Cara Ganti Tema Launcher Xiaomi yang Mudah dan Lengkap

Diposting pada

Cara ganti tema launcher Xiaomi yang mudah, untuk mengatasi kebosanan terhadap ponsel Android. Cara tersebut bisa dilakukan kapanpun dan gratis.

Ada beberapa  cara ganti tema launcher Xiaomi untuk mengatasi kebosanan pada smartphone Xiaomi. Caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Untuk lebih jelasnya, akan diulas lebih detail di bawah ini.

Sebelumnya, apa sudah mengerti apa itu launcher? Merupakan aplikasi golongan ketiga untuk smartphone android, yang digunakan untuk mengubah tema atau tampilan ponsel. Dengan menggunakan launcher, maka tampilan seperti widget, dan shotcut akan ikut berubah juga.

Aplikasi ketiga android ini berbeda dengan tema yang terdapat di smartphone biasa. Launcher akan merubah seluruh tampilan ponsel, mulai wallpaper, notification, bahkan font pun ikut berubah. Ada banyak jenis launcher yang bisa diunduh gratis, melalui GooglePlay Store atau situs-situs tertentu.

Cara Ganti Tema Launcher Xiaomi yang Mudah dan Lengkap

Daftar Tema Launcher yang Sering Diterapkan Pada Ponsel Xiaomi

Sebelum mengetahui cara ganti tema launcher Xiaomi, Anda harus tahu daftar tema launcher yang sering diterapkan oleh pengguna ponsel. Nah berikut ini daftar 4 tema launcher MIUI 9 yang sering diunduh.

1. iOS Alakadarnya v.11.2.1

Ingin punya tampilan ponsel Xiaomi yang mirip iOS? Terapkan saja tema launcher iOS Alakadarnya v.11.2.1 yang ada di GooglePlay Store. Tema ini memiliki tampilan seperti pengaturan, hingga pemutar music yang hampir mirip dengan yang dimiliki iOS. Bahkan posisi jamnya sama, yaitu berada di tengah.

2. Android Oreo Pro

Mengapa harus menggunakan launcher ini? Karena tak semua ponsel termasuk Xiaomi bisa merasakan OS Android versi ke-8 ini. Bahkan meski hanya menggunakan sebuah aplikasi, namun tampilan yang disuguhkan sangat mirip dengan tampilan yang dimiliki ponsel Android Oreo umumnya.

3. ONE +5T

Nah, jika Anda menginginkan tampilan smartphone yang lebih elegan dan modern, bisa menggunakan launcher ONE+5T yang ada di GooglePlay Store. Selain tampilan, aplikasi kembangan kk28.sharma ini juga dapat merubah tampilan WhatsApp Xiaomi akan mirip seperti yang ada di ponsel OnePlus 5T.

4. Dark iOS 11 Theme mBlack

Tampilan tema ini didesain 90% mirip dengan aslinya yang ada di ponsel iOS, mulai dari pengaturan, status bar, pemutar musik, hingga font pun ditampilkan sangat mirip. Namun agar letak jam ditengah, Anda harus mengunduh aplikasi Status bar pro yang hanya bisa dilakukan oleh ponsel Xiaomi after root.

5. Space and Dark

Merupakan tema launcher yang sudah dikembangkan hingga  beberapa kali, dan ini seri terbarunya. Space and Dark cocok buat pecinta warna gelap, namun memiliki desain modern. Berbeda dengan Thin UI Light, tema launcher ini memiliki bentuk ikon yang tak sederhana.

Cara Mengubah Default Launcher Menjadi Launcher Pihak Ketiga

Setelah Anda menentukan tema atau launcher apa yang ingin di terapkan, selanjutnya unduh secara gratis melalui GooglePla Store. Nah jika semua sudah selesai, saatnya menerapkan cara ganti tema launcher Xiaomi berikut ini.

  1. Cara ganti tema launcher Xiaomi pertama, ialah masuk ke menu pengaturan (Setting), dan cari menu Home screen
  2. Pilih menu Home screen, maka akan muncul beberapa pilihan seperti Default launcher, Fill empty cells, dan Lock Home screen layout
  3. Setelah itu klik atau tekan Default launcher, maka akan muncul beberapa daftar tema launcher yang telah diunduh.
  4. Terakhir, cara ganti tema launcher Xiaomi adalah memilih kotak dan tekan ok saja maka proses penggantian dari tema default menjadi launcher pihak ketiga akan berlangsung.

Cara Mengganti Launcher Xiaomi Menggunakan Fitur Tema

Cara ganti tema launcher Xiaomi menggunakan fitur tema, apa bisa? Ya, inilah keunikan smartphone Xiaomi, yang menjadikannya banyak diincar pengguna ponsel android. Lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu pengaturan (setting) pada ponsel Xiaomi atau bisa dengan memilih ikon ‘Theme’ di main menu
  2. Masuk di menu pengaturan, cara ganti tema launcher Xiaomi selanjutnya yaitu pilih Tema yang ada di sub menu Pribadi
  3. Setelah itu akan muncul banyak pilihan tema launcher, ada yang berbayar dan beberapa free. Pilihlah yang menurut Anda cocok atau sesuai dengan keinginan
  4. Sebelum menerapkan, Anda harus unduh terlebih dulu. Selanjutnya baru deh tekan Terapkan
  5. Langkah-langkah ganti tema launcher Xiaomi terakhir, yaitu menunggu hingga proses 100%, kemudian kembalikan ke menu awal/utama. Ponsel akan mengalami loading beberapa detik, untuk melakukan perubahan sesuai tema yang dipilih, selesai.

Cara Mengembalikan Default Launcher Xiaomi

Selain paham cara ganti tema launcher Xiaomi, Anda juga harus tahu bagaimana cara kembali ke default launcher saat mulai bosan dengan tampilan launchernya. Ada 2 cara untuk kembalik ke default launcher, salah satunya dengan menghapus aplikasi launcher yang telah diunduh sebelumnya. Caranya, masuk ke GooglePlay Store, pilih MyApps, kemudian cari aplikasi launcher yang ingin dicopot.

Nah, bagaimana mudah kan? Pengaplikasian cara ganti tema launcher Xiaomi. Pastikan tema yang dipasang sesuai dengan keinginan, dan usahakan pilih yang gratis. Jika sudah bosan, Anda bisa ganti tema launcher atau mengembalikannya ke default launcher semula.