Cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA yang Praktis

Diposting pada

Ada beberapa cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA yang bisa Anda coba, yang lebih cepat dan praktis.

Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA kini bisa menjadi alternatif seiring dengan semakin banyaknya pengguna listrik pascabayar di Indonesia. Seperti diketahui, saat ini masyarakat dihimbau untuk beralih menggunakan listrik prabayar atau listrik pintar, dengan tujuan supaya penggunaan energi listrik bisa lebih hemat, dan masyarakat dapat mengontrol secara langsung.

Untuk menggunakan listrik prabayar ini, masyarakat diwajibkan membeli pulsa token listrik sebelum menggunakannya. Pembelian token ini bisa dilakukan di counter pulsa, minimarket, bahkan saat ini perusahaan perbankan seperti BCA juga melayani pembelian token via e-banking yang bisa dilakukan melalui mesin ATM, SMS banking, dan fasilitas internet banking (Klik BCA).

Dan kini banyak nasabah BCA yan melakukan pembelian token listrik menggunakan fasilitas internet banking, karena dianggap lebih praktis dan bisa dilakukan dimanpun dan kapanpun. Anda tak perlu lagi pergi ke mesin ATM untuk melakukan transaksi.

Selain itu pengisian juga bisa dilakukan cukup dengan laptop atau smartphone yang terhubung internet. Berikut persyaratan serta cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA, melalui situs Klik BCA.

Cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA yang Praktis

Syarat dan Ketentuan Pembelian Pulsa Token Listrik dengan Internet Banking BCA

Sebelum mengetahui bagaimana cara pengisian pulsa token listrik, Anda juga harus tahu persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Agar proses Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA, bisa berjalan lancar.

  • Pastikan Anda sudah terdaftar di Internet Banking BCA
  • Gunakan laptop, tablet, atau smartphone yang Anda miliki bisa mengakses browser
  • Ketiga pastikan koneksi internet Anda cepat dan stabil, agar proses pembelian bisa lancar
  • Syarat terakhir, pastikan Anda sudah bisa menggunakan perangkat KeyBCA

Biaya Beli Pulsa Token Listrik Melalui Internet Banking BCA

Meskipun Anda seorang nasabah yang rajin menabung, namun saat melakukan pembelian pulsa token listrik tetap dikenakan biaya alias tidak gratis. Ada tarif tambahan saat Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA yang harus dibayarkan, yang biasanya diambil dari sisa saldo rekening Anda.

Wajib diketahui, bahwa pembelian pulsa token listrik melalui internet banking memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan melalui mesin ATM atau m-banking. Besarnya biaya tambahan yang harus dibayarkan, adalah Rp. 10.000 per transaksi.

Cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA

Apabila sudah mengetahui syarat dan menyetujui biaya tambahan (admin), maka Anda harus tahu bagaimana cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA tersebut. Simak beberapa langkah berikut ini.

  1. Langkah atau cara pertama yang harus dilakukan, ialah membuka aplikasi Klik BCA atau anda bisa melalui situs website http://ibank.klikbca.com/.
  2. Setelah itu, lakukan login menggunakan User ID, dan password Internet Banking.
  3. Apabila proses login berhasil, selanjutnya pilih menu Pembelian. Setelah itu pilih menu (Lainnya) yang ada pada layar.
  4. Setelah itu pilih jenis perusahaan yaitu PLN
  5. Setelah memilih jenis perusahaan, selanjutnya pilih PLN Prabayar untuk Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA
  6. Kemudian masukkan Nomor Meter/ID Pelanggan pada kolom yang tersedia. Jika Anda belum mengetahui nomor ini, bisa cek di meteran listrik rumah, kartu PLN yang dimiliki, atau kartu pembayaran sebelumnya
  7. Selanjutnya pilih jumlah Nominal Token Listrik yang akan dibeli.
  8. Cara beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA terakhir, ialah melakukan konfirmasi pembayaran menggunakan perangkat KeyBCA.

