Cara Downgrade MIUI Via MI Recovery dengan Mudah

Diposting pada

Banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara downgrade miui via mi recovery. Berikut ini adalah langkah dan caranya.

Cara downgrade miui via mi recovery adalah cara alternatif untuk melakukan penggantian ROM di smartphone Xiaomi tanpa harus melalui fastboot. Sudah menjadi rahasia umum jika ponsel Xiaomi memiliki ROM bawaan MIUI yang kadang tidak begitu stabil dan kompatibel.

Alhasil, banyak penggunanya yang kemudian melakukan pergantian ROM, termasuk menggunakan ROM yang versinya lebih lama (downgrade). Proses downgrade pada Xiaomi bisa dilakukan dengan dua cara: lewat fastboot dan lewat MI Recovery (Recovery System).

Kali ini, yang akan dibahas adalah cara downgrade miui via mi recovery. Semua langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini. Akan ada pula penjelasan tentang kelebihannya dan juga tentang definisinya.

Cara Downgrade MIUI Via MI Recovery dengan Mudah

Definisi Recovery System

Sebelum membaca tentang cara downgrade miui via mi recovery, cari tahu dulu apa itu recovery system. Recovery system atau kalau dalam Bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “Sistem Pemulihan” adalah suatu sistem yang ada di ponsel di mana ponsel bisa diubah-ubah pengaturan bawaanya.

Recovery system ini tidak hanya ada di smartphone Xiaomi, tapi ada di semua smartphone dengan basis Android. Hanya saja, di ponsel keluaran Xiaomi, recovery system ini lebih dikenal dengan nama Mi Recovery.

Kelebihan Downgrade MIUI via MI Recovery dibandingkan Via Fastboot

Jika dibandingkan dengan via fastboot, cara downgrade miui via mi recovery lebih unggul. Berikut ini adalah beberapa kelebihan melakukan downgrade ROM HP Xiaomi melalui system recovery mereka yaitu Mi Recovery dibandingkan dengan lewat fastboot.

1. Tanpa Proses UBL (Unlock Bootloader)

Salah satu kelebihan proses downgrade HP Xiaomi lewat recovery system adalah ponsel tidak harus di-unlock atau dilakukan proses UBL di dalamnya. Proses ini memakan waktu yang cukup lama sehingga tidak bisa dilakukan pada saat harus terburu-buru melakukan downgrade.

2. Lebih Cepat Prosesnya

Downgrade lewat recovery system hanya bisa mengganti ROM dengan jenis yang sama. Misalnya, ROM dari MIUI ke MIUI lagi, bukan ke brand atau jenis lainnya. Hanya saja, versinya bisa diganti. Mungkin dari versi 9 ke versi 7 atau 8 di bawahnya. Keuntungannya, proses downgrade menjadi relatif lebih cepat.

3. Tidak Membutuhkan PC

Cara downgrade miui via mi recovery lewat fastboot membutuhkan PC. Tidak semua orang memiliki akses ke PC atau laptop. Untungnya, downgrade yang dilakukan via recovery system bisa dilakukan tanpa harus menyambungkan HP ke PC.

Cara Downgrade MIUI Via MI Recovery

Sekarang saatnya mengetahui cara downgrade miui via mi recovery. Semua langkah-langkah detailnya ada di bawah ini. Meski terlihat ribet, namun jika dilakukan dengan sabar dan teliti, prosesnya akan jauh lebih mudah.

Cara Masuk ke Mode Recovery System

Cara downgrade miui via mi recovery yang pertama adalah kamu terlebih dahulu harus masuk ke mode recovery system atau ke Mi Recovery yang ada di ponselmu. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Matikan Ponsel

Langkah pertama, kamu harus mematikan ponsel. Ponsel tidak bisa masuk ke dalam recovery system jika dalam keadaan on atau menyala. Matikan HP dengan cara menekan lama tombol power.

2. Tekan Tombol Kombinasi

Sekarang, tekan tombol kombinasi untuk masuk ke recovery system. Kombinasi tombol yang harus dipencet adalah tombol volume ke atas dan tombol power. Tekan secara bersamaan selama kira-kira 10 sampai 15 detik.

3. Pilih Bahasa

Setelah itu, layar ponsel akan mati dan langsung masuk ke recovery system. Di sini, kamu akan diminta memilih bahasa. Jarang atau bahkan tidak ada Bahasa Indonesia dalam opsi ini. Pilih saja Bahasa Inggris.

Langkah-langkah Selanjutnya

Setelah semua langkah di atas tadi dilakukan, kini saatnya masuk ke cara downgrade miui via mi recovery selanjutnya. Langkah-langkah selanjutnya dapat dibaca di bawah ini untuk mempermudah proses downgrade Xiaomi.

  1. Jika sudah berada di dalam Recovery System, kamu akan melihat beberapa pilihan di bagian menu utama. Cari pilihan “Update.zip to System One”. Setelah ketemu, pilih opsi “Yes”. Hal ini akan memulai proses flashing pada ponsel.
  2. Tunggu proses flashing selesai. Setelah selesai, pencet opsi “Back” untuk kembali ke menu utama.
  3. Langkah selanjutnya dalam cara downgrade miui via mi recovery, cari pilihan “Wipe Cache” dan opsi “Wipe User Data”. Pencet “Yes” untuk menghapus keduanya. Setelah itu, kembali ke menu utama dengan memencet pilihan “Back to Main Menu”.
  4. Terakhir, hidupkan ponsel kembali dengan cara memencet pilihan “Reboot” kemudian diikuti “Reboot to System One”.

Sekarang proses untuk downgrade lewat recovery system sudah selesai. Jika semua langkah tadi dilakukan dengan hati-hati, maka proses akan berjalan dengan lancar dan ponsel Xiaomi bisa di-downgrade dengan mudah. Pahami semua cara downgrade miui via mi recovery di atas sebelum melakukan prosesnya.