akan terdeteksi COMx. Klik menu select lalu pilih folder tempat Anda menyimpan ROM yang sudah diekstrak. Selanjutnya klik ‘Flash’.
  • Tunggu beberapa saat sampai ada tulisan ‘flash done’ maka ponsel Anda akan direstart secara otomatis. Indikasinya jika berhasil, ponsel akan langsung masuk ke menu utama. Jika gagal maka hanya akan ditampilkan logo Mi.

Itu tadi adalah langkah-langkah dari cara flashing MIUI dengan Fastboot mode. Flashing dengan cara ini mungkin memiliki sedikit resiko. Namun tak perlu khawatir karena ketika gagal, ada juga cara mengatasinya. Selain itu, flashing juga tidak hanya bisa dilakukan dengan mode fastboot, ada beberapa cara lain yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.