Cara Downgrade MIUI via Updater dengan Mudah

Diposting pada

Cara downgrade MIUI via Updater masih menjadi pertanyaan mengenai kemungkinannya. Berikut akan diulas mengenai hal tersebut.

Cara downgrade MIUI via Updater masih menjadi pertanyaan karena mungkin itulah cara yang paling mudah untuk melakukan downgrade version. Borosnya daya baterai membuat pengguna Xiaomi ingin melakukan downgrade terdapat MIUI di ponselnya. MIUI 7 dan 8 dianggap memiliki performa yang lebih baik dibandingan dengan fitur MIUI 9. Meskipun performa dari MIUI terbilang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya namun daya baterai dari MIUI 9 sangat boros.

Melakukan upgrade terhadap sistem memang membutuhkan waktu dan research yang lebih lama. Namun, pengguna Xiaomi tidak perlu khawatir dan cemas mengenai kendala tersebut. Anda cukup melakukan downgrade ke MIUI 7 maupun MIUI 8. Baterai ponsel akan semakin hemat dan memiliki daya tahan yang lebih. Untuk itu berikut akan di ulas mengenai tips downgrade MIUI via Updater.

Cara Downgrade MIUI via Updater dengan Mudah

Sekilas Mengenai MIUI

Sebelum membahas mengenai Cara downgrade MIUI via Updater akan diulas mengenai MIUI. Mungkin sebagian dari anda masih ada yang kebingungan menganai apa itu MIUI. Perlu digaris bawahi bahwa MIUI bukan merupakan sistem yang digunakan khusus untuk ponsel pintar Xiaomi. Namun MIUI merupakan sebuah sistem yang ditambah oleh developer untuk mempermudah para penggunanya.

Produsen ponsel pintar asal negeri gingseng ini sukses untuk memikat para customer setianya dengan meluncurkan berbagai fitur yang menarik, salah satunya yaitu fitur MIUI. Banyak fungsi yang ditawarkan dari sistem tambahan ini seperti melakukan penguncian aplikasi, dan lain sebagainya.

Setelah sukses dengan MIUI 7 dan 8 maka diluncurkanlah MIUI 9 yang digadang-gadang akan memiliki teknologi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Memang terbukti dari sisi teknologi dan performa bahwa MIUI 9 meningkat namun terdapat kekurangan yang cukup mengganggu seperti baterai yang sangat boros membuat para penggunanya memikirkan Cara downgrade MIUI via Updater.

Apa Alasan untuk Downgrade MIUI ke MIUI 7 maupun MIUI 8?

Pada peluncuranya memang MIUI 9 diprediksi akan memiliki performa yang lebih baik di banding MIUI 7 dan MIUI 8. Namun mungkin developer asal Tiongkok tersebut lupa dan sedikit mengabaikan tentang daya tahan dari baterai yang digunakan. Hal itu membuat para penggunanya memikirkan Cara downgrade MIUI via Updater.

Meskipun Xiaomi selalu menyediakan fitur hemat daya pada setiap smartphone yang diluncurkan namun tetap saja baterai yang cukup boros akan sangat mengganggu. Mobilitas akan terganggu karena ponsel cepat habis daya, membuat waktu untuk mengisi daya, dan boros akan penggunaan listrik. Itulah mengapa banyak netizen yang menginginkan downgrade dan cara yang terbaik yaitu Cara downgrade MIUI via Updater.

Bertahan atau Turun Versi?

Ketika perfoma dan teknologi ponsel anda semakin baik namun terdapat beberapa kekurangan pada sisi lainnya, itu akan dikembalikan kepada penggunanya masing-masing. Kualitas dari MIUI 9 memang lebih baik dari sisi performanya namun kendala yang sangat besar yaitu pada daya tahan baterai yang digunakan. MIUI sangat boros baterai dibandingkan dengan sistem sebelumnya.

Dari sisi tampilan MIUI 9 juga memiliki tampilan yang lebih baik di bandingkan dengan versi lainnya. Namun besarnya grafis membuat baterai cepat habis dan membuat anda harus mengecas berkali kali. Banyak penggunakanya bahkan menganggap bahwa MIUI 7 merupakan version terbaik yang pernah ada. Hal itu karena selain ringan, MIUI juga dianggap memiliki performa yang cukup baik. Atas dasar tersebutlah banyak yang berpikir untuk mencari cara downgrade MIUI via Updater.

Namun, pada berbagai forum komunikasi mengenai Smartphone Xiaomi banyak yang masih bertanya tanya apakah memungkinkan untuk melakukan Cara downgrade MIUI via Updater. Padahal notabene yang diketahui kebanyakan orang bahwa updater hanya dapat digunakan melakukan upgrade atau meningkatkan versi.

Mungkinkah Melakukan Downgrade MIUI 9 ke MIUI 8 atau MIUI 7?

Melakukan downgrade MIUI 9 ke MIUI 8 maupun MIUI 7 jelas dapat dilakukan. Namun menurunkan versi tidak dapat dilakukan menggunakan updater. Anda dapat menggunakan cara lainnya untuk melakukan downgrade version ke version yang diinginkan.

Mengapa Tidak Bisa melakukan Downgrade Via Updater ?

Kembali lagi kepada fungsi dari updater yaitu untuk melakukan update data terbaru mengenai MIUI di ponsel anda. Melalui Updater dapat dilakukan update version maupun update berbagai data secara kecil-kecilan. atas dasar fungsi tersebut tidak memungkinkan untuk melakukan downgrade version baik MIUI 9 ke MIUI 8 maupun MIUI 7.

Solusi apabila Ingin Melakukan Downgrade Version MIUI

Menggunakan Updater untuk melakukan downgrade memang tidak mungkin untuk dilakukan namun ada cara yang cukup efektif dan praktis untuk dilakukan yaitu dengan menggunakan fasboot. Melakukan downgrade dengan fastboot sangat cepat dan praktis namun terdapat beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan.

Untuk menggunakan fastbook anda harus memastikan bahwa ponsel sudah dilakukan Unlock Botloader (UBL). Apabila ponsel yang digunakan sudah dilakukan UBL maka melakukan downgrade dengan mudah dapat dilakukan. Bahkan untuk mengganti ROM kepada pihak ketiga juga mungkin untuk dilakukan.

Cara downgrade MIUI via Updater tidak dapat dilakukan. Hal itu karena updater memiliki fungsi untuk memperbaharui dari sistem dan bukan untuk menurunkan versi.