Cara Cek Mutasi BCA Lewat Mobile Banking dengan Mudah

Diposting pada

Cek mutasi BCA lewat mobile banking tidak perlu lagi harus ke ATM atau cabang terdekat. BCA memudahkan nasabahnya dengan ketersediaan fitur ini.

Kamu dapat melakukan cek mutasi BCA lewat mobile banking dengan mudah dan cepat. BCA sudah mengeluarkan fasilitas online sejak lama. Nasabah tidak perlu mengunjungi ATM hanya untuk mengecek tabungan serta riwayat transaksi. Fitur tersebut adalah mobile banking yang diperuntuk bagi pengguna HP.

Sebelum membahas tema ini lebih mendalam, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan mutasi rekening. Secara sederhana, mutasi yang dimaksud bukan memindahkan tabungan. Sebaliknya, pemilik hanya ingin mengakses lebih lanjut transaksi yang telah dilakukan. Semua riwayat akan tertera di BCA mobile banking.

Anda mengetahui jumlah saldo terakhir, rekening transfer yang pernah dilakukan, serta aktifitas lainnya. Selain itu, mobile banking juga mampu melakukan pemindahan rekening. Setelah, cek mutasi BCA lewat mobile banking, Anda dapat transfer dana atau melakukan pembayaran via fitur di aplikasi tersebut.

Cara Cek Mutasi BCA Lewat Mobile Banking dengan Mudah

Syarat melakukan Cek mutasi BCA lewat mobile banking

Perlu Anda ketahui bahwa cek mutasi BCA lewat mobile banking membutuhkan beberapa persyaratan. Anda tidak dapat mengakses fasilitas mobile banking sebelum memenuhi persyaratan tersebut. Beberapa yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Terdaftar pada BCA mobile banking
  2. Menggunakan smartphone yang telah didukung mobile banking
  3. Akses internet

Fasilitas mobile banking adalah untuk nasabah yang telah terdaftar di fitur ini. Anda telah memiliki rekening tetapi tidak akan bisa akses cek mutasi BCA lewat mobile banking hanya dengan PIN dan nomor rekening. Informasi ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Syarat kedua adalah smartphone atau hp yang kompatibel dengan mobile banking. BCA berusaha untuk memenuhi seluruh platform sehingga nasabah dapat akses kapanpun. Mayoritas perangkat yang mampu untuk akses mobile banking menggunakan platform Android dan iOS. Selain itu, ada juga Windows Phone dan Blackberry meskipun penggunanya tidak banyak.

Syarat ketiga untuk cek mutasi BCA lewat mobile banking adalah internet. Inilah yang sangat penting karena menentukan keberhasilan akses mobile banking dan cek mutasi. Penggunaan smartphone membutuhkan internet untuk akses banyak platform sehingga pastikan data dan koneksi Anda sudah siap.

Perlu Anda ketahui, mobile banking dengan hp berbeda dengan sms banking. Mobile banking menggunakan aplikasi yang telah diinstall untuk akses rekening BCA. Sebaliknya, fitur sms banking adalah komunikasi dua arah yang masih menggunakan jaringan analog. Fitur ini cocok untuk hp yang belum memenuhi persyaratan mobile banking.

Pendaftaran BCA mobile banking

Seperti yang telah disebut sebelumnya, cek mutasi BCA lewat mobile banking hanya bisa setelah fitur mobile banking aktif. Tentu saja, fitur ini untuk nasabah BCA dan Anda harus membuat rekening terlebih dahulu sebelum mengaksesnya. Untuk proses aktivasi BCA mobile banking, perhatikan langkah berikut ini:

  1. Datang ke ATM terdekat
  2. Masukkan kartu ATM lalu isikan password
  3. Pilih registrasi mobile banking lalu buat PIN
  4. Struk akan tercetak untuk aktivasi

Setelah mendaftar, Anda install aplikasi BCA mobile banking. Ikuti seluruh petunjuk termasuk memasukkan semua identitas dan PIN sesuai registrasi. Tunggu hingga aktivasi selesai dan coba untuk masuk mobile banking pertama kali. Selanjutnya, Anda siap untuk menuju cara Cek mutasi BCA lewat mobile banking.

