Cara Daftar Mobile Banking BCA dan Aktivasinya Mudah

Diposting pada

Ingin melakukan transaksi perbankan dengan lebih mudah? Cobalah menggunakan layanan mobile banking BCA. Cara daftar mobile banking BCA berikut akan memudahkan Anda.

Bagi Anda pengguna layanan BCA, Anda harus tahu bagaimana cara daftar mobile banking BCA. Cara ini akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan transaksi perbankan seperti transfer, cek saldo atau mutasi rekening semuanya bisa dilakukan dengan satu sentuhan jari.

Kemudahan transaksi perbankan saat ini tidak perlu diragukan lagi dengan adanya layanan internet banking, sms banking dan m-banking. Layanan yang saat ini banyak digemari konsumen perbankan adalah m-banking. Layanan ini akan sangat memudahkan dalam melakukan transaksi.

Salah satu lembaga perbankan yang menyediakan layanan m-banking ini adalah Bank BCA. Meskipun layanan ini berbasis aplikasi yang bisa dioperasikan di ponsel Android, namun penggunaannya tidak seperti aplikasi lainnya. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus melakukan registrasi atau mendaftar di ATM maupun di bank langsung, untuk kemudian melakukan aktivasi melalui aplikasi.

Cara Daftar Mobile Banking BCA dan Aktivasinya Mudah

Syarat Sebelum Daftar Mobile Banking BCA

Nah, sebelum mulai mengikuti cara daftar mobile banking BCA, ada persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Persyaratan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Memiliki Rekening BCA

Syarat pertama yang tentu saja harus dipenuhi jika Anda ingin menikmati layanan m-banking BCA adalah sudah memiliki rekening BCA. Jika belum, tentu saja Anda harus membuka rekening terlebih dahulu. Bagi Anda yang sudah memiliki rekening BCA, layanan m-banking BCA ini harus Anda miliki untuk memudahkan setiap transaksi. Transaksi apapun kini tidak perlu datang ke bank atau ke ATM langsung karena bisa melalui smartphone.

2. Kartu ATM yang Masih Aktif

Meskipun Anda sudah memiliki rekening BCA dan terdaftar sebagai nasabah, namun tidak semuanya bisa mendaftar m-Banking. Syarat lain yang terkadang dilupakan adalah status ATM yang Anda gunakan. Salah satu syarat penting dalam cara daftar mobile banking BCA adalah ATM Anda harus masih dalam status aktif.

Perhatikan tanggal kadaluarsa kartu ATM Anda. Jika memang sudah kadaluarsa, ada baiknya Anda segera memperbaruinya di bank BCA terdekat. Setelah kartu ATM Anda sudah aktif kembali, maka kini Anda sudah bisa mendaftar m-Banking BCA.

3. Status Rekening Masih Aktif (Tidak Sedang Diblokir)

Syarat selanjutnya untuk bisa mendaftarkan layanan m-Banking adalah status Rekening. Tidak hanya status ATM yang harus masih aktif, status rekening bank Anda juga harus masih aktif untuk bisa mendaftarkan layanan atau fitur m-Banking ini.

Status Rekening nasabah ini bisa saja sedang diblokir karena beberapa alasan. Karena itu ada baiknya Anda mengecek dan memastikan status rekening Anda terlebih dahulu sebelum mendaftarkan m-Banking BCA.

4. Melakukan Registrasi atau Mendaftar m-Banking BCA

Syarat terakhir adalah melakukan registrasi atau mendaftarkan rekening Anda untuk bisa menikmati layanan m-Banking BCA. Cara daftar mobile banking BCA ini akan dijelaskan selanjutnya. Setelah melakukan pendaftaran dan aktivasi akun m-Banking, maka selanjutnya Anda sudah bisa menikmati layanan m-Banking ini.

Langkah-Langkah Daftar Layanan m-Banking BCA

Jika semua persyaratan yang disebutkan di atas sudah Anda penuhi, maka selanjutnya Anda sudah bisa mulai mendaftarkan akun m-Banking BCA Anda. Cara daftar mobile banking BCA ini juga sangat mudah dan bisa Anda lakukan di ATM BCA terdekat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah mendaftarkan akun m-Banking BCA Anda.

1. Daftar melalui ATM, Masukkan PIN Rekening

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Cara daftar mobile banking BCA ini bisa dilakukan di ATM BCA. Karena itu langkah pertama mendaftarnya, Anda harus ke ATM BCA terdekat. Masukkan kartu ATM beserta PIN seperti biasa saat akan melakukan transaksi di ATM.

