Cara Flashing Xiaomi via Fastboot Mode EDL dengan Mudah

Diposting pada

Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL sangat aman untuk dilakukan. Hal itu karena Anda tidak memerlukan UBL untuk melakukanya.

Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL merupakan salah satu cara melakukan flashing yang cukup aman dibandingkan dengan berbagai metode yang lainnya. Sebetulnya banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan flashing xiaomi yang diantaranya yaitu recovery update, fasboot update, dan system update. Semuanya memiliki berbagai kelebihan dan kekuranganya masing-masing, namun berikut ini akan difokuskan untuk membahas metode flashing via fastboot model EDL terupdate.

Sebelum mengetahui mengenai cara flashing Xiaomi dengan Fastboot model EDL sebelumnya akan diulas terlebih dahulu mengenai definisi dari flashing. Flashing merupakan sebuah metode untuk melakukan penginstalan kembali terhadap sistem operasi (OS) yang dapat berfungsi untuk membuat ponsel memiliki kinerja yang lebih baik. Oleh sebab itu berikut akan diulas Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL.

Cara Flashing Xiaomi via Fastboot Mode EDL dengan Mudah

Apa Sih Keunggulan dari Flashing via Fasboot Mode?

Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL terbilang cukup aman dan simple untuk digunakan. Hal itu karena Anda tidak perlu untuk melakukan unlocked bootloader (UBL) smartphone. Melakukan UBL pada smartohone memiliki beberapa resiko yaitu, menghilangkan garansi ponsel, bootloop, hard brick, tingkat keamanan ponsel akan berkurang, hingga resiko yang paling parah yaitu mati total.

Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL akan membuat ponsel Anda masih tetap dengan kondisi Locked bootloader. Hal itu membuat resiko karena melakukan unlocked bootloader seperti pada paragraf di atas dapat dihindari. Metode fasboot ini cukup aman untuk digunakan dan cukup mudah dan cepat.

Selain itu, cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL dapat menjadi alternatif apabila Anda tidak dapat melakukan metode flashing lainnya seperti, system updates, recovery updates, maupun lainnya. Metode ini juga dapat diterapkan ketika ponsel Anda menggunakan OS maupun ROM yang tidak terverifikasi dengan benar.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL terbilang cukup aman karena tidak mengharuskan penggunanya untuk melakukan unlocked bootloader. Cara ini cukup mudah untuk masuk kepada system operasi (OS) dari Xiaomi secara cepat dan tidak membutuhkan step tambahan. Namun menggunakan cara ini memerlukan keahlian dan pengalaman dalam menggunakanya.

Menggunakan metode fastboot dengan EDL ini memang tidak memerlukan UBL, namun cara tersebut juga dapat dikategorikan membobol ROM dari xiaomi karena cara ini juga terbilang tidak legal.

Setiap metode pasti memiliki resiko tersendiri.  Anda harus memastikan bahwa siap menanggung resiko yang paling dari melakukan langkah tersebut yaitu dapat membuat ponsel mati total dan OS tidak dapat digunakan. Silahkan pertimbangkan sendiri untuk melanjutkan atau tidak. Apabila Anda memutuskan untuk melanjutkan berikut akan diberikan cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL.

Cara Flashing Xiaomi via Fastboot Model EDL

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian yaitu metode ini hanya dapat digunakan untuk beberapa tipe ponsel xiaomi tertentu. Ponsel yang dapat digunakan metode ini dikhususkan kepada ponsel xiaomi yang mengadopsi processor qualcomm atau snapdragon. Untuk masuk ke beberapa langkah sebelumnya harus dipersiapkan sarana dan prasarana penunjang sebagai berikut :

  1. Pastikan Daya Batrei
  2. Siapkan Kabel USB Original dari Xiaomi
  3. Siapkanlah Personal Computer (PC) maupun Laptop dengan windows 7 UP
  4. CD Driver dari qualcomm HS-USB Qdloader
  5. Driver dari ADB Installer
  6. Aplikasi Mi Flash Tools.

Daya batrei yang digunakan minimal 50 persen, hal itu karena metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, harus dipastikan bahwa laptop memiliki windows 7 ke atas. Dan siapkanlah aplikasi dan driver seperti pada point di atas. Selanjutnya lanjut ke tahapan melakukan flashing.

1. Lakukan Install QD Loader HS-USB Driver

Tahap pertama yaitu lakukanlah penginstalan aplikasi yang hendak digunakan. Pastikanlah program yang digunakan berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Lalu jalankan program Mi flash tools dengan klik run as administator pada program c:/Xiaomi/XiaoMiFlash.

2. Hubungkan Ponsel Xiaomi ke PC ataupun Laptop

Selanjutnya hubungkanlah perangkat ponsel Anda dengan laptop ataupun PC menggunakan kabel data. Lalu matikanlah ponsel dan beralih kepada mode fasboot. Bukalah path C:/adb/ dan klik open command window here. Lanjutkan dengan memberikan perintah untuk fastboot.

3. Lakukan Fasboot Ponsel Xiaomi Anda

Tahapan selanjutnya yaitu perintahkan fastboot oem edl dan ponsel Anda akan masuk ke mode EDL. Layar kemudian akan mati dan lampu notifikasi akan berkedip berwarna merah. Lalu buka aplikasi miFlashTools dan lakukan refresh maka akan terdeteksi COMx. Lalu lakukanlah select folder ke tempat dimana kamu menyimpan hasil ektraksi ROM.

4. Klik Flash dan Tunggu Beberapa Saat

Setelah Anda memerintahkan dengan klik flash maka perintah akan diproses dan silahkan tunggu hingga muncul flash done. Kemudian akan dilakukan restart secara otomatis. Hal itu menandakan proses berhasil.

Cara flashing Xiaomi via Fastboot model EDL ini cukup aman dan tidak membutuhkan UBL pada ponsel. Namun menggunakanya butuh keahlian dan pengalaman.