Pastikan kembali koneksi dalam keadaan stabil dan siap. Internet sangat penting ketika aktivasi terutama ketika mengirim PIN dan data identitas. Ada peluang gagal jika koneksi tiba-tiba terhenti. Jika Anda ragu dengan cara ini, kunjungi cabang BCA terdekat untuk aktivasi mobile banking.

Cara Cek Mutasi BCA Lewat Mobile Banking

Anda sudah terdaftar dan siap melakukan cek mutasi BCA lewat mobile banking. Pastikan perangkat sudah mendukung aplikasi ini. Selain itu, perangkat juga sudah update dengan apliaasi terbaru. Langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka atau tap BCA mobile banking
  2. Masuk dengan mengisi PIN dan akses login yang telah ditentukan
  3. Kunjungi menu m.info lalu Mutasi Rekening
  4. Pilih periode mutasi yang ingin Anda lihat
  5. Masukkan kembali PIN mobile banking BCA
  6. Mutasi selesai dan Anda dapat mencetak hasilnya

Perlu Anda ketahui, PIN m-banking BCA berbeda dengan PIN kartu ATM. PIN yang dimaksud adalah kode yang sudah melalui proses registrasi pada kartu ATM. Periode mutasi umumnya tersedia dari awal pembuatan transaksi terakhir. Anda mengetahui semuanya setelah cek mutasi BCA lewat mobile banking.

Data yang tertera sesuai dengan periode yang dipilih. Pada umumnya, mutasi hanya untuk satu bulan terakhir. Ketika Anda melihat aktifitas yang tidak wajar, segeralah melapor ke bank BCA. Inilah fungsi utama dari cek mutasi di mobile baking. Proses berlangsung cepat dan dapat memperoleh infromasi secara jelas untuk kebutuhan audit.

Alternatif Cek Selain BCA Mobile Banking

Cek mutasi BCA lewat mobile banking dapat dilakukan dengan cara lain. Nasabah menggunakan fasilitas atau fitur sesuai dengan akses yang dapat mereka peroleh. Daftar pilihan pengganti mobile banking adalah sebagai berikut:

  1. SMS banking
  2. Internet banking
  3. ATM

Seperti yang telah disebut dalam bagian sebelumnya, SMS banking adalah produk dapat memenuhi hampir seluruh nasabah. Cek rekening tidak perlu ke ATM dan menggunakan hp model apapun. Untuk aktivasi, Anda harus ke ATM dan membuat PIN untuk sms banking.

Internet banking atau biasa dikenal dengan klik BCA adalah fasilitas mutasi yang hampir mirip dengan mobile banking. Nasabah harus mendaftar terlebih dahulu lalu aktifasi menggunakan browser di laptop atau komputer. Setelah itu, Anda masuk ke klik BCA dan menuju menu mutasi. Pilih periode transaksi yang ingin ditunjukkan.

Mobile banking yang sudah teraktifasi dapat melakukan transfer atau pembayaran. Namun, jumlahnya sangat terbatas dan tidak mampu transfer dalam jumlah besar. Bank BCA memastikan kalau transaksi dari mobile banking tidak ada masalah keamanan.

Jika Anda membutuhkan transfer yang lebih fleksibel, internet banking adalah pilihan terbaik. Untuk transfer, nasabah harus memiliki token atau key BCA. Semua perangkat komputer yang akses klik BCA harus lolos verifikasi. Key BCA dapat diperoleh di bank BCA terdekat. Aktivasi internet banking melalui dua langkah yaitu registrasi di ATM lalu kunjungi cabang BCA. Tentu saja, Anda dapat melakukan semuanya di satu tempat tanpa harus kesana-kemari.

Mesin ATM juga mampu melakukan cek mutasi. Ketika registrasi untuk cek mutasi BCA lewat mobile banking, Anda juga dapat cek rekening secara langsung. Kelemahan ATM adalah tidak fleksibel karena harus datang secara fisik ke mesin terdekat. BCA memiliki ribuan ATM yang tersebar di berbagai kota. Tentu saja Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Informasi mengenai cek mutasi BCA lewat mobile banking dapat menjadi referensi. Anda dapat mengecek transaksi, rekening, dan lainnya. Selain itu, mobile banking dapat melakukan transaksi perbankan secara mudah dan aman.