Beginilah Keutamaan Doa Setelah Sholat Istikharah Islam

Diposting pada

Doa setelah sholat istikharah Islam perlu dilakukan. Pasalnya inti dari sholat istikharah memang terdapat dalam doanya. Artikel ini akan membahas doa sholat istikharah dan keutamaannya.

Bagi yang sudah terbiasa menjalankan sholat istikharah ketika merasa bimbang, pasti mengetahui bagaimana doa setelah sholat istikharah Islam. Namun jika Anda baru kali ini akan menjalankan sholat istikharah dan belum mengetahui bagaimana doanya, maka semua informasi tersebut akan kami ulas tuntas di sini. Bahkan untuk doanya tidak perlu menggunakan bahasa arab. Meski menggunakan bahasa Indonesia, Allah tetap akan mengetahui apa doa hambanya.

Beginilah Keutamaan Doa Setelah Sholat Istikharah Islam

Doa Setelah Sholat Istikharah dan Keutamaannya

Dari setiap masalah yang terjadi, seringkali manusia merasa kesulitan dalam menyelesaikannya. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, doa setelah sholat istikharah Islam perlu dipanjatkan. Ada beberapa keutamaan doa sholat Istikharah, berikut keutamaannya:

1. Doa Setelah Melaksanakan Sholat Istikharah

Poin utama dari melakukan sholat istikharah yaitu terdapat pada doanya. Pasalnya setelah memanjatkan doa, hati dan pikiran menjadi tenang serta merasa yakin. Doa setelah sholat istikharah yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ

وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Alloohummainnii astakhiiruka bi’ilmika waastaqdiruka biqudrotik, wa as aluka min fadhlikaladhiim, fainnaka taqdiru walaa aqdiruwata’lamu walaa a’lamu waanta‘alaamul ghuyuub. Alloohumma inkuntata’lamu annahaadzal amrokhoirun liifii diinii wama’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu liiwayassirhu liitsumma baarikliifiih. Wa in kuntata’lamu annahaadzal amrosyarrun liifii diinii wama’aasyii wa‘aaqibati amriifashrifhu‘annii washrifnii‘anhu waqdur lilkhoiro haitsukaana tsummaardlinii.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon kepadaMu dengan ilmuMu, aku memohon (untuk menyelesaikan urusanku) dan aku memohon kepadaMu yang agung, sesungguhnya Engkau Maha kuasa sedangkan aku tak berkuasa, Engkau yang Maha tahu, sedangkan aku tidak tahu, Engkau Maha Mengetahui perkara yang bersifat gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui urusan ini baik untukku, baik untuk agamaku, kehidupanku, dan dampaknya bagiku, maka mudahkanlah urusan ini, kemudian berkahilah aku di dalam urusan ini.

Jika Engkau mengetahui urusan ini buruk untukku, untuk agamaku, untuk kehidupanku, dan dampaknya bagiku, jauhkanlah urusan ini dari diriku, dan takdirkan kebaikan untukku, kemudian jadikan aku ridha menerimanya.

2. Keutamaan Sholat Istikharah

Berikut ada beberapa keutamaan melakukan sholat istikharah :

A. Menyerahkan Hasil Hanya Kepada Allah

Salah satu cara untuk menyerahkan hasil kepada Allah itu dengan memanjatkan doa setelah sholat istikharah Islam. Pasalnya setelah memanjatkan doa, maka rasa yakin akan didapatkan.

B. Menenangkan Diri

Keutamaan lain dari memanjatkan doa setelah sholat istikharah Islam yaitu, untuk menenangkan diri. Banyak manusia yang merasa tersesat dan bingung dalam menentukan jalan. Sehingga apabila Anda telah melaksanakan sholat istikharah, rasa tenang akan langsung didapatkan dan pikiran juga menjadi lebih jernih.

C. Memberikan Rasa Mantap

Merasa ragu-ragu dalam sebuah hal menjadi sesuatu yang wajar. Jadi apabila Anda merasa ragu, maka satu-satunya jalan yang dapat ditempuh dengan cara memanjatkan doa setelah sholat istikharah Islam.

D. Menjauhi Segala Macam Bisikan Setan

Ketika Anda memanjatkan doa setelah sholat istikharah Islam yang benar, maka Anda pun akan terhindar dari berbagai bisikan setan. Dengan sholat istikharah pun akan menghindarkan Anda dari perbuatan yang menjurus kea rah maksiat.

Berdoa setelah sholat istikharah tidak perlu menggunakan bahasa Arab. Meskipun Anda berdoa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa dalam sehari-hari, Allah tetap mengetahui isi doa Anda. Apabila Anda telah memanjatkan doa setelah sholat istikharah Islam seperti yang kami jelaskan tadi, hasil terbaik akan segera didapatkan. Entah itu melalui mimpi, melalui isyarat dan sebagainya.