Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor via ATM BCA dengan Mudah

Diposting pada

Bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA merupakan salah satu cara dari pembayaran pajak bermotor melalui salah satu bank. Cara ini lebih praktis karena tidak perlu antri.

Bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA merupakan hal yang cukup umum untuk dilakukan oleh semua orang yang memiliki kendaraan bermotor. Bukan rahasia umum lagi jika setiap tahunnya bagi orang yang memiliki kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan yang dimilikinya. Contoh kendaraan yang biasanya harus membayar wajib pajak setiap bulannya adalah sepeda motor dan mobil.

Untuk pembayaran pajak sendiri biasanya dilakukan melalui SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Sitem ini merupakan sistem manual. Di sistem ini, biasanya Anda akan pergi ke gedung yang dimana gedungnya bersatu dengan gedung milik kepolisian di masing-masing daerah.

Jika Anda ingin membayar pajak kendaraan bermotor melalui cara ini, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, biasanya Anda akan diharuskan untuk mengantri terlebih dahulu dan menunggu giliran. Kadang-kadang banyak orang yang malas untuk mengantri dan menunggu, apalagi biasanya antrinya sangat lama. Jadi, bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh orang lain karena sistem pembayarannya yang praktis dan cukup mudah.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor via ATM BCA dengan Mudah

ATM BCA Sebagai Solusi Nomor Satu

ATM BCA merupakan salah satu ATM yang memiliki banyak nasabah. Diantara semua nasabah tersebut, pasti sebagian besar memiliki kendaraan bermotornya masing-masing. Hal ini dikarenakan memiliki kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan yang banyak diperlukan untuk masyarakat. Dengan banyaknya nasabah BCA yang memiliki kendaraan, maka tidak heran jika BCA ingin membantu nasabahnya dengan mempersilahkan nasabahnya untuk membayar pajak melalui bank tersebut.

Namun, sebelum bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA, tentu Anda harus memperhatikan terlebih dahulu cara dan biaya yang harus Anda keluarkan ketika akan membayar pajak kendaraan bermotor menggunakan ATM BCA.

Semua hal tersebut perlu Anda perhitungkan dan membutuhkan perhatian lebih. Jangan sampai Anda asal membayar pajak kendaraan bermotor sehingga nantinya akan merugikan Anda. Jadi, sebelum membayar pajak kendaraan bermotor melalui ATM BCA, baca dan pahami keterangan baik-baik terlebih dahulu supaya proses pembayara dapat dilakukan secara lancar dan cepat.

Daerah yang Bisa Membayar Pajak Kendaraan Online via BCA

Bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA merupakan salah satu hal yang memiliki dampak positif bagi orang yang menggunakannya. Cara ini terbilang lebih praktis, cepat, mudah, dan efisien karena tidak mengharuskan Anda untuk mengantri di dalam gedung supaya bisa membayar wajib pajak tersebut. Hal ini tentu akan membuat Anda bisa menghemat waktu dan waktu lebih tersebut bisa Anda gunakan untuk hal yang lain.

BCA sengaja memberikan layanan untuk bisa membayar pajak kendaraan via ATM BCA supaya memudahkan dan membantu nasabahnya dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Namun, layanan yang disediakan oleh Bank BCA ini belum bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Layanan bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA hanya bisa dilakukan di beberapa tempat tertentu saja.

Sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor via ATM BCA atau secara online untuk saat ini hanya bisa diakses di daerah Jawa Barat dan Kalimantan Timur. Hal ini dikarenakan Bank BCA sendiri telah menjalin kerjasama dengan SAMSAT dari Jawa Barat dan Kalimantan Timur sehingga dari pihak SAMSAT sendiri sudah mengetahui jika daerah Jawa Barat dan Kalimantan Timur bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui Bank BCA.

Walaupun di daerah luar Jawa Barat dan Kalimantan Timur belum memiliki akses untuk bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA, namun bisa saja kedepannya Bank BCA akan bekerjasama dengan SAMSAT di masing-masing daerah yang ada di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan tersebut.

Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Bayar Pajak via ATM BCA

Ketika Anda memutuskan untuk bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA, tentu nantinya Anda akan diminta biaya administrasi yang perlu dikeluarkan. Hal ini merupakan hal yang cukup biasa karena Anda membayar pajak melalui Bank BCA.

Namun, membayar biaya administrasi untuk Bank BCA juga cukup mudah, Anda hanya perlu membayar Rp.5.000 untuk bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui ATM BCA. Banyak orang yang lebih memilih untuk membayar biaya administrasi dibandingkan dengan datang ke gedung SAMSAT untuk melakukan antri. Bahkan biasanya Anda akan dimintai calo dan lain sebagainya.

Dengan begitu, bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA merupakan solusi terbaik yang bisa Anda coba, terutama bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah Jawa Barat dan Kalimantan Timur.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor via ATM BCA

Untuk bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA biasanya memerlukan langkah-langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Langkah-langkah tersebut harus dilakukan oleh nasabah Bank BCA. Jika Anda tidak bisa mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar, maka dipastikan Anda nantinya akan kesusahan membayar pajak kendaraan bermotor.

Untuk bisa membayar pajak secara benar dan tepat. Berikut ini cara bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA yang dapat Anda lakukan.

1. Mendapatkan Kode Oleh SAMSAT Melalui SMS

Cara membayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA untuk bagian pertama adalah Anda harus memiliki kode yang dikirim oleh SAMSAT daerah via SMS. Selain mendapatkan kode, Anda juga akan diberi informasi spesifikasi dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Di daerah Jawa Barat dan Kalimantan Timur sendiri jika ingin mendapatkan kode dari SAMSAT memiliki cara yang sedikit berbeda. Untuk di daerah Jawa Barat, Anda hanya perlu ketik esamsat <spasi> no rangka <spasi> NIK KTP dan dikirimkan ke 08112119211. Sementara untuk wilayah Kalimantan Timur, cukup ketik esamsat <spasi> no polisi dan kirimkan ke 08115857070.

2. Melakukan Pembayaran Melalui ATM BCA

Setelah mendapatkan kode dan total untuk bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ambil selanjutnya, yaitu dengan membayar tagihan yang telah ditentukan melalui mesin ATM BCA.

Pembayaran pajak kendaraan tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut ini step-step yang harus diikuti dengan urut dan benar supaya proses pembayaran dapat dilakukan dengan baik dan sukses.

  • Masukkan kartu kredit ATM ke dalam mesin ATM. Jangan lupa untuk memasukkan PIN ATM agar Anda bisa masuk ke menu layanan.
  • Klik menu “Transaksi Lainnya”.
  • Setelah itu, pilih “Pembayaran”. Ketika sudah masuk ke menu ini, Anda tinggal klik “MPN/Pajak”.
  • Pilih bagian “Pajak Kendaraan” dan pilih “Pembayaran Pajak”
  • Masukkan kode wilayah (Untuk wilayah Jawa Barat kodenya 032, sementara Kalimantan Timur 064).
  • Masukkan “kode” yang telah Anda terima tadi di SMS .
  • Konfirmasikan data. Jika benar, klik “Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran.

Setelah Anda melakukan semua step itu, maka akan keluar struk atau bukti pembayaran jika Anda telah bayar pajak kendaraan bermotor via ATM BCA. Struk ini jangan sampai hilang dan simpan di tempat yang aman.