2. Pilih Daftar e-Banking > Mobile Banking

Setelah memasukkan PIN ATM BCA Anda, maka selanjutnya Anda akan dialihkan pada tampilan menu utama. Pada tampilan ini Anda akan melihat beberapa pilihan menu. Untuk cara daftar mobile banking BCA, menu yang harus Anda pilih pertama adalah ‘Daftar e-Banking’. Pada menu ini nantinya akan ditampilkan semua menu yang berkaitan dengan e-banking termasuk pendaftaran atau registrasi m-Banking.

Setelah memilih menu e-Banking tadi, selanjutnya Anda akan dialihkan pada beberapa jenis layanan e-banking yang disediakan oleh bank BCA. Pada tampilan ini Anda akan melihat menu seperti internet banking, mobile banking, isi ulang pulsa via sms dan autodebet. Pilih pada opsi ‘Mobile Banking’.

3. Setujui Persyaratan yang Diajukan > Masukkan Nomor Ponsel

Setelah itu tampilan akan beralih pada pemberitahuan persetujuan yang harus Anda setujui. Untuk melanjutkan ke prose selanjutnya klik saja pada pilihan ‘YA’. Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nomor ponsel yang Anda gunakan. Pastikan memasukkan nomor ponsel yang masih aktif. Selanjutnya pilih pada opsi ‘Benar’. Maka setelah itu akan ada tampilan meminta persetujuan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. Klik pada pilihan ‘YA’.

4. Masukkan PIN m-Banking

Setelah memasukkan nomor ponsel dan menyetujui untuk melanjutkan ke proses selanjutnya, maka proses selanjutnya adalah Anda diminta untuk membuat PIN untuk mengakses m-Banking ini. Buat PIN yang terdiri dari 6 digit angka. PIN inilah yang akan digunakan untuk mengakses m-Banking Anda nantinya.

Setelah selesai memasukkan PIN, langkah terakhir cara daftar mobile banking BCA adalah memasukkan kembali atau konfirmasi ulang PIN yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Ingat baik- baik PIN tersebut karena akan dijadikan kode akses ini. Setelah memasukkan kode akses tersebut, maka kartu ATM Anda akan keluar secara otomatis bersama struk pemberitahuan registrasi m-Banking. Selanjutnya Anda tinggal melakukan aktivasi.

Cara Melakukan Aktivasi m-Banking BCA di Perangkat Android

Setelah melakukan cara daftar mobile banking BCA seperti yang dijelaskan di atas, sebenarnya belum selesai. Anda masih belum bisa menikmati layanan perbankan online dari ponsel Anda sebelum Anda melakukan aktivasi akun m-Banking tersebut. Bagaimana cara aktivasinya? Berikut langkah-langkahnya.

1. Download, Install dan Buka Aplikasi BCA Mobile

Untuk bisa melakukan aktivasi akun m-Banking BCA yang sudah Anda buat sebelumnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah download dan install aplikasi BCA mobile di perangkat smartphone Anda. Setelah proses download dan instalasi selesai, ketika membuka aplikasi untuk pertama kali, akan ada pop up persetujuan. Klik saja pada tombol ‘Accept’.

Ini adalah cara mudah daftar Mobile Banking BCA online. Dengan cara ini Anda bisa menikmati layanan perbankan tanpa harus pergi ke bank atau ATM.

2. Masuk ke Menu m-BCA > Masukkan Nomor ATM

Setelah menyetujui persetujuan di awal tampilan, Anda akan melihat tampilan menu utama di dalam aplikasi ini. Selanjutnya pilih menu m-BCA. Jika sudah Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ATM. Nomor ATM ini berbeda dengan nomor rekening. Nomor ATM ini biasanya berada di tampilan depan ATM BCA Anda. Setelah itu klik ‘OK’.

3. Buat Password untuk Login

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat password sepanjang 6 digit. Password ini biss berupa angka atau huruf atau kombinasi keduanya. Password ini nantinya akan Ands gunakan untuk login. Selanjutnya klik tombol ‘Next’ hingga Anda mendapat pemberitahuan bahwa proses aktivasi m-BCA Anda telah berhasil dilakukan. Setelah itu maka proses aktivasi Anda selesai dan Anda sudah bisa menikmati m-Banking dari BCA.

Menikmati layanan atau fitur mobile banking memang menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh perusahaan perbankan saat ini. Layanan ini akan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Untuk itu, cara daftar mobile banking BCA di atas bisa membantu Anda mendaftar m-Banking dan menikmati layanannya.