Cara Bayar BPJS Kesehatan Via Mobile Banking BCA dengan Praktis

Diposting pada

Tidak sedikit yang bertanya apakah bisa bayar BPJS via mobile banking BCA? Berikut penjelasan lengkapnya.

Para pengguna layanan perbankan dan peserta BPJS banyak yang bertanya apakah bisa bayar BPJS kesehatan via Mobile Banking BCA. Hal ini karena memang layanan mobile banking adalah layanan perbankan yang saat ini banyak digunakan oleh nasabah perbankan. Lantas apakah membayar iuran BPJS bisa dilakukan melalui layanan mobile banking? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Via Mobile Banking BCA dengan Praktis

Informasi Cara Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan dari Situs Resmi BCA

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) memberikan berbagai kemudahan bagi semua peserta jaminan kesehatan ini untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan. Peserta layanan jaminan kesehatan bisa membayar iuran jaminan kesehatan ini dengan berbagai metode dan cata Pembayaran.

Peserta BPJS bisa membayar melalui kantor pos, melalui merchant minimarket yang sudah menjadi partner atau bekerja sama dengan BPJS. Minimarket merchant ini antara lain adalah Indomaret, Alfamart dan Alfamidi. Selain itu, peserta BPJS juga bisa melakukan pembayaran melalui bank produk layanan bank lainnya, seperti melalui jaringan ATM, melalui teller bank secara langsung dan melalui layanan internet banking.

Setiap lembaga perbankan yang bekerja sama dengan BPJS juga telah menyediakan berbagai metode pembayaran yang akan memudahkan nasabah melakukan pembayaran, termasuk pembayaran iuran BPJS ini. Hal ini juga dilakukan oleh Bank BCA yang menjadi partner atau bekerja sama dengan BPJS. Untuk kemudahan pembayarannya, Bank BCA juga menawarkan berbagai metode pembayaran untuk nasabahnya.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu bagaimana atau apa saja metode pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk membayar iuran BPJS setiap bulan. Anda bisa mencarinya di berbagai sumber yang ada di internet.

Berdasarkan berbagai sumber, termasuk salah satunya dari website resmi BCA, hanya ada dua metode pembayaran iuran BPJS kesehatan yang bisa Anda gunakan. Kedua metode pembayaran tersebut adalah melalui internet banking dan melalui jaringan ATM BCA.

Pada sumber tersebut juga dijelaskan bagaimana langkah dan cara pembayaran melalui kedua metode tersebut. Namun tidak disebutkan bagaimana cara bayar BPJS kesehatan via Mobile Banking BCA. Anda bisa memilih metode pembayaran melalui ATM BCA atau melalui internet banking. Apabila Anda memilih menggunakan kedua metode tersebut maka Anda akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 2.500 setiap transaksi.

Apakah Bisa Membayar Iuran BPJS Via Mobile Banking BCA?

Berdasarkan penjelasan di atas, tidak disebutkan metode pembayaran iuran BPJS melalui layanan mobile banking BCA. Lantas pertanyaannya adalah apakah bisa bayar BPJS kesehatan via mobile Banking BCA? Pertanyaan inilah yang sering diajukan oleh nasabah Bank BCA.

Hal ini karena layanan mobile banking merupakan inovasi layanan perbankan yang sangat memudahkan nasabahnya. Layanan ini banyak dipilih nasabah karena sangat memudahkan setiap transaksi perbankan. Nasabah hanya membutuhkan aplikasi mobile banking, dan Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi dengan mudah dalam genggaman hanya dengan satu sentuhan saja.

Karena kemudahannya inilah banyak nasabah yang bertanaya apakah bisa bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA. Hal tersebut tentu akan semakin memudahkan nasabah untuk melakukan pembayaran iuran BPJS tanpa harus ke ATM, ke kantor pos ataupun ke bank secara langsung.

