Cara Format Kartu SD (SD Card) Xiaomi yang Mudah dan Cepat

Diposting pada

Bagaimanakah cara format kartu sd (sd card) Xiaomi yang mudah dan cepat? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara format kartu sd (sd card) Xiaomi dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan relatif simple. Anda hanya perlu untuk memperhatikan beberapa tutorial yang akan di ulas pada point di bawah ini. Namun, sebelum mengulas mengenai cara format kartu sd perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan format kartu SD maka seluruh file yang disimpan akan terhapus secara permainan. Jadi, pertimbangkanlah sebelum melakukan langkah tersebut.

Menerima gambar dan video dari kawan, teman, relasi yang tidak pantas mungkin sering Anda dapatkan. File tersebut akan langsung tersimpan secara otomatis pada kartu SD dan itu sangat mengganggu. Untuk itu berikut akan diberikan tips format kartu sd Xiaomi yang akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Cara Format Kartu SD (SD Card) Xiaomi yang Mudah dan Cepat

Cara Format Kartu SD (SD Card) Xiaomi

Cara format kartu sd (sd card) Xiaomi dapat dilakukan tanpa perlu menggunakan berbagai aplikasi yang rumit. Anda dapat menghemat kuota internet karena dapat dilakukan secara offline. Selain itu perlu diketahui bahwa beberapa langkah yang akan diberikan tidak memerlukan biaya. Cukup Anda amati dengan seksama dan perhatikan tiap langkahnya.

1. Masuk Ke Menu Setting pada Ponsel Anda

Cara format kartu sd (sd card) Xiaomi diawali dengan masuk ke dalam menu setting. Carilah menu setting di yang berada di ponsel pintar Xiaomi. Ketika Anda masuk ke dalam menu setting maka akan ditemui berbagai pilihan menu seperti, sim card and mobile network, menu wi-fi, menu bluetooth, menu personal hotspot, menu display, menu theme, sound and vibration dan masih banyak lagi.

Fokuskan langsung mata Anda untuk mencari menu storage. Menu ini terdapat di dalam kelompok system updates. Lokasinya berada di atas menu more setting dan di bawah menu languange and input. Menu strorage berdekatan dengan kelompok menu account and syc.

2. Klik Menu Storage

Setelah Anda menemukan menu storage yang berada di menu setting maka selanjutnya masuklah ke dalam menu tersebut. Ini merupakan langkah dari cara format kartu sd (sd card) Xiaomi yang kedua. Umumnya pada tahap ini ponsel Anda membutuhkan waktu ekstra. Hal itu karena memori hendak membaca seluruh file yang berada pada perangkat smartphone Xiaomi Anda.

Lamanya waktu dibutuhkan ponsel untuk membaca seluruh storage bergantung dengan banyaknya dan besaran file yang disimpan. Storage akan melakukan calcuate terhadap seluruh data yang simpan hingga semua penyimpanan terbaca. Proses ini selesai dengan ditandai status bar yang berada di atas dan bawah telah berhenti.

Menu storage akan memberikan info berupa kapasitas memori yang masih tersedia di dalam storage. Selain itu storage akan mempartisi berbagai jenis penyimpan. Anda dapat mengetahui dimana size memori yang paling besar.

Terdapat 5 parts yang dapat dicek yaitu apps dan app data, pictures dan video, audio (music, ringtones, podcast, etc), cached data, dan other file. Setelah muncul semua menu lanjutkan langkah cara format kartu sd (sd card) Xiaomi selanjutnya.

3. Temukan Menu Eraser USB Storage

Langkahcara format kartu sd (sd card) Xiaomi yang selanjutnya yaitu dengan mencari menu eraser yang berada di storage. Selain mendapatkan informasi berupa total file yang disimpan, besaran memori yang tersedia, dan kapasitas memori di tiap parts Anda dapat melakukan penghapusan terhadap penyimpanan di USB Storage.

Lakukanlah scroll ke bawah kemudian temukan menu eraser usb storage.Letak menu erase USB storage berada di pada kolom bagian bawah setelah menu managed storage space dan tepat di bawah dari unmount sd card.

Kemudian tekanlah menu eraser dan format usb storage. Setelah melakukan tahapan ini maka lanjutkan ke langkah cara format kartu sd (sd card) Xiaomi yang keempat.

4. Pilihlah Menu Klik USB Storage dan Klik OK

Langkah cara format kartu sd (sd card) Xiaomi yang  keempat yaitu pilihlah menu klik usb storage. Setelah Anda melakukan klik eraser and format usb storage maka akan ditemukan pilihan menu baru. Akan ditemukan dua menu yaitu all files on the phone serta format sd card. Silahkan pilih yang kedua yaitu format sd card.

Lalu akan muncul notifikasi kembali untuk meyakinkan Anda apakah yakin akan melakukan penghapusan dan format dari USB Storage. Perlu diketahui bahwa apabila Anda sudah melakukan format dan penghapusan otomatis maka seluruh file yang disimpan di dalam SD Card Xiaomi Anda akan terhapus secara permanen. Apabila yakin lalu klik OK dan proses telah setelah.

Cara format kartu sd (sd card) Xiaomi sangat mudah untuk dilakukan. Silahkan praktikan beberapa langkah di atas. Hal yang perlu diingat proses menformat kartu SD ini bersifat permanen sehingga apabila terdapat data yang penting silahkan dilakukan back up terlebih dahulu.