Cara Cek Saldo BCA Lewat ATM dengan Lengkap

Diposting pada

Anda nasabah baru Bank BCA dan belum mengetahui bagaimana cara cek saldo BCA lewat ATM? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda jadikan panduan.

Cek saldo BCA lewat ATM memang sudah bukan menjadi hal asing bagi para nasabah BCA. Transaksi melalui ATM ini adalah transaksi paling umum dan sering dilakukan oleh nasabah. Namun, bagi yang baru memiliki ATM bisa jadi belum paham tentang cara yang satu ini.

Setiap nasabah yang mendaftar atau membuat rekening pertama kali dengan jumlah tertentu di lembaga perbankan pasti akan mendapatkan kartu ATM. Kartu ATM inilah yang akan digunakan sebagai alat untuk melakukan setiap transaksi, terutama melalui perangkat atau jaringan ATM. Begitupun ketika Anda membuka rekening baru di Bank BCA.

Nasabah yang membuka rekening baru di Bank BCA akan mendapatkan kartu ATM. Dengan kartu ATM ini akan memudahkan transaksi, baik transaksi finansial maupun non finansial nasabah. Dengan menggunakan kartu ATM, nasabah tidak lagi perlu datang ke bank jika ingin melakukan transaksi finansial ataupun finansial, seperti mengecek saldo, mengecek mutasi rekening, mengambil uang dan beberapa transaksi lainnya.

Cara Cek Saldo BCA Lewat ATM dengan Lengkap

Syarat Mengecek Saldo Rekening Tabungan Melalui ATM BCA

Transaksi menggunakan ATM BCA merupakan cara transaksi yang paling sering dilakukan oleh penggun layanan perbankan, tak terkecuali Bank BCA. Melalui ATM, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi, seperti pembayaran, pengecekan saldo dan yang paling utama adalah penarikan uang tunai. Bank BCA sebagai penyedia layanan perbankan sebenarnya menyediakan berbagai metode transaksi yang bisa dimanfaatkan nasabah untuk memudahkan setiap transaksinya.

Jenis transaksi yang bisa Anda lakukan melalui ATM tidak hanya cek saldo BCA lewat ATM BCA saja. Metode yang digunakan untuk melakukan transaksi juga tidak hanya melalui ATM. Bank BCA juga menyediakan layanan lain untuk melakukan transaksi seperti layanan internet banking, mobile banking dan sms banking. Namun, meskipun demikian transaksi lewat ATM masih menjadi pilihan utama nasabah.

Melakukan transaksi cek saldo BCA  lewat ATM juga ada persyaratan yang harus Anda penuhi. Persyaratan ini juga berlaku untuk setiap transaksi yang Anda lakukan, baik melalui ATM ataupun melalui metode transaksi lain seperti mobile banking, internet banking dan sms banking. Berikut adalah beberapa persyaratan sebelum Anda bisa melakukan transaksi pengecekan saldo melalui ATM BCA.

Sudah sedikit disebutkan sebelumnya, bahwa untuk melakukan transaksi via ATM juga ada syarat yang harus Anda penuhi. Syarat ini juga berlaku bahkan jika hanya akan melakukan transaksi cek saldo BCA lewat ATM. Apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa melakukan transaksi cek saldo BCA lewat ATM? Berikut beberapa persyaratannya.

1. Sudah Memiliki Rekening di BCA

Syarat paling utama agar Anda bisa melakukan transaksi cek saldo BCA lewat ATM tentu saja Anda harus sudah memiliki rekening BCA. Jika belum, Anda bisa membuat atau membuka rekening BCA baru di kantor cabang terdekat.

Apabila Anda sudah memiliki rekening di Bank BCA, pastikan lagi akun rekening Anda masih aktif. Jika sudah tidak aktif maka Anda bisa melakukan prosedur mengaktifkan kembali akun atau rekening Bank BCA di kantor cabang terdekat.

2. Memiliki Kartu ATM dan Masih Berfungsi

Syarat selanjutnya yang harus Anda penuhi adalah pastikan Anda juga memiliki kartu ATM BCA. Tanpa adanya kartu ATM tersebut, Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun. Pastikan juga kartu ATM Anda masih berfungsi. Jika sudah tidak berfungsi maka segera ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan prosedur penggantian kartu ATM. Jika sudah memiliki kartu ATM, maka Anda bisa melakukan transaksi apapun termasuk cek saldo BCA lewat ATM.

