Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS Banking dengan Mudah

Diposting pada

Gunakan layanan cek saldo BCA lewat SMS banking untuk mendapatkan kemudahan memperoleh informasi.

Cek saldo BCA lewat SMS banking merupakan layanan yang berguna untuk mengecek jumlah saldo di rekening tabungan secara realtime. Sebagai nasabah yang aktif melakukan transaksi pastinya Anda membutuhkan data terbaru terkait dengan jumlah uang yang mereka simpan di bank. Oleh karena itu, metode ini dianggap lebih praktis dan hemat waktu jika dibanding harus mengunjungi ATM.

Selain mudah cek saldo dapat Anda lakukan dimana saja tanpa adanya batasan tempat dan waktu. Sehingga hal ini akan sangat berguna ketika Anda membutuhkannya layanan tersebut dengan cepat. Sesuai dengan syarat dan ketentuan dari BCA, terdapat prosedur yang harus Anda penuhi agar bisa menggunakan layanan tersebut. Namun, karena layanan ini dapat digunakan oleh semua nasabah maka persyaratan yang harus Anda penuhi pun tergolong mudah.

Setelah mendapatkan layanan ini Anda bisa mengikuti cara cek saldo BCA lewat SMS banking yang sudah disediakan di bawah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam menggunakannya. Untuk mengenai apa saja yang Anda butuhkan dalam sms banking Anda bisa menyimak bacaan berikut ini.

Cek Saldo BCA Lewat SMS Banking

Syarat Cek Saldo BCA via SMS Banking

1. Terdaftar Sebagai Nasabah BCA yang Aktif

Agar bisa menggunakan layanan cek saldo BCA lewat SMS banking maka harus dipastikan bahwa status Anda sebagai nasabah masih aktif dan rekening tabungan masih dapat digunakan bertransaksi dengan baik. Apabila terdapat kendala pada akun nasabah Anda seperti mengalami pemblokiran dan lain-lain sebaiknya tanyakan kejelasannya pada customer service agar masalah Anda dapat diselesaikan dengan cepat.

2. Memiliki ATM

ATM merupakan layanan bank yang berfungsi untuk menghubungkan rekening Anda terhadap segala jenis transaksi digital. ATM juga kerap dijadikan sebagai persyaratan ketika hendak melakukan pendaftaran layanan digital seperti internet banking, m-banking, dan juga sms banking.

3. Daftarkan Diri Anda

Untuk menggunakan layanan cek saldo BCA lewat SMS banking tentunya Anda harus mendaftarkan diri terlebih dulu. Prosedur untuk mendaftarkan diri ini cukup mudah Anda hanya perlu datang ke customer servis BCA di kantor cabang terdekat dengan membawa rekening tabungan serta mengisi formulir yang disediakan oleh pegawai bank.

Bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu bisa mendaftarkan sendiri layanan sms banking ini lewat ATM. Pendaftaran tersebut dapat Anda akses lewat menu autodebet.

4. Gunakan Nomor yang didukung oleh BCA

Sebelum menggunakan layanan cek saldo BCA lewat SMS banking maka pastikan Anda menggunakan kartu SIM yang didukung oleh BCA. Operator-operator yang didukung oleh bank BCA seperti Indosat, XL, Telkomsel, Smartfren dan Three. Untuk memperlancar proses pendaftaran sms banking, maka diharapkan data diri yang Anda gunakan saat registrasi memakai identitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

5. Ponsel Mendukung Layanan SMS

Hampir semua ponsel saat ini dapat digunakan untuk menerima maupun mengirim pesan singkat. Namun jika terdapat kendala pada ponsel Anda yang mengakibatkan tidak bisa digunakan untuk sms maka sebaiknya segera perbaiki atau carilah penggantinya. Karena layanan sms banking tidak akan bisa digunakan dengan baik apabila ponsel Anda tidak mendukung layanan ini.

6. Nomor Aktif dan Mudah Dihubungi

Ini dia yang paling penting saat Anda hendak menggunakan layanan cek saldo BCA lewat SMS banking yaitu nomor yang Anda daftarkan merupakan nomor yang masih aktif. Karena lewat nomor inilah nantinya verifikasi akan dikirimkan melalui sms. Pastikan juga nomor Anda mudah untuk dihubungi sehingga pihak bank dimudahkan saat mengirimkan pemberitahuan apapun pada Anda.

