Cara Daftar SMS Banking BCA, Transaksi Mudah dan Murah

Diposting pada

Mengirim uang atau mengecek saldo rekening akan sangat merepotkan jika harus jauh-jauh ke ATM. Anda kini bisa melakukan semuanya hanya dari genggaman dengan sms Banking. Cara daftar SMS Banking BCA berikut akan sangat membantu.

Guna memudahkan transaksi perbankan Anda bisa memanfaatkan layanan sms banking yang ditawarkan oleh bank. Karena itu Anda juga harus tahu cara daftar SMS Banking BCA untuk menikmati kemudahan transaksi perbankan dari genggaman tangan Anda.

Layanan sms banking ini memang memiliki fitur tidak sebanyak internet banking atau mobile banking, namun tetap banyak diminati untuk memudahkan transaksi. Anda bisa mengecek saldo rekening serta melakukan transfer hanya dengan mengirim sms atau pesan singkat. Layanan ini sangat cocok untuk Anda yang suka malas ke ATM untuk sekedar transfer atau mengecek saldo rekening Anda.

Selain beragam transaksi yang mudah, cara daftar SMS Banking BCA juga mudah. Anda tidak perlu datang ke bank dan mengantre di teller berjam-jam dengan membawa berbagai dokumen. Meskipun begitu, ketika melakukan transaksi Anda akan dikenakan tarif atau biaya transaksi yang nantinya akan dipotong dari jumlah pulsa. Atau, jika Anda menggunakan layanan pasca bayar, tagihan tarif transaksi akan ditambahkan ke total tagihan.

Cara Daftar SMS Banking BCA, Transaksi Mudah dan Murah

Syarat untuk Mendaftar SMS Banking BCA

Sama seperti ketika mendaftar sms banking atau mobile banking BCA, untuk mendaftarkan SMS Banking BCA juga ada syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Berikut ini adalah beberapa daftar persyaratan yang harus nasabah penuhi sebelum mempelajari cara daftar SMS Banking BCA untuk memudahkan transaksi Anda.

1. Memiliki Rekening BCA Aktif

Syarat pertama yang harus Anda penuhi sebelum mengikuti cara daftar SMS banking BCA adalah Anda memiliki rekening BCA yang masih aktif. Banyak nasabah baru yang juga langsung memanfaatkan layanan ini begitu membuka rekening baru di bank BCA.

Bagi Anda nasabah lama, pastikan rekening Anda masih aktif atau tidak sedang diblokir. Jika rekening Anda tidak aktif atau sedang diblokir, maka Anda tidak akan bisa mendaftarkan sms banking. Karena itu Anda harus mengurusnya ke kantor cabang Bank BCA terdekat untuk mengaktifkan kembali rekening Anda.

2. Nomor HP Sama dengan Saat Membuka Rekening

Ketika pertama membuka rekening, setiap nasabah akan diminta untuk mengisikan nomor telepon atau nomor HP yang masih aktif. Nah, inilah fungsinya yaitu agar Anda bisa menikmati layanan sms banking dengan menggunakan nomor tersebut.

Syarat nomor HP yang sama dengan nomor saat membuka rekening ini adalah syarat paling penting karena nantinya semua informasi dan transaksi yang Anda lakukan melalui nomor HP tersebut. Jika nomor yang Anda gunakan untuk membuka rekening sudah tidak aktif atau mungkin sudah rusak atau hilang, maka Anda harus ke teller langsung untuk memperbarui data sehingga bisa menikmati layanan sms banking ini.

Biaya atau Tarif Melakukan Transaksi Melalui SMS Banking

Selain mengetahui syarat untuk mendaftar sms bangking, Anda juga harus mengetahui biaya atau tarif dalam satu kali transaksi sms banking. Sebelum mengetahui cara daftar SMS banking BCA, mengetahui tarif atau biaya transaksi ini akan menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan menggunakan layanan sms banking.

Tarif atau biaya transaksi ini adalah biaya yang harus Anda keluarkan setiap kali melakukan transaksi, baik itu melakukan transfer, mengecek kupon undian dari BCA, informasi deposito, cek kurs mata uang, bahkan juga termasuk biaya cek saldo rekening.

