Cara Cek Status UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi dengan Lengkap

Diposting pada

Mengetahui cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi adalah suatu hal yang penting. Tanpa melakukan tahapannya dengan tepat pembaruan ROM tidak bisa dilakukan.

Seberapa pentingkah mengetahui cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi bagi pengguna merk smartphone ini? Fitur ini merupakan fitur tambahan yang diberikan oleh pembuat smartphone ini terhadap seri-seri baru keluarannya. Ubl merupakan fitur yang diperlukan apabila pengguna smartphone ingin mengganti jenis read only memory (ROM).

Cara Cek Status UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi dengan Lengkap

Cara Mengganti ROM pada Smartphone Xiaomi

Banyak pengguna smartphone Xiaomi yang ingin mengganti ROM dengan berbagai alasan yang mengharuskan mereka mengetahui. Alasan pertama adalah mereka ingin memiliki tampilan maupun berbagai fungsi yang lebih menarik. Seringkali, ROM bawaan yang diperoleh oleh pengguna setelah membeli smartphone (baik dalam kondisi baru maupun bekas), kurang mengakomodasi kebutuhan.

Selain itu, terkadang ROM yang dipasang masih memiliki banyak bug. Hal ini menghambat pengguna untuk menggunakan smartphone secara optimal. Kasus ini sebagian besar terjadi pada pengguna yang membeli smartphone dari distributor tidak resmi maupun yang membeli dalam kondisi bekas.

Mengetahui cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi untuk memastikan bahwa fitur ini telah aktif merupakan prasyarat untuk melakukan penggantian ROM. Fitur ini ditambahkan oleh pabrik smartphone untuk memastikan agar pengguna tidak melakukan customization yang bersifat asal dan dapat berakibat fatal bagi smartphone mereka.

Setelah Anda melakukan tahapan cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi, pembaruan ROM dapat dilakukan. Pembaruan ini dilakukan melalui sistem Boot Recovery. Apabila bootloader dalam smartphone Anda sudah tidak terkunci, maka Fastboot akan dapat mengakomodasi pembaruan yang dilakukan sehingga ROM baru dapat berfungsi dengan optimal.

Cara Mengetahui Status UBL HP Xiaomi

Anda akan terheran jika mendengar bahwa banyak orang tidak mengetahui adanya fitur ubl, terlebih lagi memahami cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi. Akibatnya, mereka melakukan proses pembaruan yang berisiko terhadap smartphone mereka. Smartphone dapat mati total akibat tahapan pembaruan yang salah.

Pada beberapa subjudul berikut, langkah-langkah untuk melakukan checking terhadap status kunci bootloader smartphone ini akan dibahas dengan mendetail. Langkah-langkah tersebut yakni sebagai berikut:

1. Mengakses Menu Setting

Tahap pertama yang dilakukan dalam cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi adalah mengakses menu pengaturan atau setting dalam smartphone Anda. Navigasi layar hingga ke bagian bawah untuk menemukan sub-menu bernama “About”. Sub-menu ini terletak pada baris terakhir.

Di dalam sub-menu ini Anda akan menemukan beragam informasi mengenai model smartphone yang Anda gunakan. Hal-hal yang dibahas dalam menu ini di antaranya adalah perangkat lunak dan keras yang digunakan dalam smartphone. Selain itu, sistem operasi yang digunakan juga dibahas sedikit pada sub-menu ini.

2. Tapping Sebanyak 5 Kali pada Info MIUI Version

Langkah berikutnya dalam cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi adalah menemukan bagian dengan tulisan “MIUI version” di dalam sub-menu tersebut. Anda harus mengetukkan jari pada tulisan tersebut sebanyak 5 kali. Apabila tahapan ini dilakukan dengan benar, Anda akan menjumpai tulisan yang menyatakan bahwa Anda saat ini mengakses ponsel sebagai developer.

Tahapan ini dilakukan untuk memunculkan sebuah sub-menu baru pada menu pengaturan tambahan atau additional setting yang harus Anda akses. Sub-menu tersebut bernama “Developer Option” dan tidak tersedia apabila Anda mengakses smartphone sebagai pengguna biasa.

3. Mengakses Menu Additional Setting (Pengaturan Tambahan)

Setelah langkah kedua dalam cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi dilakukan, Anda perlu kembali ke menu setting untuk mengakses pengaturan tambahan. Di dalam bagian menu pengaturan ini, Anda harus menemukan menu baru “Developer Option” yang dimunculkan melalui tahapan sebelumnya.

Apabila menu ini tidak Anda temukan, maka langkah kedua perlu dilakukan sekali lagi. Akan tetapi, jika Anda mampu menemukannya, maka segeralah akses menu tersebut untuk mengetahui bagaimana status bootloaded smartphone Anda saat ini.

4. Memeriksa Status Unlock

Pada tahapan terakhir dari cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi ini, yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa perangkat smartphone dalam kondisi tidak terkunci. Apabila smartphone tidak terkunci, maka Anda dapat segera melakukan pembaruan ROM.

Akan tetapi, apabila status bootloader smartphone masih terkunci, maka terdapat beberapa langkah tambahan yang perlu dilakukan untuk membuka kunci tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak rumit. Dalam beberapa menit saja, Anda dapat melakukan unlock.

Tahapan-tahapan yang dijelaskan dalam artikel ini dapat diaplikasikan ke dalam berbagai seri Xiaomi yang beredar di pasaran, terutama seri baru. Tidak hanya itu, semua perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi MIUI ini dapat mengikuti langkah-langkah di atas dan sukses melakukan proses pemeriksaan status.

Seperti Anda sadari, pengetahuan yang didapat dari penjelasan di atas perlu benar-benar dipahami untuk melakukan pembaruan ROM dengan aman. Ikutilah cara cek status ubl (unlock bootloader) Xiaomi dengan teliti.