Cara Flashing Xiaomi dengan Recovery Update Lengkap

Diposting pada

Meskipun ada banyak cara flashing, cara flashing Xiaomi dengan recovery update adalah cara paling mudah dan cepat. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Saat melakukan flashing, Anda bisa menggunakan cara flashing Xiaomi dengan Recovery Update sebagai cara flashing yang paling mudah. Cara ini bisa menjadi solusi alternatif ketika ponsel Anda mengalami masalah atau error.

Proses flashing ini biasanya digunakan ketika pengguna Xiaomi ingin melakukan update pada ROM yang digunakan. Tidak hanya update, flashing biasa juga digunakan sebagai metode ketika pengguna Xiaomi ingin melakukan downgrade ROM yang digunakan.

Cara flashing Xiaomi dengan recovery update ini adalah satu dari sekian banyak cara flashing yang bisa Anda gunakan. Sayangnya, flashing dengan cara ini hanya bisa digunakan pada ponsel Xiaomi keluaran lama seperti seri Redmi 1, Redmi 2 hingga Redmi 5 Plus. Seri ponsel Xiaomi yang dikeluarkan setelah itu, akan sulit menggunakan metode ini.

Namun, Anda tak perlu khawatir jika Anda adalah pengguna ponsel Xiaomi dengan seri di atas seri yang disebutkan tadi. Masih ada banyak cara flashing lain yang bisa Anda gunakan. Bagi Anda pengguna ponsel Xiaomi seri lama, perhatikan cara flashing Xiaomi dengan recovery update berikut untuk semakin memudahkan.

Cara Flashing Xiaomi dengan Recovery Update Lengkap

Cara Flashing Xiaomi melalui Recovery Update

Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwasannya cara flashing Xiaomi dengan recovery update ini adalah satu dari beberapa cara flashing yang bisa Anda gunakan. Flashing yang berfungsi sebagai solusi permasalahan sistem pada ponsel memang dibutuhkan oleh setiap pengguna.

Bagi pengguna Xiaomi, flashing dengan recovery update ini memang menjadi flashing paling mudah dan cepat. Namun, penggunaannya hanya terbatas untuk ponsel Xiaomi keluaran lama. Bagi Anda pemilik ponsel Xiaomi berseri Redmi dari mulai Redmi 1 hingga Redmi 5 plus, tips flashing Xiaomi dengan recovery update berikut bisa Anda ikuti. Ada beberapa tahap yang harus Anda ikuti secara berurutan.

A. Pertama Unduh ROM

1. Masuk ke Website Resmi MIUI

Tahap pertama dari cara flashing Xiaomi dengan recovery update adalah unduh atau download dulu ROM yang Anda butuhkan. Untuk mendownload ROM ini Anda harus masuk terlebih dahulu ke website resmi MIUI. Pilih ROM yang sesuai dan capable dengan tipe dan seri ponsel Anda.

2. Ubah Nama File Download

Setelah mengunduh file dari website resmi MIUI, jangan lupa untuk mengganti nama file tersebut dengan nama file ‘update.zip’. Anda harus mengganti nama file ini agar nantinya file update bisa dikenali dan proses bisa dilanjutkan.

3. Pindahkan ke Internal Storage

Terakhir, pindahkan file download tersebut ke dalam memori penyimpanan internal atau Internal storage. Pastikan juga jangan meletakkannya di dalam folder untuk memudahkan proses selanjutnya.

B. Masuk ke Recovery Mode

Setelah melakukan tahap awal cara flashing Xiaomi dengan recovery update di atas, selanjutnya Anda sudah bisa masuk ke recovery mode. Berikut adalah langkahnya.

1. Tekan Tombol Power dab Volume Up

Untuk masuk ke recovery update, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume up (+) secara bersamaan. Tekan selama beberapa waktu hingga ada getaran.

2. Pilih Menu Updater

Jika sudah masuk ke recovery update, langkah selanjutnya adalah pilih ‘updater’. Untuk memilih, gunakan tombol volume up dan down.

C. Lakukan Proses Instalasi

Setelah melakukan proses masuk ke recovery update, langkah berikutnya dari cara flashing Xiaomi dengan recovery update adalah memulai proses instalasi. Hal yang perlu diingat ketika melakukan proses ini adalah, Anda hanya bisa menggunakan tombol volume up dan down untuk menggerakkan kursor untuk memilih. Tombol volume up untuk bergerak ke atas, tombol volume down untuk bergerak ke bawah dan tombol power untuk memilih atau untuk OK.

1. Pilih Opsi ‘Instal Update.zip to System’

Setelah Anda masuk ke menu updater tadi, langkah selanjutnya adalah pilih pads opsi ‘instal update.zip to system’. Update.zip ini adalah file update yang sudah Anda unduh sebelumnya. Gunakan tombol volume down untuk bergerak ke bawah dan tombol power untuk memilih OK.

2. Konfirmasi Instal Update

Setelah memilih instal updste.zip to system tadi, selanjutnya akan ada pop up yang berisi pernintaan persetujuan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. Jika ada tampilan tersebut, konfirmasi proses instalasi update.zip dengan memilih ‘YES’.  Maka selanjutnya proses instalasi ROM Anda akan segera dilanjutkan.

3. Tunggu Proses Selesai

Jika proses instalasi sudah dilakukan, maka langkah terakhir dari cara flashing Xiaomi dengan recovery update hanya tinggal menunggu proses instal selesai. Jika proses instalasi selesai, maka ponsel Anda akan direstart secara otomatis. Proses restart ini akan memakan waktu lebih lama dibandingkan proses restart biasa. Tunggu sampai benar-benar selesai.

Flashing merupakan solusi ketika ada error pada ponsel. Flashing juga biasa dilakukan terutama oleh pengguna Xiaomi ketika ingin mengganti ROM yang digunakannya. Ada berbagai cara flashing yang bisa Anda gunakan. Cara flashing Xiaomi dengan recovery update di atas adalah salah satu cara flashing yang paling mudah.