Cara Bayar BPJS Kesehatan Via ATM BCA dengan Mudah

Diposting pada

Bayar BPJS kesehatan via ATM BCA sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti persyaratan dan Cara di bawah ini.

Pengguna layanan perbankan BCA bisa memanfaatkan kemudahan bayar BPJS kesehatan via ATM BCA untuk lebih memudahkan saat membayar tagihan. Kemudahan pembayaran ini sebenarnya juga ditawarkan oleh bank lain yang juga menjadi rekanan dari BPJS.

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan) ini adalah lembaga resmi yang bertugas memberikan jaminan kesehatan yang merata dan adil kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sistemnya, peserta BPJS wajib memberikan iuran setiap bulannya dengan jumlah yang sudah ditentukan. Jumlah iuran yang dibayarkan pun beragam tergantung kelas. Kelas ini pun nantinya akan menentukan kelas perawatan jikalau peserta membutuhkan perawatan kesehatan.

Untuk membayar iuran per bulan ini, Anda sebagai peserta BPJS juga diberikan banyak kemudahan. Kemudahan itu adalah cara pembayaran dan lokasi pembayaran. Anda bisa membayar iuran ini bank, melalui merchant-merchant yang bekerja sama dengan BPJS, melalui kantor pos, m-Banking dan juga melalui ATM. Karena itu, Anda pengguna layanan perbankan dari BCA bisa bayar BPJS kesehatan via ATM BCA.

Metode bayar BPJS kesehatan via ATM BCA ini adalah salah satu cara membayar iuran BPJS yang mudah dilakukan. Namun sebelum membayar iuran BPJS melalui ATM BCA ini, ada beberapa syarat, biaya transaksi serta kode pembayaran yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Via ATM BCA dengan Mudah

Syarat Membayar Iuran BPJS Kesehatan Via ATM BCA

Sebelum bayar BPJS kesehatan via ATM BCA, ada persyaratan yang harus Anda penuhi. Persyaratan ini tidaklah banyak, namun tetap harus Anda penuhi karena jika tidak maka Anda tidak akan bisa membayar via ATM.

1. Memiliki Rekening BCA yang Masih Aktif

Syarat pertama yang harus Anda penuhi untuk bisa bayar BPJS kesehatan via ATM BCA adalah harus memiliki rekening BCA. Pastikan juga rekening BCA Anda masih berstatus aktif. Jika tidak aktif, Anda bisa mengaktifkan kembali dengan datang langsung ke kantor cabang Bank BCA terdekat.

2. Memiliki Kartu ATM BCA yang Masih Dalam Kondisi Bagus

Selain itu, pastikan Anda juga sudah memiliki Kartu ATM BCA yang masih dalam kondisi baik. Kartu BCA ini pasti akan didapatkan ketika Anda membuka rekening untuk pertama kali dengan jumlah saldo tertentu yang sudah ditentukan. Tanpa kartu ATM ini Anda tidak akan bisa melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan melalui ATM BCA.

Biaya Transaksi Membayar BPJS Via ATM BCA

Sama seperti transaksi perbankan lainnya, bayar BPJS kesehatan via ATM BCA juga dikenakan biaya transaksi. Namun, tak perlu khawatir karena biaya transaksi yang dibebankan tidaklah sebesar biaya transaksi lainnya.

Setiap kali membayar iuran BPJS kesehatan melalui ATM BCA, biaya transaksi yang akan dikenakan pada Anda adalah Rp 2.500. Biaya transaksi juga akan langsung dipotong dari saldo rekening tabungan Anda.

Kode Transaksi untuk Membayar Iuran BPJS melalui ATM BCA

Hal selanjutnya yang tak kalah penting yang harus Anda ketahui sebelum bayar BPJS kesehatan via ATM BCA adalah kode transaksi. Kode ini sangat penting dan harus Anda masukkan ketika melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS melalui ATM BCA.

Hal ini sama dengan ketika melakukan transfer dari Bank BCA melalui ATM. Anda akan diminta memasukkan kode bank terlebih dahulu. Begitupun ketika membayar tagihan BPJS. Kode bank ini nantinya harus Anda masukkan sebelum mengetikkan nomor kartu BPJS Anda. Kode bank ini berfungsi sebagai penunjuk transaksi yang Anda lakukan.

