Cara Cek Saldo BCA Lewat Internet Banking dengan Praktis

Diposting pada

Cek saldo BCA lewat internet banking pastinya lebih praktis dan tidak membutuhkan biaya. Namun, ada beberapa syarat dan langkah dalam melakukan kegiatan ini.

Cek saldo BCA lewat internet banking merupakan salah satu metode atau cara transaksi yang disediakan oleh BCA.  Internet banking sendiri ini adalah layanan perbankan berbasis digital yang ditawarkan oleh lembaga perbankan untuk memudahkan transaksi nasabahnya.

Transaksi perbankan berbasis digital saat ini bukanlah hal baru bagi para nasabah pengguna layanan perbankan. Layanan perbankan berbasis digital ini memanfaatkan kemajuan teknologi dan perkembangan jaringan internet yang semakin cepat sebagai modal utamanya.

Dengan adanya inovasi ini nasabah akan semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dalam genggaman Anda. Tak butuh waktu lama dan proses yang merepotkan. Cukup beberapa menit dan dilakukan dalam satu sentuhan saja Anda bisa melakukan berbagai transaksi sekaligus.

Cara Cek Saldo BCA Lewat Internet Banking dengan Praktis

Persyaratan Mengecek Saldo BCA Lewat Internet Banking

Ada beberapa jenis layanan atau fitur transaksi berbasis digital, yaitu misalnya m-Banking, inte net banking dan sms Banking. Masing-masing jenis transaksi tentu memiliki nilai keuntungan dan kelemahan. Seperti misalnya jika anda bertransaksi melalui internet banking. Proses transaksi dijamin cepat, belum lagi fiturnya banyak dan jenis transaksi yang bisa dilakukan pun beragam. Kelemahannya, apabila Anda berada di wilayah yang tidak dijangkau internet, maka Anda tidak akan bisa melakukan transaksi.

Menggunakan layanan internet banking untuk melakukan transaksi merupakan pilihan yang banyak dipilih nasabah untuk memudahkan transaksinys. Saat bertransaksi melalui internet banking, seperti misalnya cek saldo BCA lewat internet banking, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke ATM. Apalagi internet banking ini juga sudah terhubung ke ATM Anda. Jadi jika da transaksi yang tidak dikenal juga bisa Anda ketahui dari sini.

Apabila Anda ingin melakukan transaksi cek saldo BCA lewat internet banking, ada beberapa persyaratan yang harus Anda perhatikan dan penuhi. Jika persyaratan ini tidak Anda penuhi, maka tentu saja Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun melalui internet banking.

1. Sudah Mendaftar pada Layanan Internet Banking BCA

Untuk bisa melakukan transaksi cek saldo BCA lewat internet banking, persyaratan utama yang harus Anda penuhi tentu saja sudah mendaftarkan akun rekening Anda untuk ke dalam layanan internet banking. Proses pendaftaran internet banking pun sangat mudah.

Untuk mendaftar internet banking, Anda hanya perlu datang ke ATM BCA, masuk ke menu utama ATM. Pilih menu ‘Daftar E-Banking / Autodebet’ lalu kemudian pilih ‘Internet Banking’. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan PIN KlikBCA. Silahkan masukkan PIN BCA sesuai keinginan Anda. Ulangi proses memasukkan PIN tersebut. Jika sudah maka akan keluar struk pendaftaran dari mesin ATM dimana di dalamnya terdapat User ID. User ID ini akan Anda butuhkan untuk melakukan aktivasi.

Sebelum bisa mulai melakukan transaksi seperti cek saldo BCA lewat internet banking, maka Ands harus melakukan aktivasi akun internet banking yang sudah didaftarkan sebelumnya. Anda harus menginstal aplikasi BCA mobile untuk melakukan aktivasi ini. Ikuti langkah aktivasi yang ditentukan melalui menu KlikBCA.

Setelah melakukan aktivasi melalui hp, selanjutnya Anda akan mendapatkan nomor seri keyBCA. Anda masih harus datang ke bank untuk melakukan aktivasi ulang dan mendapatkan keyBCA. Perangkat key BCA inilah yang akan Anda butuhkan setiap kali akan melakukan transaksi melalui internet banking.

