Cara Bayar Tagihan TV Berlangganan via ATM BCA dengan Mudah

Diposting pada

Kini segala transaksi bisa dilakukan lewat ATM seperti bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA. Bayar TV semakin cepat dan mudah.

Bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA, apa bisa? Ya sekarang hampir semua jenis transaksi teah didukung oleh pihak bank dan Anda bisa merasakan kemudahan tersebut dengan mengunjungi ATM terdekat. Lain halnya dulu saat membayar TV berlangganan yang hanya dapat Anda lakukan melalui tempat resmi saja, kini Anda tidak perlu dibuat repot lagi membayar tagihan tersebut.

Ketersediaan layanan ini pun tak lain karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan TV kabel. Hal ini dikarenakan TV berlangganan memiliki channel yang lebih komplit serta memiliki kualitas gambar yang lebih baik dari TV antena. Jika Anda salah satu pengguna TV berlangganan maka simak informasi berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara membayar tagihan TV lewat ATM BCA.

Cara Bayar Tagihan TV Berlangganan via ATM BCA dengan Mudah

Syarat Bayar Tagihan TV Berlangganan via ATM BCA

1. Nasabah BCA

Untuk bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA tentunya Anda juga harus terdaftar sebagai nasabah BCA. Adapun syarat pendaftaran rekening seperti berusia 17 tahun atau lebih, memiliki KTP, serta bersedia membayar saldo awal kurang lebih 500.000 Rupiah. Pendaftaran ini dapat Anda lakukan langsung melalui bank atau melakukan registrasi online melalui website resmi BCA.

2. Memiliki Kartu ATM

Apabila Anda sudah terdaftar sebagai nasabah bank BCA supaya dapat menikmat kemudahan berbagai transaksi digital maka Anda harus mempunyai Kartu Debit BCA. Pihak bank biasanya membagi layanan ini menjadi beberapa jenis tergantung dari limit yang dimilikinya. Namun semua fiturnya tetap sama. Jadi jenis kartu ATM apapun yang Anda gunakan tidak masalah asalkan dapat digunakan dengan baik.

3. Merupakan Pengguna TV Kabel yang Didukung Oleh Pembayaran ATM

Bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA memang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, tidak semua tagihan dari perusahaan TV berlangganan dapat Anda bayar di sini. ATM BCA sampai saat ini hanya menyediakan pembayaran untuk pengguna TOP TV, Indovision, TransVision, First Media, Okevision, serta NextDrive dan NextMedia. Jika Anda merasa TV kabel Anda sesuai dengan pembayaran yang di dukung maka Anda bisa membayarkan tagihan tersebut lewat ATM BCA.

4. Memiliki Sisa Saldo Yang Cukup

Sebagai pengguna ATM yang bijak maka jangan membiarkan saldo tabungan Anda hingga mencapai jumlah yang terlalu menipis. Walaupun untuk keperluan tagihan TV kabel jumlahnya tidak terlalu besar namun dengan sisa saldo dibawah 10.000 ada kemungkinan transaksi gagal dilakukan. Hal ini dikarenakan setiap bank memiliki kebijakan untuk membatasi limit transaksi supaya saldo dalam tabungan tidak kosong.

5. Melakukan Pembayaran Sebelum Jatuh Tempo

Bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA haruslah dilkukan tepat waktu atau paling tidak jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo. Tujuannya seupaya Anda tidak sampai terlambat membayar tagihan dari batas waktu yang telah ditentukan. Akibat jika Anda sampai mengalami keterlambatan maka mau tidak mau Anda akan dikenakan biaya tambahan berupa denda pada jadwal tagihan yang belum dibayar. Bahkan jika biaya berlangganan ini tak kunjung dibayar maka akan berujung pada pemberhentian layanan secara sepihak oleh perusahaan TV kabel yang Anda gunakan.

Biaya Bayar Tagihan TV Berlangganan via ATM BCA

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membayar tagihan TV kabel melalui ATM BCA. Karena biaya administrasi untuk setiap pembayaran TV berlangganan hanya dikenakan Rp 1500 saja per satu kali transaksi.

