Beberapa Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan

Diposting pada

Ternyata ada beberapa cara mengatasi Whatsapp tidak bisa kirim pesan yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Cara tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja.

Ada beberapa cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan. Seperti yang diketahui bersama jika whatsapp merupakan salah satu aplikasi komunikasi tepatnya untuk urusan berkirim pesan paling cepat dan praktis. Hal ini bisa dibuktikan dengan kecepatan penerimaan pesan yang dikirim adalah yang tercepat dan tentunya sangat akurat dari pada aplikasi lainnya.

Whatsapp bisa mengalami masalah yang berakibat tidak bisa kirim pesan seperti biasanya. Tak hanya itu ketika whatsapp tengah bermasalah, maka aplikasi ini juga tidak bisa menerima pesan yang dikirim dari teman secara pribadi maupun semua pesan yang ada di grup whatsapp. Maka dari itu, kita butuh cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan sehingga semua masalah tersebut bisa teratasi.

Beberapa Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Tidak Dapat Mengirim Pesan

Selanjutnya akan dijabarkan cara-cara yang bisa kita lakukan supaya bisa mengembalikan fungsi utama whatsapp yaitu untuk mengirimkan pesan baik pesan pribadi maupun pesan di grup. Selain  itu trik mengatasi whatsaap tidak bisa kirim pesan ini juga menjamin smartphone android kita tetap aman dan dijamin tidak rusak. Langsung saja, akan dijabarkan cara-cara yang mesti kita lakukan:

1. Cek Nomor HP yang Akan Dikirimi Pesan

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan, yang pertama adalah dengan mengecek nomor Hp yang akan dituju. Pastikan nomor yang tersimpan di kontak adalah nomor yang benar dan dalam kondisi aktif. Selain itu, nomor tersebut juga benar-benar telah didaftarkan sebagai nomor whatsapp.

Cara mengecek kebenaran nomor telepon tersebut benar-benar masih aktif atau sudah tidak sebagai nomor whatsapp adalah dengan langkah-langkah berikut (pada artikel ini dicontohkan pada Smarphone Xiaomi).

  • Pertama-tama adalah ketik nomor WA secara benar di smartphone, jika sudah merasa yakin dan benar dengan nomor Whatsapp tersebut kemudian langsung saja simpan di kontak ponsel pintar Anda.
  • Setelah itu langsung saja buka aplikasi whatsapp. Selanjutnya pilih ikon Chat baru yang terletak di bagian sudut kanan bawah. Biasanya ikon ini berbentuk lingkaran warna hijau kecil dengan simbol surat di dalamnya.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan nomor-nomor kontak whatsapp yang sudah terkoneksi dengan aplikasi pesan whatsapp. Kontak whatsapp ini akan tersusun urut secara alfabetis, sehingga mudah untuk dicari.

Apabila nomor HP yang disimpan sebelumnya tadi muncul di daftar kontak tersebut maka bisa dipastikan jika nomor tersebut sudah terdaftar sebagai nomor whatsapp. Namun apabila tidak bisa ditemukan di daftar kontak tersebut, maka bisa dipastikan jika nomor HP itu belum terdaftar sebagai akun whatsapp.

2. Pastikan Kontak Tidak Sedang Diblokir

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan yang selanjutnya adalah dengan memastikan kontak milik Anda tidak sedang diblokir. Maksudnya diblokir adalah diblokir oleh pengguna lain. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Pastikan Anda tidak menemui tulisan yang berisi “terakhir dilihat”. Jika hal ini terjadi maka bisa jadi nomor kamu sedang diblokir oleh pemilih nomor whatsapp yang akan dituju.
  • Berikutnya, pastikan Anda bisa mengintip foto profilnya maka nomor Anda tidak terblokir. Jika yang terjadi sebaliknya maka bisa jadi nomor kamu sedang diblokir.
  • Setiap kali mengirim pesan, status pengiriman pesannya senantiasa centang satu dan tidak pernah berubah menjadi centang dua.
  • Panggilan berupa telepon tidak bisa terhubung atau tidak berdering.

Apabila menemui ciri-ciri tersebut maka bisa dipastikan bahwa nomor whatsapp Anda sedang diblokir. Sehingga cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan mendeteksi masalah pemblokiran nomor dengan mudah yang menjadikan nomor Anda tak bisa berkirim pesan ke kontak yang yang dituju.

3. Pastikan Sambungan Internet Lancar

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan adalah dengan memastikan sambungan internet di smartphone Anda. jika koneksi dan sinyalnya buruk tentunya akan mengganggu kegiatan selancar di internet, begitu juga untuk masalah kirim pesan lewat whatsapp.

4. Bersihkan Cache

Sehabis Anda memastikan langkah-langkah di atas sudah betul, cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan selanjutnya yang bisa Anda kerjakan adalah melakukan pembersihan cache atau histori log whatsaap. Berikut caranya:

  • Buka HP anrdroid dan masuk ke menu setting/ setelan
  • Tekan menu Manage Apps kemudian cari whatsapp
  • Pilih hapus atau bersihkan cache

Menu manage apps akan menjadikan whatsapp Anda bersih dari riwayat-riwayat yang berpotensi menyebabkan error whatsapp.

5. Perbarui Whatsapp

Jika whatsapp Anda masih versi lama dan tidak sesuai dengan versi android yang dimiliki bisa berakibat menghambat kinerja aplikasi whatsapp. Sehinga Anda butuh melakukan pembaruan dengan cara update aplikasinya secara langsung di play store.

6. Muat ulang HP

Muat ulang HP adalah cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan terakhir untuk pemecahan masalah WA yang tidak bisa kirim atau terima pesan. Hal ini karena pada umumnya semua konfigurasi dari aplikasi WA terbaru baru bisa berfungsi setelah HP di restart.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan. Masalah whatsapp yang tidak bisa mengirim atau menerima pesan, panggilan video, suara, telepon, WA dipending terus padahal koneksi bagus,bahkan whatsapp error bisa teratasi semuanya.