Cara Bayar Tagihan Indihome via ATM BCA Lengkap

Diposting pada

Bayar tagihan Indihome via ATM BCA bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak ingin antri. Pembayaran bisa dilakukan dengan mudah melalui mesin ATM terdekat.

Bayar tagihan Indihome via ATM BCA menjadi solusi terbaik untuk Anda yang tidak ingin antri di kantor Telkom. Indihome merupakan jaringan WIFI dari perusahaan Telkom yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena kebutuhan internet yang semakin tinggi.

Tidak hanya untuk perumahan, Indihome juga seringkali digunakan untuk perkantoran. Ada banyak cara untuk membayar tagihan Indihome salah satunya yaitu melalui ATM BCA. Berikut ini cara melakukan pembayaran via ATM beserta dengan syarat dan juga biaya.

Cara Bayar Tagihan Indihome via ATM BCA Lengkap

Syarat yang Harus Dipenuhi

Bayar tagihan Indihome via ATM BCA tidak bisa dilakukan begitu saja oleh semua orang. Sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar proses pembayaran berhasil. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum membayar Indihome melalui mesin ATM BCA :

1. Memiliki Rekening BCA

Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah memiliki rekening BCA jenis apapun. BCA sendiri mengeluarkan banyak jenis rekening yang bisa dipilih oleh calon nasabah. Semua jenis rekening BCA yang Anda miliki bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan Indihome melalui mesin ATM BCA.

2. Memiliki Kartu ATM BCA

Setelah memiliki rekening BCA, Anda wajib memiliki kartu ATM BCA yang akan digunakan pada mesin ATM BCA. Jika Anda tidak memiliki kartu ATM BCA maka tidak bisa melakukan pembayaran tagihan apapun melalui mesin ATM. Selain bisa digunakan untuk bayar tagihan Indihome via ATM BCA, kartu ATM BCA juga bisa digunakan untuk penarikan uang tunai, transfer, atau transaksi lainnya yang bisa dilakukan melalui mesin ATM.

3. Merupakan Pelanggan Telkom Indihome Fiber

Telkom Indihome Fiber merupakan layanan yang diberikan oleh Telkom kepada pelanggannya. Untuk melakukan pembayaran, Anda harus terdaftar terlebih dahulu sebagai pelanggan Telkom Indihome Fiber.

4. Melakukan Pembayaran Sebelum Batas Waktu

Yang terpenting ketika akan melakukan pembayaran tagihan Indihome dari ATM BCA adalah memastikan waktu pembayaran yang dilakukan. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu agar Anda tidak terkena denda.

Layanan Indihome pada dasarnya adalah layanan pasca bayar dimana Anda bisa menggunakan layanan terlebih dahulu sebelum membayarnya. Jika Anda telat melakukan pembayaran maka akan terkena denda dan isolir.

Besar Biaya yang Dibebankan

Bayar tagihan Indihome via ATM BCA dikenakan biaya pada setiap transaksinya. Anda harus mengetahui berapa besar biaya yang dibebankan ketika melakukan transaksi pembayaran agar tidak kaget ketika saldo terpotong. Besar biaya yang dibebankan oleh Bank BCA ketika Anda melakukan transaksi pembayaran tagihan Indihome via ATM BCA yaitu sebesar Rp. 2.500.

Biaya tersebut terhitung sangat kecil dibandingkan Anda harus antri di kantor Telkom atau dibanding biaya transportasi ke kantor Telkom. Setelah mengetahui besar biaya tersebut, Anda harus memastikan bahwa saldo rekening BCA cukup ketika akan melakukan pembayaran agar proses transaksi berhasil.

Cara Membayar Tagihan Indihome dari ATM BCA

Jika sudah memenuhi syarat serta mengetahui besar biaya yang dibebankan, selanjutnya Anda tinggal memahami cara bayar tagihan Indihome via ATM BCA. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun yang terbiasa bertransaksi dengan mesin ATM. Langsung saja, untuk Anda yang ingin bayar tagihan Indihome via ATM BCA ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Masukkan Kartu ATM BCA yang Telah Anda Siapkan ke Mesin ATM

Setelah menemukan mesin ATM terdekat yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran. Selanjutnya masukkan kartu ATM BCA yang Anda miliki ke dalam mesin ATM BCA tersebut. Tunggu mesin selesai melakukan proses pembacaan terhadap kartu ATM milik Anda.