2. Gunakan Browser pada perangkat Anda

Syarat selanjutnya yang harus Anda penuhi sebelum bisa melakukan transaksi melalui internet banking termasuk cek saldo BCA lewat internet banking adalah pastikan Anda memiliki fitur browser pada perangkat gadget Anda, baik itu smartphone ataupun laptop.

3. Terhubung ke Jaringan Internet

Untuk bisa menikmati layanan internet banking untuk melakukan Berbagai transaksi, pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan internet. Tanpa ada jaringan internet, Anda tidak akan bisa menggunakan layanan internet internet banking ini. Pastikan juga jaringan internet yang Anda gunakan cukup stabil untuk melakukan transaksi.

4. Rekening Tabungan Masih Aktif

Hal terakhir yang harus Anda pastikan sebelum menggunakan layanan internet banking untuk melakukan transaksi adalah pastikan rekening tabungan Anda masih aktif. Jika rekening Anda sudah tidak aktif, maka lakukan prosedur aktivasi di bank terlebih dahulu.

Cara Cek Saldo Rekening BCA melalui Internet Banking

Jika sudah memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, selanjutnya Anda bisa mulai mempelajari cara cek saldo BCA lewat internet banking. Cara melakukan transaksinya pun sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Akses Laman KlikBCA

Langkah pertama cek saldo BCA lewat internet banking yang pertama adalah akses dulu laman klikBCA di alamat https://www.klikbca.com/. Setelah masuk ke laman ini nantinya Anda akan diberikan beberapa pilihan menu. Pilih opsi ‘Individual’ jika Anda adalah nasabah perseorangan dan pilih pada opsi ‘Bisnis’ jika Anda mewakili lembaga, perusahaan atau organisasi tersebut.

Perbedaan dalam memilih di menu ini akan mempengaruhi menu selanjutnya yang akan Anda pilih. Karena itu pastikan posisi Anda sebelum memilih pilihan menu ini.

2. Masukkan User ID beserta PIN Internet Banking Anda

Langkah selanjutnya untuk bisa cek saldo BCA lewat internet banking yang harus Anda lakukan adalah masukkan User ID beserta PIN Internet banking Anda. User ID dan PIN internet banking ini adalah user ID dan PIN yang sudah Anda daftarkan saat melakukan registrasi sebelumnya. Karena itu pastikan Anda mendaftarkan user ID dan PIN Internet banking Anda dengan benar.

3. Pilih pada Menu ‘Informasi Rekening’

Berikutnya Anda akan dialihkan pada tampilan Menu utama di dalam internet banking ini. Disana Anda akan melihat beberapa pilihan menu, pilih pada opsi ‘Informasi Rekening’. Setelah memilih menu ini, Anda akan dialihkan ke pilihan menu berikutnya. Pada pilihan menu selanjutnya ini, pilih ‘Informasi Saldo’.

Setelah Anda memilih menu ‘Informasi Saldo’ maka selanjutnya pada tampilan layar internet banking Anda akan ditampilkan informasi dan rincian saldo di dalam rekening tabungan Anda. Anda bisa menyimpan informasi tersebut dengan cara melakukan tangkapan layar pada halaman yang menampilkan informasi saldo rekening tabungan Anda tersebut. Hal ini akan membantu jika suatu saat dibutuhkan. Setelah melakukan semua langkah tersebut, maka proses pengecekan saldo BCA Anda melalui Internet banking sudah selesai.

Alternatif Cek Saldo Rekening BCA Melalui Layanan Lain

Selain menggunakan layanan internet banking, Anda pun bisa melakukan pengecekan saldo rekening BCA melalui cara dan layanan lain yang ditawarkan oleh Bank BCA. Cek saldo BCA lewat internet banking ini hanya salah satu metode transaksi yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan transaksi. Anda masih bisa melakukan pengecekan dengan cara lain, yaitu melalui ATM, mobile banking dan juga sms Banking. Tinggal pilih salah satu yang menurut Anda paling memudahkan.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara melakukan transaksi lewat internet banking, salah satunya cek saldo BCA lewat internet banking. Sebelum menggunakan layanan internet banking ini ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi serta langkah transaksi yang bisa Anda ikuti.