Setelah proses pembelian berhasil, maka Anda akan menerima 20 digit angka yang merupakan kode token. Kemudian masukkan kode tersebut ke meteran listrik yang terpasang di rumah Anda, agar saldo pulsa token listrik bertambah.

Perlu jangan khawatir jika nomor kode tadi hilang, saat Anda tulis di kertas. Mengapa? Karena nomor kode token itu bersifat eksklusif, yang artinya hanya bisa digunakan untuk meteran milik orang yang melakukan pembelian. Tidak bisa digunakan meteran lain.

Melakukan Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA ini, bisa memilih nominal sesuai dengan kebutuhan Anda. Nominal yang disediakan mulai 20.000, 50.000, 100.000, 250.000, 500.000, hingga 1000.000. Dalam hal ini pihak Bank BCA tidak membatasi nominal pulsa token, yang ingin nasabah beli.

Cara Daftar Internet Banking BCA Agar bisa Membeli Pulsa Token Secara Online

Salah satu syarat agar proses Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA berhasil, ialah sudah melakukan pendaftaran Internet Banking yang bisa dilakukan melalui mesin ATM atau datang langsung ke kantor pusat. Dan sebelum daftar, pastikan akun rekening BCA Anda masih aktif, dan belum pernah melakukan pendaftaran i-banking sebelumnya.

Selain bisa digunakan untuk membeli pulsa token, Internet Banking juga bisa digunakan untuk mentransfer ke semua jenis bank. Namun ada biaya tambahan, jika melakukan transfer ke bank lain. Nah berikut cara daftar dan aktivasi Internet Banking BCA yang bisa menggunakan mesin ATM, dan smartphone.

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking BCA Menggunakan Mesin ATM dan HP

1. Daftar Internet Banking Melalui Mesin ATM

  • Masukkan kartu ATM BCA pada mesin
  • Masukkan PIN ATM BCA Anda secara benar
  • Setelah itu, pilih Daftar E-Banking / Autodebet
  • Kemudian pilih Internet Banking
  • Masukkan PIN Klik BCA baru (bisa disamakan dengan PIN ATM), dan ulangi sebanyak 2kali
  • Setelah proses berhasil, ATM akan keluar diikuti struk yang berisi User ID.
  • Gunakan User ID tersebut untuk masuk ke halaman Klik BCA

2. Aktivasi Internet Banking dengan HP

  • Sebelumnya unduh dan install aplikasi BCA Mobile di smartphone Anda
  • Setelah terinstall, buka dan pilih Klik BCA
  • Masukkan User ID dan PIN Klik BCA yang Anda peroleh dari proses daftar sebelumnya
  • Selanjutnya masukkan e-mail (jika diminta), lalu submit
  • Buka e-mail yang ditautkan, untuk mengcopy kode pendaftaran
  • Kemudian masukkan kode pendaftaran ke BCA Mobile
  • Buat PIN baru sebanyak 6 digit angka
  • Jika proses berhasil, maka nomor seri KeyBCA akan terdaftar. Namun Anda harus melakukan aktivasi sebelum digunakan

3. Aktivasi Internet Banking Menggunakan Key BCA

Meskipun aktivasi menggunakan HP sudah dilakukan, namun Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA belum bisa dilakukan. Anda harus ke kantor pusat untuk mengaktifkan KeyBCA tersebut, karena hanya pihak teller atau customer service saja yang bisa. Jangan lupa membawa KTP, ATM, dan buku rekening BCA Anda.

Dengan adanya fasilitas ini, maka nasabah Bank BCA tak perlu lagi repot membeli pulsa token listrik saat dalam kondisi mendadak. Semua bisa dilakukan dengan cepat, asalkan smartphone atau perangkat lainnya terhubung dengan jaringan internet.

Itulah bagaimana syarat, harga, dan cara Beli Pulsa Token Listrik via Internet Banking BCA yang bisa membantu Anda. Serta juga cara bagaimana daftar dan aktivasi Internet Banking BCA, bagi yang belum memilikinya.