Biaya Bertransaksi Menggunakan SMS Banking

Saat melakukan cek saldo BCA lewat SMS banking maka Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biaya administrasi sms banking berkisar antara 400 hingga 1670 Rupiah, selain itu biaya saat Anda mengirim sms pun juga berlaku. Oleh karena itu, selalu sediakan pulsa di nomor Anda supaya cek saldo dapat dilakukan dengan lancar. Apabila sampai kehabisan pulsa otomatis layanan ini tidak dapat digunakan.

Cara Mengecek Saldo BCA Lewat SMS Banking

Untuk menggunakan layanan cek saldo BCA lewat SMS banking tidaklah sembarangan, Anda perlu mengirimkan sms pada server sesuai format yang telah diberikan oleh pihak bank. Terdapat juga kode akses yang diperlukan untuk mendapatkan informasi saldo di rekening Anda. Kode akses berguna layaknya kode pin pada ATM, kode tersebut akan Anda dapatkan setelah melakukan pendaftaran. Adapaun format yang Anda perlukan saat mengirim sms seperti di bawah ini:

Ketik: SALDO <spasi> Kode Akses. Kemudian silahkan kirim ke 69888.

Setelah sms terkirim maka silahkan tunggu balasan dari BCA yang berisi informasi saldo dalam rekening Anda. Begitu sms masuk ke nomor Anda maka pulsa otomatis terpotong sesuai dengan biaya administrasi yang berlaku.

Layanan Lain yang Bisa Digunakan Dalam SMS Banking

Bukan hanya untuk cek saldo BCA lewat SMS banking saja, layanan digital BCA ini pun dapat Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Layanan yang bisa Anda gunakan dalam sms banking seperti berikut.

1. Pembelian Pulsa Lewat SMS Banking

Sms banking dapat juga digunakan untuk mengisi pulsa. Jadi sambil bertransaksi Anda tidak perlu takut akan kehabisan pulsa. Karena begitu sms terkirim ke BCA maka nomor yang telah Anda daftarkan akan langsung diisi sesuai nominal yang Anda inginkan. Format untuk melakukan isi pulsa seperti di bawah ini.

Ketik: Pulsa <spasi> nominal <spasi> kode akses, lalu kirim ke 69888.

Perlu diketahui bahwa nominal yang digunakan dalam pengisian pulsa via sms banking dihitung dalam bentuk ribuan. Jadi semisal Anda ingin mengisi pulsa Rp 10.000 maka cukup tuliskan 10 pada nominal yang Anda inginkan. Sehingga format sms menjadi seperti berikut. Pulsa 10 (kode akses).

2. Informasi Jumlah Tagihan Kartu Kredit

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit serta aktif menggunakannya, tentunya Anda wajib mengeceknya untuk mengetahui seberapa besar jumlah tagihan dalam kartu kredit Anda. Sekarang untuk mengecek tagihan kartu kredit dapat Anda lakukan secara mudah lewat sms banking dengan mengirimkan format sebagai berikut.

Tagihan <spasi> Kode akses <spasi> Nomor kartu kredit, kirim ke 69888

Dengan begitu informasi penggunaan kartu kredit dan biaya yang harus Anda bayar akan dikirimkan langsung melalui sms ke nomor HP Anda.

Cara Mudah Melakukan Cek Saldo Dengan SMS Banking Lewat Metode Lain

cek saldo BCA lewat SMS banking bisa juga Anda lakukan dengan cara lain yaitu lewat panggilan. Khusus bagi pengguna Telkomsel, Indosat, dan XL Anda bisa melakukan panggilan ke *141# dan pilih menu untuk cek saldo. Maka informasi akan dikirimkan melalui sms sesuai dengan nomor yang telah Anda daftarkan pada layanan sms banking.

Itulah tadi seputar informasi mengenai bagaimana cara untuk cek saldo BCA lewat SMS banking beserta tips-tips lainnya. Apabila Anda merasa kesulitan dalam menggunakan layanan sms banking silahkan hubungi customer service untuk meminta pertolongan.