Kode yang harus Anda masukkan saat akan membayar iuran BPJS via ATM BCA adalah 89888. Masukkan lima digit angka ini sebelum Anda memasukkan atau mengetikkan nomor peserta BPJS Anda.

Cara Membayar Iuran BPJS Via ATM BCA

Setelah mengetahui hal-hal penting sebelum melakukan pembayaran iuran BPJS via ATM BCA, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara bayar BPJS kesehatan via ATM BCA. Mengetahui cara melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM BCA ini akan semakin memudahkan Ands ketika akan membayar iuran. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Untuk bisa membayar iuran BPJS melalui ATM BCA, Anda harus datang ke mesin ATM BCA terdekat. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masukkan Kartu ATM beserta PIN ATM

Langkah bayar BPJS kesehatan via ATM BCA yang pertama adalah masukkan kartu ATM beserta PIN ATM Anda. Sama seperti melakukan transaksi via ATM lainnya, langkah paling awal adalah memasukkan kartu ATM beserta PINnya untuk bisa mengakses menu utama sehingga bisa melakukan transaksi.

2. Pilih ‘Transaksi Lainnya’ > Pembayaran

Setelah memasukkan kartu ATM dan PIN, maka Anda akan langsung dialihkan ke tampilan menu utama. Pada menu utama ini akan ada beberapa pilihan menu, pilih pada opsi menu ‘Transaksi Lainnya’.

Setelah memilih menu Transaksi Lainnya, akan ada beberapa menu lain di dalamnya. Pada pilihan menu ini, pilih pada opsi ‘Pembayaran’ untuk melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan Anda. Lanjutkan dengan menekan pada pilihan ‘Layar Berikut’.

3. Pilih Menu BPJS Kesehatan

Selanjutnya, setelah memilih menu ‘Pembayaran’. Akan ada beberapa jenis pembayaran yang bisa Anda bayar melalui ATM. Pada pilihan pembayaran tersebut, silahkan pilih pada menu ‘BPJS’. Pada menu pembayaran ini, akan ada pilihan BPJS yang akan Anda bayarkan. Pilih pada opsi ‘kesehatan’ untuk membayar iuran BPJS kesehatan.

4. Masukkan Kode Bank Pembayaran BPJS dan Nomor Peserta BPJS

Jika sudah, langkah berikutnya Anda akan dialihkan pada tampilan menu untuk memasukkan kode bank dan nomor peserta BPJS kesehatan Anda. Inilah fungsi dari kode bank tang disebutkan sebelumnya.

Setelah sampai pada tahap ini, maka Anda sudah pada tahap paling penting dalam proses bayar BPJS kesehatan via ATM BCA. Berikutnya yang harus Anda lakukan adalah masukkan Kode bank yang sudah disebutkan sebelumnya diikuti dengan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.

Anda haris memasukkan 5 digit kode bank BCA untuk pembayaran iuran BPJS kesehatan terlebih dahulu, yaitu 89888. Setelah memasukkan 5 digit kode bank tersebut, maka kemudian diikuti dengan 11 digit nomor peserta BPJS kesehatan Anda.

Anda harus memasukkan 11 digit nomor peserta BPJS dengan benar agar pembayaran Anda bisa diproses.

5. Konfirmasi

Setelah memasukkan kode bank dan nomor peserta BPJS, selanjutnya Anda akan dialihkan ke tampilan konfirmasi. Pada tampilan akan ditampilkan data¬† Anda sebagai peserta BPJS. Pastikan kembali sudah benar dengan akun BPJS Anda. Terakhir, tekan ‘Benar’ dan pembayaran Anda pun akan diproses.

Tunggu hingga proses transaksi selesai, jika sudah maka akan keluar struk transaksi bersamaan dengan kartu ATM Anda.

Melakukan transaksi apapun saat ini semakin dimudahkan jika dilakukan melalui ATM. Termasuk juga  bayar BPJS kesehatan via ATM BCA. Bagi Anda yang ingin membayar iuran BPJS dengan mudah dan cepat, Anda harus memperhatikan penjelasan tentang persyaratan, biaya transfer, kode bank serta cara membayar iuran BPJS melalui ATM BCA di atas.