Sayangnya, untuk saat ini Anda tidak bisa bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA. Hal tersebut seperti yang dijelaskan di dalam laman resmi Bank BCA bahwasannya kemudahan pembayaran iuran BPJS hanya bisa Anda lakukan melalui jaringan ATM BCA ataupun melalui layanan internet banking. Kedua metode ini juga sama-sama akan memudahkan transaksi Anda. Jika Anda melakukan pembayaran iuran BPJS dengan kedua metode ini, Anda akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 2.500 setiap melakukan pembayaran.

Alternatif Pembayaran BPJS Kesehatan dari Bank BCA

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda belum bisa bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA. Namun Anda tak perlu khawatir karena Bank BCA masih menawarkan kemudahan metode pembayaran lainnya. Seperti beberapa metode pembayaran yang disediakan oleh Bank BCA berikut ini. Anda bisa memanfaatkan salah satu layanan berikut untuk memudahkan pembayaran iuran BPJS Anda setiap bulan.

1. Membayar Iuran BPJS melalui ATM BCA

Meskipun Anda tidak bisa melakukan bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA, namun Anda masih bisa menikmati kemudahan pembayaran iuran ini, salah satunya adalah melalui jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Walaupun nasabah masih belum bisa bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA, Metode pembayaran ini juga tak kalah memudahkan. Hal ini karena jaringan ATM BCA yang sudah tersebar di seluruh wilayah di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS melalui jaringan ATM ini juga sangat mudah. Selain karena jaringan ATM yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, cara melakukan pembayarannya pun sangat mudah. Hal ini karena Anda bisa melakukan pembayaran seperti bagaimana Anda melakukan transaksi perbankan di ATM lainnya.

Ketika Anda melakukan transaksi pembayaran melalui ATM cara pembayarannya mudah. Anda tinggal datang ke jaringan ATM BCA terdekat, kemudian masukkan kartu ATM BCA Anda. Untuk mengakses dan melakukan transaksi, Anda harus memasukkan PIN. Pada menu utama pilih menu ‘Transaksi Lain’ selanjutnya pilih menu ‘Pembayaran’.

Jika sudah, pilih pembayaran ‘BPJS’ lalu pilih ‘BPJS Kesehatan’. Setelah itu Anda akan diminta memasukkan kode bank dan nomor peserta BPJS kesehatan Anda. Kode bank dan nomor peserta ini akan Anda dapatkan ketika Anda pertama kali mendaftar BPJS. Karena itu, pastikan Anda menyimpan dokumen pendaftaran yang diberikan.

2. Membayar Iuran BPJS melalui Internet Banking

Layanan Internet banking adalah layanan pembayaran selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan meskipun Anda belum bisa bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA. Dengan layanan Internet banking ini, Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi hanya dengan satu kali sentuhan.

Layanan internet banking ini juga ditawarkan oleh Bank BCA sebagai alternatif memudahkan setiap pembayaran dan transaksi Anda, termasuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Untuk bisa menikmati kemudahan layanan yang ditawarkan melalui internet banking ini, Anda harus mendaftarkan akun rekening BCA Anda terlebih dahulu.

Pendaftaran akun rekening untuk menikmati layanan internet banking pun tidak sulit. Anda bisa melakukan registrasi melalui ATM. Setelah melakukan registrasi melalui ATM, Anda harus ke Bank BCA untuk proses verifikasi sekaligus mendapatkan perangkat keyBCA. Perangkat ini adalah perangkat utama yang harus Anda miliki untuk melakukan transaksi internet banking.

Nah, setelah mendapatkan keyBCA ini, Anda bisa mulai melakukan berbagai transaksi perbankan melalui internet banking, termasuk melakukan pembayaran iuran BPJS.

Berdasarkan penjelasan dari berbagai sumber seperti yang sudah dirangkum dan dijelaskan pada penjelasan di atas, untuk saat ini Anda masih belum bisa bayar BPJS kesehatan via mobile banking BCA. Namun Anda tak perlu khawatir karena BCA masih menyediakan berbagai alternatif lainnya yang akan tetap memudahkan transaksi Anda termasuk melakukan pembayaran iuran BPJS.