2. Input PIN ATM BCA

Masukkan 6 digit PIN ATM BCA Anda secara hati-hati untuk menghindari penyalahgunaan yang mungkin terjadi. Pastikan bahwa PIN ATM BCA yang Anda masukkan benar.

3. Klik Menu Transaksi Lainnya

Setelah berhasil masuk, selanjutnya akan ditampilkan beberapa pilihan menu transaksi seperti penarikan dan transfer. Pilihlah menu Transaksi Lainnya untuk melakukan transaksi bayar tagihan Indihome via ATM BCA.

4. Klik Menu Pembayaran

Kemudian akan ditampilkan kembali beberapa sub menu yang bisa dipilih. Untuk melakukan pembayaran tagihan Anda harus memilih sub menu Pembayaran. Sub menu tersebut juga bisa digunakan untuk membayar tagihan lainnya menggunakan ATM BCA.

5. Pilih Menu Telepon/HP

Anda harus memilih menu Telepon/HP bukan menu Internet ketika bayar tagihan Indihome via ATM BCA karena layanan Indihome merupakan layanan yang sepaket antara telepon dan internet. Jika Anda memilih menu internet maka proses transaksi yang dilakukan akan gagal.

6. Pilih Telkom

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Indihome merupakan layanan yang disediakan oleh Telkom sehingga pembayaran ditujukan kepada perusahaan tersebut. Karena Telkom sudah bekerjasama dengan bank BCA untuk urusan pembayaran tagihan sehingga terdapat menu pilihan Telkom pada layar. Pilih menu Telkom yang tersedia untuk melanjutkan proses pembayaran tagihan Indihome Anda.

7. Input Nomor Telepon dan Kode Area

Bayar tagihan Indihome via ATM BCA selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nomor telepon beserta dengan kode area. Masukkan kode area dan nomor telepon sesuai dengan layanan Indihome yang Anda gunakan. Anda tidak perlu menginputkan total nominal uang yang ingin dibayarkan karena sistem akan menampilkan total nominal tersebut secara otomatis. Kemudian saldo akan terpotong sesuai nominal tersebut dan biaya sebesar Rp. 2.500.

8. Input 12 Digit ID Internet

Setelah memasukkan nomor telepon dan kode area, selanjutnya Anda akan diminta kembali memasukkan 12 digit ID internet. ID internet yang dimaksud adalah nomor pelanggan Indihome yang Anda miliki. ID Internet ini diberikan saat pertama kali pemasangan Indihome pada rumah ataupun kantor Anda.

9. Ditampilkan Total Tagihan

Setelah semua selesai dimasukkan dengan benar, maka selanjutnya akan ditampilkan total tagihan Indihome Anda pada layar mesin ATM. Total tagihan akan bertambah dengan denda jika Anda telat membayar tagihan Indihome. Namun jika Anda bayar tagihan Indihome via ATM BCA tepat waktu maka total tagihan yang dibebankan akan sesuai dengan paket yang dipilih. Dimana semakin cepat paket maka akan semakin mahal tagihannya.

10. Klik Benar

Lakukan pengecekan data termasuk dengan total tagihan yang dibebankan. Jika semua data sudah benar maka lanjutkan proses pembayaran dengan memilih pilihan Benar. Selanjutnya transaksi pembayaran tagihan Indihome akan mulai dilakukan.

11. Selesai

Jika proses transaksi berhasil maka akan muncul notifikasi pada layar mesin ATM. Cetak struk sebagai bukti pembayaran tagihan Indihome telah dilakukan via ATM BCA. Sehingga jika terjadi isolir karena telat melakukan pembayaran Anda bisa melakukan protes dengan bukti struk tersebut.

Itulah informasi dan penjelasan mengenai cara mudah bayar tagihan Indihome via ATM BCA beserta dengan syarat dan biaya admin yang dibebankan. Selain melalui ATM, pembayaran tagihan Indihome juga bisa dilakukan melalui Mobile Banking BCA dan Internet Banking BCA. Semoga informasi dan penjelasan yang diberikan di atas memberikan kemudahan untuk Anda yang akan melakukan pembayaran tagihan Indihome.