Cara Cek Mutasi BCA Lewat Internet Banking Lengkap

Diposting pada

Pengecekan mutasi rekening bank khususnya BCA kini bisa dilakukan dengan mudah yakni melalui cek mutasi BCA lewat internet banking. Untuk syarat dan ketentuannya sebagai berikut.

Bagi para nasabah BCA, sebenarnya sudah tersedia akses untuk cek mutasi BCA lewat internet banking. Ini merupakan salah satu layanan yang disediakan dan dikembangkan oleh BCA agar para nasabah bisa lebih mudah lagi dalam melakukan pengecekan mutasi dan berbagai pengecekan lainnya terkait dengan rekening dan akun bank yang dimiliki. Bila Anda juga seorang nasabah BCA dan cukup sering harus mengecek mutasi Anda, informasi berikut pastinya akan sangat berguna bagi Anda.

Yang dimaksud mutasi merupakan transaksi terakhir yang sudah atau baru saja dilakukan. Biasanya, hal ini akan sering dilakukan untuk proses pengecekan transaksi. Hal seperti ini banyak sekali dibutuhkan oleh para pegiat penjual online ataupun orang yang sering melakukan transaksi. Dengan adanya internet banking atau I-Banking BCA, proses ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus datang ke kantor dan melakukan printing pada buku tabungan nasabah.

Yang tak kalah menarik dari cek mutasi BCA lewat internet banking ini adalah aksesnya yang gratis. Selain prosesnya mudah, setiap aktivitas pengecekan mutasi yang Anda lakukan tidak akan mengakibatkan pemotongan saldo tabungan Anda. Tanpa adanya potongan ataupun penarikan biaya ini, pastinya akan jauh lebih mudah sekalipun Anda melakukan pengecekan history mutasi dan transaksi Anda setiap hari.

Bila Anda sangat tertarik dengan salah satu layanan dari Internet Banking BCA ini dan masih belum tahu tentang cara melakukan pengecekan mutasinya, informasi berikut pastinya akan sangat membantu Anda dalam menggunakan salah satu fitur yang ada di Internet Banking ini.

Cara Cek Mutasi BCA Lewat Internet Banking Lengkap

Syarat Untuk Cek Mutasi BCA Lewat Internet Banking

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara melakukan pengecekan mutasi, ada baiknya bila Anda juga mengetahui terlebih dahulu beberapa syarat yang ada. Syarat yang ada ini merupakan hal yang sudah ditetapkan oleh BCA sebagai upaya untuk memberikan keamanan serta kenyamanan dalam proses pengecekan mutasi melalui Internet Banking.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan ini berlaku untuk semua semua nasabah, baik itu nasabah lama atuapun nasabah yang baru saja mendaftar dan membuka rekening di BCA. Inilah beberapa syaratnya untuk bisa cek mutasi BCA lewat internet banking.

1. Mendaftar di Internet Banking BCA

Yang pertama dan utama adalah mendaftarkan diri di layanan Internet Banking BCA. Sudah pasti, ini pun hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah terdaftar sebagai salah satu nasabah di bank BCA ini.

Proses pendaftarannya sebenarnya mudah. Pendaftaran bisa dilakukan melalui mesin ATM. Dalam proses ini, yang diperlukan adalah kartu ATM serta nomor PIN untuk KlikBCA. Pin ini bisa dibuat dan terkadang PIN ini disesuaikan dengan PIN ATM agar lebih mudah untuk diakses. Setelah itu proses selesai, Anda akan mendapatkan struk berisi user ID.

Setelah itu, Anda bisa melakukan proses pendaftaran selanjutnya di aplikasi BCA Mobile dan ini bisa diunduh baik itu untuk smartphone berbasis Android ataupun iOS. User ID yang ada di struk tersebut bisa dimasukkan beserta dengan PIN untuk KlikBCA. Setelah itu, akan dilanjutkan ke proses aktivasi Key BCA dan ini harus dilakukan di kantor cabang terdekat dari tempat tinggal Anda.

2. Browser

Ketika proses pendaftaran sudah selesai dan akses untuk Internet Banking sudah bisa digunakan, layanan ini bisa diakses dari browser. Tidak hanya dari gawai Anda saja, tapi layanan ini pun bisa diakses dari komputer ataupun laptop. Nantinya akan diminta untuk memasukkan registrasi akun atau login untuk bisa masuk ke layanan internet banking.

