Cara Bayar Tagihan Gas PGN via ATM BCA Lengkap

Diposting pada

Saat ini bayar tagihan gas PGN via ATM BCA bisa dilakukan secara mudah. Dengan cara tersebut Anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu antri lagi.

Bayar tagihan gas PGN via ATM BCA lengkap dengan syarat dan biaya mungkin banyak dicari oleh mereka yang menginginkan kemudahan. Pasalnya dengan membayar lewat ATM BCA Anda tidak perlu repot untuk antri atau pergi ke kantor PGN secara langsung.

PGN atau Perusahaan Gas Negara merupakan Badan Usaha Milik Negara yang melayani dan menyediakan gas bumi bagi masyarakat baik untuk komersil maupun untuk rumah tangga. Masyarakat yang berlangganan gas PGN diwajibkan untuk membayar tagihan setiap bulannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran gas PGN, termasuk melalui mesin ATM BCA terdekat. Perusahaan Gas Negara dan BCA melakukan kerjasama dalam pembayaran tagihan untuk memudahkan nasabah dan pelanggannya. Di bawah ini adalah syarat, biaya, serta cara mudah membayar tagihan gas PGN melalui ATM BCA.

Cara Bayar Tagihan Gas PGN via ATM BCA Lengkap

Syarat Mudah yang Harus Anda Penuhi

Meskipun dapat dilakukan dengan mudah, namun sebelum melakukan transaksi bayar tagihan gas PGN via ATM BCA Anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Persyaratan yang diberikan merupakan persyaratan mudah dan tidak merepotkan. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi sebelum melakukan pembayaran tagihan via mesin ATM BCA :

1. Memiliki Rekening BCA yang Masih Aktif

Karena Anda melakukan transaksi menggunakan ATM BCA, maka Anda harus memiliki rekening BCA yang masih aktif. Semua jenis rekening BCA yang Anda miliki bisa digunakan untuk membayar tagihan gas PGN. Pastikan juga bahwa saldo yang Anda miliki cukup untuk membayar tagihan gas PGN beserta biaya administrasi yang dibebankan.

2. Memiliki Kartu ATM BCA yang Masih Aktif

Selain memiliki rekening BCA, untuk bayar tagihan gas PGN via ATM BCA Anda harus memiliki kartu ATM BCA yang masih aktif. Kartu ATM biasanya memiliki masa aktif selama 5 tahun, jika sudah 5 tahun Anda harus memperbaharui masa aktif ke kantor cabang BCA tertentu. Pastikan juga kartu ATM BCA Anda masih dalam keadaan baik dan tidak rusak agar tidak tertelan mesin ATM.

3. Merupakan Pelanggan Gas PGN yang Terdaftar

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi adalah Anda harus terdaftar sebagai pelanggan gas PGN. Ketika sudah terdaftar sebagai pelanggan, Anda akan diberikan total tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya secara otomatis.

4. Membayar Tagihan Gas PGN Tepat Waktu

Jika akan melakukan transaksi pembayaran tagihan gas PGN, pastikan Anda melakukan pembayaran tepat waktu atau sebelum batas akhir pembayaran. Akan ada proses lain yang lebih merepotkan jika Anda telat melakukan pembayaran.

Besar Biaya yang Dibebankan

Sama seperti pembayaran tagihan lain misalnya tagihan telepon, tagihan air, atau tagihan listrik yang dikenakan biaya administrasi ketika membayar lewat mesin ATM, bayar tagihan gas PGN via ATM BCA juga dikenakan biaya administrasi. Besar biaya yang dibebankan untuk membayar semua tagihan sama yaitu Rp 2.500. Biaya tersebut nantinya akan dipotong dari saldo rekening Anda, jadi jangan heran jika saldo terpotong ketika transaksi pembayaran tagihan gas PGN.

Meskipun bayar tagihan gas PGN via ATM BCA dikenakan biaya administrasi, namun Anda masih bisa merasakan banyak keuntungan. Biaya Rp. 2.500 jauh lebih murah dibandingkan keuntungan tersebut. Berikut ini keuntungan dengan membayar tagihan via ATM BCA :

1. Lebih Hemat Waktu

Jika Anda termasuk orang yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari, membayar tagihan gas PGN lewat ATM BCA menjadi solusi yang cukup baik. Cara tersebut dinilai lebih hemat waktu karena Anda tidak perlu antri ke kantor PGN atau tempat pembayaran lainnya. ATM BCA tersebar di berbagai wilayah dan dapat ditemukan dengan mudah.