3. Cek Saldo di ATM Terdekat

Untuk bisa cek saldo BCA lewat ATM, maka Anda harus menggunakan jaringan mesin ATM BCA yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh daerah di Indonesia. Anda bisa melakukan pengecekan saldo rekening di berbagai jenis ATM, baik ATM tunai maupun ATM non tunai, ataupun dari ATM dengan pecahan 50.000 maupun 100.000.

4. Membayar Biaya Transaksi

Saat Anda melakukan transaksi apapun dengan kartu ATM BCA, maka Anda akan dikenakan biaya transaksi. Biaya transaksi ini akan langsung diambil dari rekening tabungan Anda. Jadi, setiap kali melakukan transaksi, baik itu hanya melakukan transaksi cek saldo BCA lewat ATM.

Cara Mengecek Saldo BCA lewat ATM

Setelah memenuhi semua persyaratan untuk cek saldo BCA lewat ATM seperti yang dijelaskan pada poin-poin penjelasan di atas, Anda kini harus tahu bagaimana langkah-langkah cek saldo BCA lewat ATM untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan transaksi lewat ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Datang ke Salah Satu Jaringan ATM BCA Terdekat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke ATM BCA terdekat dari tempat tinggal Anda. Saat ini jaringan ATM BCA juga sudah bisa ditemukan dengan mudah karena Bank BCA juga berafiliasi dengan beberapa minimarket kenamaan di Indonesia.

2. Masukkan Kartu ATM beserta PIN ATM Anda

Langkah selanjutnya, masukkan kartu ATM Anda kemudian masukkan juga 6 digit PIN ATM yang Anda gunakan untuk mengakses akun rekening Anda. Kode akses ini adalah kode akses yang sudah Anda atur sebelumnya saat pertama kali membuka rekening. Setelah memasukkan kode akses atau PIN ATM Anda dengan benar, maka Anda akan masuk ke menu utama transaksi melalui ATM.

3. Pilih pada Menu Transaksi Lainnya

Berikutnya, ketika Anda sudah masuk ke menu utama ATM, Anda akan diberikan beberapa pilihan transaksi. Pada tampilan utama ini biasanya yang ditampilkan adalah menu untuk penarikan tunai, yaitu berupa nominal uang yang ingin ditarik. Jika Anda ingin melakukan transaksi pengecekan saldo rekening, pilih pada menu ‘Transaksi Lainnya’.

4. Pilih Menu ‘Informasi Saldo’

Langkah terakhir cek saldo BCA lewat ATM, setelah masuk ke menu ‘Transaksi Lainnya’ disana Anda akan melihat beberapa pilihan transaksi lain. Pilih pada opsi ‘Informasi Saldo’, maka setelah itu informasi saldo Anda akan ditampilkan di layar ATM. Apabila tidak ada transaksi lain yang akan Anda lakukan, pilih opsi ‘Tidak’ pada pertanyaan yang menanyakan apakah Anda ingin melakukan transaksi lain.

Alternatif Lain Cek Saldo Rekening BCA

Penjelasan di atas adalah penjelasan lengkap tentang cara melakukan transaksi pengecekan saldo Rekening BCA lewat ATM. Banyak nasabah yang mungkin tidak bisa datang ke ATM secara langsung untuk sekedar melakukan pengecekan saldo rekening BCAnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bank BCA juga memberikan penawaran lain yang akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi. Nasabah bisa mengecek saldo di dalam rekening tabungannya melalui internet banking, Mobile banking BCA dan juga sms banking. Anda bisa memilih salah satu cara transaksi yang menurut Anda akan lebih memudahkan.

Adanya perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan dengan adanya berbagai inovasi transaksi yang ditawarkan. Namun, bagi beberapa nasabah melakukan transaksi melalui ATM masih menjadi pilihan utama. Seperti cek saldo BCA lewat ATM. Penjelasan di atas akan semakin menambah informasi bagi Anda nasabah baru yang belum mengetahui cara melakukan berbagai transaksi melalui ATM termasuk pengecekan saldo.