3. Jaringan internet

Sudah pasti, syarat selanjutnya untuk cek mutasi BCA lewat internet banking adalah adanya layanan internet. Bila tidak ada jaringan internet yang terhubung ke gawai atau komputer Anda, Anda tidak akan bisa masuk dan melakukan pengecekan mutasi rekening Anda.

4. Maksimal 2 bulan terakhir

Lalu, syarat lain yang harus diketahui adalah bahwa mutasi yang bisa dicek adalah hingga batas waktu 2 bulan terakhir. Walau bisa dicek per harinya, tetap saja batasan ini patut menjadi perhatian.

Itulah beberapa syarat yang harus diketahui untuk bisa mendapatkan akses untuk cek mutasi BCA lewat internet banking. Semuanya sebenarnya mudah dan syarat yang paling penting tentunya adalah di syarat pendaftaran Internet Banking BCA. Ini tidak hanya untuk cek mutasi, tapi juga akan bisa digunakan untuk mengakses semua layanan yang ada di internet banking BCA.

Cara Cek Mutasi BCA Lewat Internet Banking

Setelah mengetahui beberapa syarat untuk melakukan pengecekan mutasi, sekarang saatnya untuk membahas cara pengecekannya. Hal ini sekaligus menjadi poin utama dalam pembahasan kali ini. Prosesnya sebenarnya mudah, tapi tetap saja cara cek mutasi BCA lewat internet banking patut diperhatikan setiap tahapannya agar bisa berjalan dengan lancar.

1. Masuk ke KlikBCA

Cara pertama adalah masuk ke klikBCA. Ini adalah pintu atau portal utama untuk mengakses semua layanan untuk internet banking BCA. Semua layanan ini akan bisa dibuka ketika Anda berhasil login.

Untuk bisa masuk ke KlikBCA, Anda membutuhkan dua hal sebagai syarat untuk login. Yang pertama adalah User ID Anda. Ini adalah informasi yang Anda dapatkan dari struk di proses pendaftaran sebelumnya. Setelah itu, Anda juga perlu memasukkan PIN internet Banking Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa masuk dan nantinya mencari fitur untuk cek mutasi BCA lewat internet banking.

Anda akan memasukkan User ID dan PIN Anda begitu Anda memilih menu Individual atau Bisnis di halaman awal KlikBCA tersebut. Bila Anda menggunakan rekening individual, sudah pasti pilihan tersebut yang Anda pilih dan nantinya Anda akan diarahkan ke halaman untuk login.

2. Informasi rekening

Setelah Anda berhasil masuk, Anda akan menjumpai beberapa pilihan menu. Sekilas, pilihan menu utama ini seperti yang biasanya Anda lihat di dalam mesin ATM. Hanya saja, tidak ada menu untuk untuk penarikan tunai. Dari deretan menu tersebut, akses untuk cek mutasi BCA lewat internet banking bisa Anda temukan di menu Informasi Rekening.

3. Mutasi Rekening

Setelah itu, Anda akan melihat beberapa pilihan menu lainnya yang ada di dalam informasi rekening. Di dalam ada juga akses untuk mengecek saldo Anda. Namun, untuk cek mutasi BCA lewat internet banking, yang Anda perlukan adalah menu Mutasi Rekening. Setelah itu, Anda bisa memilih periode mutasi Anda.

Cara Lain Untuk Melakukan Cek Mutasi BCA Lewat Internet Banking

Sebenarnya, BCA tidak hanya memberikan akses cek mutasi BCA lewat internet banking. Selain akses tersebut, nasabah bisa juga menggunakan beberapa cara lainnya. Berikut ini beberapa pilihannya.

  1. Via ATM
  2. Via Mobile Banking
  3. Via SMS Banking

Semua akses bisa dipilih sesuai keperluan dan keadaan nasabah. Tentunya, masing-masing memberikan kemudahan dan ini semua menjadi alternatif lainnya selain menggunakan Internet Banking.

Sudah pasti, semuanya ini menjadi suatu bantuan yang berguna. Ketika Anda harus melakukan pengecekan history transaksi di rekening Anda, sekarang semuanya menjadi lebih mudah. Tanpa harus datang ke kantor cabang, Anda bisa cek mutasi BCA lewat internet banking.