2. Lebih Hemat Biaya

Bayar tagihan gas PGN via ATM BCA dikenakan biaya sebesar Rp 2.500. Namun biaya tersebut jauh lebih hemat dibandingkan harus ke kantor PGN atau tempat pembayaran lainnya. ATM mudah ditemukan sehingga bisa menghemat biaya transportasi menuju lokasi.

3. Lebih Hemat Energi

Karena mesin ATM tersedia dimana-mana dan mudah ditemukan, Anda akan lebih hemat energi ketika membayar tagihan gas PGN. Selain itu dengan menggunakan ATM BCA Anda tidak perlu lama antri dan menunggu karena transaksi bisa langsung dilakukan.

Cara Mudah Membayar Tagihan Gas PGN Lewat ATM BCA

Jika sudah paham persyaratan yang harus dipenuhi serta besar biaya administrasi yang dibebankan, Anda tinggal memahami cara bayar tagihan gas PGN via ATM BCA. Caranya sangat mudah, apalagi untuk Anda yang sudah sering transaksi menggunakan mesin ATM.

Pertama pergilah ke ATM terdekat dan masukkan kartu ATM BCA serta inputkan PIN ATM BCA Anda. Jika sudah berhasil masuk ke menu layanan, selanjutnya ikuti langkah-langkah bayar tagihan gas PGN via ATM BCA berikut ini :

1. Pilihlah Menu Transaksi Lainnya

Jika sudah berhasil masuk ke layar utama, selanjutnya akan ditampilkan beberapa pilihan menu transaksi yang bisa Anda pilih. Tekan atau pilih menu Transaksi Lainnya.

2. Pilih Sub Menu Pembayaran

Setelah itu akan ditampilkan beberapa sub menu lagi. Untuk melakukan transaksi bayar tagihan gas PGN via ATM BCA maka pilih sub menu Pembayaran. Sub menu tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan lain misalnya seperti tagihan air atau tagihan telepon.

3. Pilih Gas

Karena Anda akan melakukan pembayaran tagihan gas maka Tekan Pilihan Gas pada layar mesin ATM. Mesin ATM akan melanjutkan proses transaksi Anda pada menu selanjutnya.

4. Pilih PGN (Gas Negara)

Selanjutnya akan ditampilkan beberapa layanan gas termasuk dengan PGN. Tekan pilihan PGN (Gas Negara) tersebut untuk melanjutkan proses pembayaran.

5. Input ID Pelanggan

Kemudian inputkan nomor ID Pelanggan yang Anda miliki. Pastikan nomor yang Anda masukkan benar agar transaksi bayar tagihan gas PGN via ATM BCA yang dilakukan tidak gagal. Nomor ID Pelanggan didapatkan saat Anda pertama kali mendaftar sebagai pelanggan gas PGN.

6. Konfirmasi Data Pembayaran

Jika nomor ID Pelanggan yang dimasukkan sudah benar maka akan ditampilkan detail data pembayaran. Cek dan konfirmasi data pembayaran yang ditampilkan, jika sudah benar maka tekan pilihan Benar. Mesin ATM akan melakukan proses transaksi yang Anda minta dan tunggu proses hingga selesai.

7. Selesai

Jika transaksi selesai maka akan keluar struk dari mesin ATM BCA tersebut. Struk pembayaran tagihan gas PGN berisi tanggal, nama pelanggan, total tagihan, serta tempat pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran tagihan gas PGN yang mungkin akan dibutuhkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mudah melakukan transaksi bayar tagihan gas PGN via ATM BCA beserta dengan biaya maupun syarat yang harus dipenuhi. Anda harus memastikan syarat yang diberikan telah terpenuhi semua agar proses transaksi tidak gagal. Layanan ini berniat memberikan kemudahan kepada Anda agar bisa membayar tagihan tepat waktu. Semoga informasi tersebut dapat dipahami dan membantu Anda melakukan pembayaran tagihan gas PGN dengan lebih mudah.