Cara Bayar BPJS Kesehatan Via Internet Banking dengan Benar

Diposting pada

Proses bayar BPJS Kesehatan Via Internet banking BCA semakin memudahkan masyarakat. Peserta BPJS tidak perlu repot lagi pergi keluar rumah untuk bayar iuran BPJS.

Bayar BPJS kesehatan via internet banking BCA kini menjadi pilihan peserta layanan kesehatan ini. Melalui layanan yang diberikan bank BCA ini Anda bahkan bisa melakukan transaksi dengan sangat mudah dalam satu genggaman.

Layanan internet banking dari BCA sendiri ini adalah sebuah layanan perbankan yang memanfaatkan jaringan internet dan fitur-fitur di dalamnya. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan transaksi setiap nasabahnya. Hal ini karena transaksi melalui internet banking hanya membutuhkan perangkat gadget seperti smartphone, yang menggunakan sistem operasi android, iOS ataupun Windows.

Kemudahan layanan internet banking juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pembayaran, mulai dari pembayaran tagihan listrik, tagihan internet, telepon, hingga membayar iuran bulanan BPJS. Iuran BPJS ini biasanya dibayarkan setiap bulan dengan jumlah berbeda-beda tergantung kelas yang Anda pilih saat mendaftar pertama kali.

Anda bisa membayarkan iuran BPJS dengan berbagai cara, mulai dari membayar dari kantor pos, melalui teller bank, merchant minimarket, melalui ATM dan yang paling mudah adalah melalui internet banking. Cara bayar BPJS kesehatan via internet banking ini adalah cara Pembayaran yang saat ini sedang menjadi favorit nasabah Bank BCA karena kemudahan dan kecepatan transaksinya.

Sama seperti prosedur transaksi perbankan lainnya, untuk melakukan transaksi bayar BPJS kesehatan via internet banking juga harus memenuhi persyaratan dan prosedur transaksi perbankan lainnya. Karena itu sebelum mulai melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS melalui internet banking, Anda harus mengetahui persyaratan dan berapa biaya transaksi yang harus Anda keluarkan dalam sekali pembayaran.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Via Internet Banking dengan Benar

Syarat Membayar BPJS Kesehatan Via Internet Banking

Sepertinya halnya transaksi perbankan lainnya, ada persyaratan dasar yang harus Anda penuhi sebelum mulai bayar BPJS kesehatan via internet banking. Hal ini karena layanan internet banking sendiri merupakan layanan yang diberikan oleh Bank BCA sebagai lembaga perbankan. Karena itu Anda harus memenuhi persyaratan transaksi yang diberikan oleh Bank BCA. Berikut adalah persyaratannya.

1. Terdaftar Sebagai Nasabah Bank BCA

Hal paling utama sebagai syarat bayar BPJS kesehatan via internet banking adalah Anda harus sudah terdaftar sebagai nasabah Bank BCA. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa internet banking ini adalah layanan yang diberikan oleh Bank BCA, maka Anda harus terdaftar sebagai nasabah. Apabila Anda sudah terdaftar sebagai nasabah Bank BCA, maka selanjutnya Anda juga bisa menikmati layanan ini.

2. Sudah Mendaftar Layanan Internet Banking

Persyaratan selanjutnya yang harus Anda penuhi untuk bisa bayar BPJS kesehatan via internet banking ini adalah Anda harus sudah mendaftarkan akun rekening Anda pada layanan internet banking. Cara mendaftar atau registrasinya juga cukup mudah karena bisa Anda lakukan melalui jaringan ATM BCA di seluruh Indonesia.

3. Menggunakan Perangkat Berbasis Android, iOS atau Windows Phone

Syarat selanjutnya yang tak kalah penting adalah Anda harus menggunakan perangkat berupa smartphone. Anda bisa menggunakan perangkat smartphone dengan sistem operasi apapun, baik itu android, iOS maupun Windows.

Selain itu, pastikan perangkat Anda juga memiliki jaringan internet yang memadai. Hal ini karena setiap transaksi yang Anda lakukan nantinya akan memanfaatkan jaringan internet. Jika tidak ada jaringan internet, maka Anda juga tidak akan bisa melakukan transaksi pembayaran.

