Cara Cek Mutasi BCA Lewat SMS Banking Lengkap

Diposting pada

Ada beberapa cara dalam cek mutasi BCA lewat sms Banking. Berikut ini persyaratan dan cara melakukan transaksinya.

Nasabah Bank BCA bisa melakukan transaksi non finansial seperti cek mutasi BCA lewat sms banking. SMS banking sendiri merupakan salah satu jenis layanan yang ditawarkan oleh Bank BCA. Layanan atau fitur ini memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi, khususnya transaksi non finansial dengan lebih mudah, tanpa harus datang ke bank atau ATM.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu transaksi non finansial, transaksi ini adalah jenis transaksi yang bersifat non keuangan, artinya setiap transaksi yang Anda lakukan tidak mengakibatkan perubahan pada keuangan atau saldo rekening Anda.

Tidak seperti transaksi lainnya yang akan mengurangi nominal atau saldo rekening, transaksi finansial tidak akan mengurangi saldo. Contoh transaksi berjenis non finasial yang ditawarkan oleh Bank BCA ini misalnya cek saldo rekening, cek mutasi rekening, mengecek kurs mata uang, mengecek informasi limit kartu kredit, tagihan kartu kredit hingga menghapus kartu kredit.

Cara Cek Mutasi BCA Lewat SMS Banking Lengkap

Persyaratan sebelum Cek Mutasi Rekening Via SMS Banking BCA

Semua transaksi berjenis non finansial bisa Anda lakukan dengan lebih cepat dan mudah melalui layanan SMS Banking BCA. Meskipun jenis transaksi yang bisa dilakukan terbatas, namun tak sedikit pula nasabah yang menggunakan layanan atau fitur yang ditawarkan oleh Bank BCA ini. Hal ini karena selain mudah, melakukan transaksi melalui fitur sms Banking ini tidak membutuhkan adanya jaringan internet seperti transaksi berbasis digital lainnya.

Dengan kemudahan ini nasabah bisa lebih diuntungkan apabila sedang berada di wilayah atau daerah yang tidak dijangkau jaringan internet. Meskipun begitu setiap kali melakukan transaksi, Anda juga akan dikenakan biaya transaksi. Seperti misalnya jika Anda ingin cek mutasi BCA lewat sms banking. Biaya transaksinya pun berbeda untuk setiap jenis transaksi.

Keunggulan lain ketika Anda melakukan transaksi melalui SMS banking ini adalah bisa dilakukan melalui perangkat apapun, bahkan jika perangkat Anda tidak mendukung adanya layanan internet. Dengan keunggulan ini, siapapun bisa melakukan transaksi via sms banking ini bahkan jika tidak menggunakan perangkat berbasis android.

Namun, sebelum bisa melakukan transaksi via sms banking, termasuk cek mutasi BCA lewat sms banking, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh nasabah. Termasuk juga syarat sebelum menggunakannya, biaya transaksi yang akan dibebankan kepada Anda sebagai nasabah serta bagaimana cara melakukan transaksi melalui sms banking ini.

Seperti halnya ketika akan melakukan transaksi perbankan lainnya, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa melakukan transaksi cek mutasi BCA lewat SMS Banking. Beberapa syarat melakukan pengecekan mutasi via sms banking tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Sudah Melakukan Pendaftaran untuk SMS Banking

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi agar Anda bisa melakukan transaksi cek mutasi BCA lewat sms Banking adalah Anda harus sudah mendaftar sms banking BCA. Cara mendaftarnya juga sangat mudah.

Pertama Anda harus pergi ke ATM BCA, masukkan kartu ATM beserta PIN akses Anda. Ketika sudah bisa mengakses menu utama ATM. Jika sudah masuk, pilih menu e-Banking / Autodebet. Pada menu ini akan ada beberapa pilihan. Pilih pada opsi SMS BCA. Ketika ditampilkan konfirmasi meminta persetujuan, pilih ‘Setuju’ dan Anda akan dialihkan ke proses pendaftaran selanjutnya.

Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan nomor ponsel yang akan didaftarkan pada layanan sms banking. Usahakan untuk mendaftarkan nomor yang juga Anda gunakan saat membuka rekening pertama kali. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan kode akses sebanyak 4 digit. Tentukan sendiri kode aksesnya. Selanjutnya masukkan lagi kode akses yang sudah Anda pilih sebelumnya. Klik ‘Benar’ sebagai konfirmasi dan proses pendaftaran Anda pun selesai.

2. Gunakan HP dengan Nomor yang Sudah Didaftarkan Sebelumnya

Syarat selanjutnya untuk bisa melakukan transaksi cek mutasi BCA lewat SMS Banking adalah pastikan Anda menggunakan hp dengan nomor yang sudah Anda daftarkan pada layanan sms banking sebelumnya.

3. Jumlah Pulsa Mencukupi untuk Melakukan Transaksi

Persyaratan yang tak kalah penting untuk melakukan cek mutasi BCA lewat SMS Banking adalah jumlah pulsa yang mencukupi untuk melakukan transaksi. Setiap transaksi yang dilakukan via sms banking memang akan mengambil pulsa Anda sebagai biaya transaksi. Karena itu, setiap akan melakukan transaksi via sms banking, pastikan pulsa Anda mencukupi.

Biaya transaksi via sms banking berbeda-beda tergantung jenis transaksi dan jenis kartu yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kartu GSM, maka Anda harus memiliki pulsa setidaknya Rp 500 – Rp 1.650 untuk melakukan satu kali transaksi. Sedangkan jika Anda menggunakan kartu CDMA, maka pulsa yang dibutuhkan setidaknya Rp 400 – Rp 550 setiap transaksi.

4. Batas Transaksi Maksimal untuk Mutasi Rekening

Tidak hanya persyaratan jumlah pulsa dan registrasi nomor, ketika Anda melakukan cek mutasi BCA lewat SMS Banking, ada batas maksimal transaksi mutasi yang bisa Anda cek. Batas maksimal transaksi yang bisa dicek adalah hanya 5 transaksi terakhir yang dilakukan oleh rekening Anda. Jadi, selain 5 transaksi terakhir, Anda tidak nisa mengeceknya melalui layanan sms banking.

Cara Cek Mutasi Rekening BCA Via SMS Banking

Nah, setelah mengetahui persyaratan untuk bisa melakukan transaksi pengecekan mutasi rekening via sms banking BCA, selanjutnya Anda juga harus tahu bagaimana cara melakukan transaksi dari sms banking BCA ini. Cara cek mutasi BCA lewat SMS Banking pun sangat mudah. Karena menggunakan metode pesan singkat, maka yang harus Anda ketahui adalah kode atau format pengiriman pesannya.

Setiap transaksi melalui sms Banking BCA menggunakan format pengiriman pesan yang berbeda-beda. Seperti halnya juga cek mutasi BCA lewat SMS Banking ini. Selebihnya cara transaksinya sama dengan ketika Anda mengirim sms seperti biasa.

Nah, untuk mengecek mutasi rekening melalui sms banking, format pengiriman yang harus Anda gunakan adalah ketikkan ‘Mutasi <spasi> kode akses’, lalu kirimkan ke nomor 69888. Kode akses yang dimaksud ini adalah kode akses yang Anda daftarkan saat pertama kali mendaftar layanan sms banking di ATM. Setelah mengirimkan pesan atau sms dengan format tersebut, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan sms balasan berupa history mutasi rekening Anda.

Alternatif Lain Cek Mutasi Rekening Bank BCA

Anda tidak hanya bisa cek mutasi BCA lewat SMS Banking saja. Ada beberapa alternatif cara pengecekan lain yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan dan mempercepat transaksi Anda. Anda bisa memanfaatkan layanan lain yang ditawarkan oleh Bank BCA, seperti internet banking, mobile banking ataupun melalui ATM.

Berbagai cara tersebut juga tak kalah mudahnya, meskipun pastinya ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan transaksi melalui fitur-fitur tersebut.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara cek mutasi BCA lewat sms banking yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan informasi mengenai persyaratan apa saja yang harus dipenuhi dan bagaimana cara melakukan transaksinya, akan semakin memudahkan Anda ketika melakukan transaksi.