Tarif atau biaya ini dikenakan tidak berdasarkan jenis transaksi namun jenis kartu yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kartu GSM, maka akan dikenakan tarif sebesar 500 rupiah hingga 1.650 rupiah setiap transaksi. Sedangkan jika Anda menggunakan kartu CDMA, maka akan dikenakan tarif sebesar 400-550 rupiah setiap transaksi.

Jika Anda menggunakan kartu prabayar, maka tarif ini akan langsung dipotong dari pulsa Anda. Namun, jika Anda menggunakan kartu pascabayar, maka tarif akan dibebankan pada tagihan pascabayar Anda. Sangat mudah dan relatif terjangkau untuk mendapatkan kemudahan transaksi.

Cara  Mendaftar Layanan SMS Banking BCA

Mendaftar SMS Banking BCA juga tidak terlalu sulit. Asalkan Anda sudah memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan di atas, maka tidak akan sulit untuk mendaftar sms Banking. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mudah daftar SMS Banking BCA yang bisa Anda ikuti. Cara daftar SMS Banking BCA ini bisa Anda lakukan melalui ATM tanpa harus datang langsung ke teller bank.

1. Masukkan ATM beserta 6 Digit PIN ATM BCA

Langkah pertama dari cara daftar sms Banking BCA lewat ATM ini tentu saja memasukkan kartu ATM Anda dengan menginput 6 digit PIN ATM BCA Anda, seperti melakukan transaksi lewat ATM biasanya. Ketika sudah memasukkan kartu ATM Anda, maka Anda akan dialihkan ke menu utama. Pada tampilan menu utama ini akan diberikan beberapa pilihan. Pilih pada opsi ‘Daftar E-Banking / Autodebet’.

2. Pilih Menu SMS BCA

Setelah memilih menu e-Banking / autodebet tadi, Anda akan langsung dialihkan ke beberapa pilihan selanjutnya. Pada tahap ini pilih menu ‘SMS BCA’. Pada tahap ini nantinya Anda juga akan melihat pemberitahuan untuk meminta persetujuan atas syarat dan ketentuan yang berlaku. Tekan saja ‘Setuju’.

3. Masukkan Nomor Ponsel yang Akan Digunakan

Langkah selanjutnya yang paling penting dari cara daftar sms banking BCA adalah memasukkan nomor telepon yang akan Digunakan. Pastikan Anda memasukkan nomor telepon yang benar sesuai dengan nomor telepon yang Anda gunakan untuk membuka rekening sebelumnya.

Setelah memasukkan nomor telepon, Anda juga akan diminta untuk memasukkan 4 digit kode akses. Tentukan sendiri 4 digit angka yang nantinya akan digunakan sebagai kode akses sms banking Anda.

Setelah memasukkan 4 digit kode akses, langkah terakhir cara daftar sms banking BCA ini adalah memasukkan kembali 4 digit angka untuk kode akses yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Tahap ini untuk bertujuan untuk mengonfirmasi apakah kode akses yang Anda masukkan sama atau tidak.

Setelah selesai memasukkan kode akses tadi, sebagai tahap paling akhir, klik tombol ‘Benar’ pada menu tampilan layar untuk mengonfirmasi proses pendaftaran sms banking Anda. Tunggu hingga proses selesai dan kartu ATM Anda keluar beserta struk transaksi.

Setelah semua proses di atas sudah Anda lakukan, maka proses pendaftaran sms Banking BCA Anda sebenarnya sudah selesai. Tinggal menunggu notifikasi bahwa sms banking BCA Anda sudah aktif. Jika sudah, Anda bisa mencobanya dengan mengirim pesan untuk mengecek saldo misalnya. Jika sudah berhasil maka Anda akan bisa melakukan pengecekan saldo rekening Anda hanya dengan mengirim sms.

Berbagai layanan dan inovasi terus dikembangkan oleh perusahaan perbankan untuk memudahkan transaksi nasabahnya. Tidak hanya menawarkan kemudahan, inovasi perbankan ini juga menawarkan keamanan bagi para nasabah saat melakukan transaksi. Salah satunya adalah melalui sms banking. Jika Anda belum menggunakan layanan ini, cara daftar sms Banking BCA di atas bisa Anda ikuti untuk menikmati layanan sms banking yang akan memudahkan transaksi perbankan Anda.