Biaya Transaksi Pembayaran Iuran BPJS Via Internet Banking

Melakukan transaksi bayar BPJS via internet banking juga sama seperti melakukan transaksi perbankan lainnya. Anda akan dikenakan biaya transaksi setiap kali membayar iuran BPJS. Biaya transaksinya juga tidaklah sebesar transaksi BCA lainnya.

Setiap membayar iuran BPJS melalui internet banking, Anda akan dikenai biaya transaksi sebesar Rp 2.500. Biaya transaksi ini nantinya akan diambilkan langsung dari rekening tabungan Anda.

Kode Bank untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Via Internet Banking

Ketika mendaftar BPJS kesehatan, Anda akan diberikan nomor peserta BPJS beserta kode-kode bank yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran iuran bulanan. Setiap bank memiliki kode bank yang berbeda-beda. Untuk itu Anda harus tahu kode bank BCA yang akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi.

Kode bank untuk bayar BPJS kesehatan via internet banking adalah 89888. Kode ini harus Anda masukkan beserta nomor peserta BPJS saat melakukan pembayaran.

Cara Membayar BPJS Kesehatan Via Internet Banking

Setelah mengetahui prosedur dan persyaratan dasar untuk melakukan pembayaran iuran BPJS melalui internet banking, selanjutnya Anda harus mengetahui cara melakukan pembayarannya. Berikut ini adalah langkah bagaimana cara bayar BPJS kesehatan via Internet Banking BCA.

1. Buka Laman KlikBCA

Langkah pertama untuk melakukan pembayaran iuran BPJS melalui internet banking adalah buka laman KlikBCA terlebih dahulu. Ketika sudah masuk ke laman klikBCA ini Anda akan melihat beberapa menu di dalamnya. Pilih pada menu ‘Pembayaran’.

Setelah masuk ke menu pembayaran, nantinya akan ada beberapa jenis pembayaran yang bisa Anda lakukan melalui layanan internet banking ini. Pilih ‘BPJS’ untuk melakukan pembayaran BPJS. Berikutnya akan ada beberapa layanan BPJS. Pilih pada opsi ‘BPJS Kesehatan’.

2. Masukkan Kode Bank dan Nomor Peserta BPJS

Langkah bayar BPJS kesehatan via internet banking selanjutnya yang paling penting adalah memasukkan kode bank beserta nomor peserta BPJS kesehatan Anda. Pada kolom yang disediakan di laman ini, Anda harus memasukkan 5 digit kode bank yang sudah diberikan sebelumnya kemudian diikuti 11 digit nomor peserta BPJS Anda.

3. Pilih Sumber Dana

Setelah memasukkan 5 digit kode bank beserta 11 digit nomor peserta BPJS kesehatan, selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih sumber dana yang akan Anda gunakan untuk membayar. Pilih pada opsi ‘Rekening Sumber Dana’ jika sudah klik ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

4. Konfirmasi Data Pembayaran BPJS dan Masukkan Respon KeyBCA

Setelah itu, layar akan langsung menampilkan data pembayaran BPJS Anda. Cek ulang data pembayaran Anda. Jika sudah benar, selanjutnya tinggal masukkan respon keyBCA Appli1 pada perangkat keyBCA Anda. Perangkat ini adalah perangkat yang harus Anda miliki ketika Anda menggunakan layanan internet banking.

Jika sudah memasukkan respon Appli1, maka sebenarnya proses pembayaran sudah selesai. Tinggal tunggu sampai muncul pemberitahuan transaksi pembayaran sudah selesai. Ketika transaksi sudah selesai akan ditampilkan bukti transaksi pembayaran. Simpan bukti transaksi tersebut dengan cara mengunduh bukti pembayaran atau pilihan menyimpan bukti pembayaran. Bukti pembayaran akan diunduh ke perangkat Anda. Atau, Anda juga bisa menyimpannya dengan cara menggunakan tangkapan layar atau screenshot.

Melakukan transaksi Pembayaran via internet banking adalah cara pembayaran mudah dan cepat yang banyak dipilih nasabah, termasuk untuk membayar iuran BPJS. Transaksi dengan internet banking ini sedikit berbeda dengan transaksi lainnya. Karena itu Anda harus tahu bagaimana cara bayar BPJS kesehatan via internet banking ini untuk semakin memudahkan proses transaksi yang Anda lakukan.