Cara Flashing Xiaomi dengan Fastboot Mode Lengkap

Diposting pada

Ada banyak keuntungan menggunakan cara flashing xiaomi dengan fastboot mode. Pasalnya Anda bisa sekaligus memanfaatkan cara ini untuk upgrade, downgrade serta update rom.

Jika Anda ingin bebas melakukan flashing pada smartphone xiaomi, pakai cara flashing xiaomi dengan fastboot mode. Metode ini merupakan yang paling sering dipakai untuk melakukan flashing smartphone xiaomi. Ingin tahu bagaimana langkah melakukan flashing xiaomi ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Flashing Xiaomi dengan Fastboot Mode Lengkap

Cara Flashing Xiaomi dengan Fastboot Mode

Fast boot mode menjadi andalan para pengguna xiaomi untuk melakukan flashing. Alasannya, dengan menggunakan cara flashing dengan fastboot mode ini smartphone xiami bisa digunakan layaknya hand phone baru karena pemasangan software baru setelah proses flashing berhasil.

Bagi Anda yang sudah mulai bertanya-tanya bagaimana sih flashing xiaomi dengan fastboot mode yang simpel? Ini jawaban terbaik untuk Anda yang sudah mulai penasaran dengan cara flashing paling menggiurkan ini.

1. Pastikan Smartphone Xiaomi sudah Unlock Bootloader

Cek, apakah smartphone sudah di unlock bootloader? Pilih fitur setting lalu pilih about. Setelah itu akan terlihat berbagai info mengenai operasi sistem smartphone. Kemudian tap sebanyak lima kali pada MIUI version sampai tulisan ‘you are now developer’ muncul ke layar.

Selanjutnya, kembali ke setting dan pilih additional setting. Kemudian Anda bisa masuk ke developer option untuk melihat apakah smartphone xiaomi milik Anda sudah melalui proses unlock bootloader atau belum setelah tap mi unlock status.

Apabila smartphone sudah di unlock bootloader akan muncul tulisan ‘this device is unlocked’. Namun, apabila belum di unlock bootlader maka akan muncul tulisan ‘this device is locked’ pada layar smartphone xiaomi Anda.

2. Ubah Smartphone Menjadi Fastboot Mode

Lakukan pengubahan mode smartphone menjadi fastboot. Cara flashing xiaomi dengan fastboot mode yang pertama ini bisa dilakukan dengan mematikan hand phone terlebih dahulu. Kemudian setelah hand phone benar-benar dalam posisi non aktif, tekan tombol on dan volume plus secara bersamaan.

Tahan beberapa saat sampai Anda merasakan getaran. Setelah itu akan tampak pilihan fastboot, tap fastboot. Otomatis smartphone Anda sudah dalam fastboot mode.

3. Unduh MiFlash

Langkah untuk memraktekan cara flashing xiaomi dengan fastboot mode yang ketiga yaitu mengunduh miflash. Caranya dengan membuka situs resmi penyedia miflash. Lalu Anda bisa melakukan pengunduhan ini di internet secara gratis.

4. Menghubungkan Smartphone ke Laptop ataupun PC

Selanjutnya, hubungkan smartphone xiaomi ke laptop maupun PC. Ambil kabel data kemudian pasang ke smartphone. Lalu sambungkan ke laptop atau PC Anda.

5. Buka Aplikasi Flashing MiFlash

Buka aplikasi miflash yang telah Anda unduh tadi. Lalu segera pilih refresh, kemudian ceklist clean all yang telah muncul di bagian bawah tampilan. Pilih flash dan tunggu sampai proses flashing selesai.

Tips Memraktekan Cara Flashing dengan Fastboot Mode

Tidak sulit memang untuk melakukan flashing dengan fastboot mode. Tapi ada baiknya setelah mengetahui cara flashing xiaomi dengan fastboot mode, Anda juga perlu tahu tips-tips untuk memraktekkan cara flashing terefektif ini.

1. Gunakan Aplikasi MiFlash Terupdate

Miflash juga merupakan faktor penting untuk kesuksesan proses flashing. Anda harus mengunduh miflash yang paling baru jika ingin kemungkinan suksesnya flashing yang dilakukan semakin besar.

2. Pakai Kabel Data Asli dari Smartphone Xiaomi

Proses flashing ini mengharuskan Anda untuk menyambungkan smartphone ke laptop maupun PC. Penggunaan kabel data juga ikut mempengaruhi keberhasilan proses flashing. Untuk mencegah kegagalan flashing, gunakan kabel data asli dari xiaomi.

3. Pastikan Smartphone Tersambung dengan Internet

Tips yang ketiga ini juga penting. Pasalnya pada saat melakukan cara flashing xiaomi dengan fastboot mode Anda perlu mengunduh beberapa aplikasi, salah satunya adalah miflash. Proses pengunduhan memerlukan koneksi internet yang stabil tentunya.

Keunggulan Cara Flashing dengan Fastboot Mode

Pasti Anda juga penasaran sebenarnya apa saja keunggulan dari cara flashing dengan fastboot mode ini. Nah, berikut ini keunggulan flashing dengan menggunakan mode fastboot dibandingkan dengan cara flashing yang lainnya.

1. Sangat Aman untuk Smartphone Xiaomi Anda

Keunggulan yang pertama yaitu, cara flashing ini sangat aman karena merupakan salah satu cara flashing yang direkomendasikan oleh pihak android. Jadi, proses flashing ini juga dikembangkan oleh pihak android sendiri sehingga terjamin keamanannya.

2. Fastboot Mode Sudah Ada Pada Semua Smartphone Android

Fitur ini memang sudah ada pada semua jenis smartphone android sehingga Anda tidak perlu mencari aplikasi flashing di situs internet lainnya. Anda hanya perlu melakukan perubahan mode fastboot pada smartphone agar bisa melakukan proses flashing ini.

3. Kondisi Smartphone Jadi Seperti Baru Kembali

Setelah berhasil melakukan cara flashing dengan fastboot mode secara otomatis smartphone Anda akan menjadi seperti baru kembali. Hal ini dikarenakan software-software yang telah diganti pasca proses flashing.

Demikianlah penjelasan mengenai cara flashing dengan fastboot mode serta tips-tipsnya dan keunggulannya. Segera gunakan langkah-langkah di atas untuk melakukan flashing pada smartphone xiaomi Anda.