Cara Bayar Tagihan TV Berlangganan via ATM BCA

Setalah membahas beberapa persyaratan yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi TV berlangganan lewat ATM, maka  kali ini akan lebih berfokus pada cara melakukan pembayaran. Inilah cara bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

1. Datanglah Ke ATM Terderkat

Untuk melakukan transaksi bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA maka Anda perlu datang ke mesin ATM BCA terlebih dulu. Semua ATM BCA sudah menyediakan layanan ini, jadi Anda tidak perlu khawatir dan bisa memilih yang terdekat dengan rumah Anda. Setelah sampai ke ATM tinggal masukkan kartu debit Anda kemudian input pin dengan sebenar-benarnya.

2. Pilih Transaksi Lainnya

Setelah Anda memasukkan nomor pin dengan benar umumnya ATM akan menyuguhkan menu untuk penarikan tunai. Jadi untuk mengakses menu pembayaran Anda perlu menekan menu lainnya pada layar yang berada di pojok kanan bawah.

3. Pembayaran

Apabila Anda sudah masuk ke dalam menu transaksi lainnya maka langsung saja pilih menu yang bertuliskan pembayaran dengan menekan layar mesin ATM atau tombol yang berada di samping. Namun sebelum Anda bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA sebaiknya Anda melihat informasi saldo terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui berapa jumlah uang yang terdapat pada rekening Anda saat ini serta menilai cukup tidaknya untuk pembayaran nanti.

4. Pilih Menu Pembayaran Untuk TV Berlangganan

Jika Anda sudah masuk ke dalam menu pembayaran Anda bisa melihat berbagai macam transaksi maupun tagihan yang dapat Anda lakukan dengan mudah melalui ATM. Karena banyaknya menu dan keterbatasan layar dalam menampilkannya biasanya menu untuk bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA ditaruh di halaman ke-dua.

Untuk menggeser layar Anda cukup memilih opsi layar berikut yang berada di pojok kanan bawah. Saat Anda berada di halaman ke-dua maka menu pembayaran untuk TV berlangganan sudah disediakan pada layar kaca dan pilihlah menu tersebut untuk membayar tagihan televisi Anda.

5. Pilih Perusahaan TV Yang Anda Gunakan

Sekarang Anda sudah berada pada menu bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA. Untuk menyelesaikan pembayaran dengan lancar pilihlah terlebih dulu nama perusahaan TV kabel yang Anda gunakan.

6. Masukkan ID Pelanggan Anda

Selanjutnya guna mengenali identitas pembayar masukkanlah ID pelanggan Anda dengan benar. Setelah itu akan muncul rincian biaya yang harus Anda bayar berdasarkan paket yang dipilih. Cek juga data Anda melalui konfirmasi yang dikirimkan ke layar ATM, apabila seluruh informasi telah benar maka silahkan lanjutkan pembayaran dengan Ya.

7. Masukkan Pin Ulang

Sebagai bentuk konfirmasi terakhir serta demi menjaga keamanan dana yang keluar dari rekening, maka Anda akan diminta untuk memasukkan kode pin sekali lagi. Masukkan kode pin Anda dengan benar dan trasaksi bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA sudah berhasil dilakukan.

8. Cetak Receipt

Jangan lupa juga untuk selalu mencetak receipt atau bukti pembayaran setelah menyelesaikan transaksi. Biasanya setelah pembayaran sukses maka menu ini akan langsung muncul untuk menawari pencetakan bukti. Karena pembayaran tagihan TV lumayan penting maka sebaiknya cetak bukti tersebut dengan menekan YA, dan simpan receipt baik-baik sebagai bukti telah menyelesaikan tagihan.

Seperti itulah bagaimana cara bayar tagihan TV berlangganan via ATM BCA hingga prosesnya selesai. Pembayaran dengan metode ATM ini tentunya lebih praktis ketimbang Anda harus membayarnya melalui minimarket dan mengambil antrean panjang. Selain itu biaya administrasi pun sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu kehilangan banyak saldo.