Cara Ganti Warna Lampu LED Notifikasi pada Xiaomi dengan Mudah

Diposting pada

Melalui cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi ini Anda bisa mengganti layar lampu led sesuka hati. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi merupakan metode yang paling mudah untuk mengubah warna pada led sesuai dengan selera Anda. Fungsi pada warna lampu ini adalah untuk mempermudah Anda dalam membedakan pemberitahuan yang masuk pada masing-masing aplikasi.

Misalkan saja notifikasi untuk Facebook maka indikator LED menyalakan warna biru, kemudian untuk whatsapp berwarna putih, begitu juga dengan aplikasi-aplikasi lannya. Namun, karena bosan atau ketidakcocokan warna dengan keinginan pemiliknya maka banyak juga pengguna Xiaomi yang ingin melakukan kustomisasi pada lampu LED tersebut.

Oleh karena itu, di bawah ini sudah terangkum bagaimana cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa perlu kesulitan. Silahkan simak informasi berikut ini sampai habis.

Cara Ganti Warna Lampu LED Notifikasi pada Xiaomi dengan Mudah

Bisakah Mengganti Lampu Notifikasi LED Xiaomi

Banyak sekali pertanyaan mengenai bisa atau tidaknya mengganti warna lampu LED pada smartphone Xiaomi. Kenyataannya cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi memang sangat mungkin dilakukan.

Pada dasarnya Xiaomi sendiri sudah mendukung kustomisasi ini lewat MIUI jadi Anda bisa mengganti warna lampu sesuai dengan notifikasi dari masing-masing layanan yang Anda gunakan. Bila Anda tidak terbiasa mengotak-atik pengaturan telpon Anda pun bisa melakukan cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi ini lewat aplikasi pihak ke-tiga. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan dari google playstore, ukurannya pun sangat kecil dan tidak menyita ruang penyimpanan terlalu banyak.

Masing-masing metode tadi tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Misalnya saja untuk cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi yang dilakukan lewat MIUI. Karena kustomisasi dilakukan lewat pengaturan bawaan maka keamanan ponsel sangat terjamin serta tidak menimbulkan resiko apapun. Meskipun lebih aman untuk ponsel namun warna yang disediakan oleh pengaturan bawaan Xiaomi cukup terbatas.

Lain halnya jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki lebih banyak pilihan warna. Melalui aplikasi ini Anda bisa memilih warna kesukaan Anda yang bahkan tidak dimiliki oleh pengaturan bawaan. Tapi karena developer aplikasi ini bukan Xiaomi pastinya keamanan smartphone Anda tidak bisa dijamin dengan pasti

Maka dari itu artikel kali ini hanya akan membahas cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi menggunakan fitur dari MIUI. Meskipun pilihan warnanya tidak sebanyak pada aplikasi pihak ke-tiga, namun warna-warna dasar yang disediakan oleh MIUI cukup bila digunakan untuk 6 – 7 jenis pemberitahuan.

Cara Mengganti Warna LED Notifikasi Xiaomi

Cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi sangatlah mudah Anda hanya perlu mengikuti langkah yang akan dijelaskan dibawah secara urut dan benar. Untuk melakukannya pun tidak dibutuhkan persyaratan khusus seperti memakai custom ROM atau melakukan root. Karena Anda hanya perlu mengaksesnya melalui pengaturan ponsel.

1. Masuk Ke Menu Pengaturan

Langkah pertama, masuklah ke pengaturan ponsel kemudian pilih menu general.

2. Pilih Notification Light

Setelah Anda masuk ke bagian general setting, silahkan pilih menu yang bertuliskan Notification light. Disini Anda akan menemui segala pengaturan yang berkaitan dengan notifikasi led pada ponsel Xiaomi Anda.

3. Pilih Jenis Notifikasi yang Ingin diubah Warnanya.

Setelah masuk ke dalam menu Notification light maka Anda bisa melakukan sejumlah kustomisasi terhadap lampu LED, termasuk juga pengubahan warna untuk beberapa layanan seperti telpon, perpesanan, pengisian baterai, dan lain-lain. Kemudian silahkan Anda pilih jenis notifikasi yang akan Anda ubah warnanya.

4. Pilih Warna yang Anda Sukai

Bila sudah memilih notifikasi yang ingin diubah warnanya maka Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan warna bawaan LED dari MIUI. Warna tersebut seperti Biru, Violet, Putih, Cyan, Hijau, Kuning, dan Merah.

Tips Ganti Warna Lampu LED Notifikasi Xiaomi

Perlu diketahui cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi ini hanya bisa digunakan pada layanan biasa, dalam artian aplikasi tersebut memang tidak memiliki warna notifikasi bawaan untuk LED. Sedangkan untuk aplikasi sosmed dan chat seperti BBM, Whatsapp, Line, Facebook dan sejenisnya yang memang memiliki notifikasi LED bawaan maka warnanya tidak bisa diganti.

Kondisi ini terkadang membuat pengguna Xiaomi sering kebingungan karena aplikasi dengan layanan dari smartphone kerap menunjukkan warna  notifikasi yang sama. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan Tips ganti warna lampu LED notifikasi pada Xiaomi berikut ini.

Karena warna notifikasi aplikasi tidak bisa diubah maka mau tidak mau Anda harus merubah warna notifikasi layanan seperti telpon, perpesanan, dan sejenisnya dengan warna yang berbeda. Dengan begitu maka segala pemberitahuan yang masuk bisa diidentifikasi dengan mudah.

Itulah tadi cara ganti warna lampu led notifikasi pada Xiaomi menggunakan pengaturan bawaan dari MIUI. Dengan menggunakan pengaturan ini Anda tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi dari playstore, selain itu kustomisasi yang dilakukan lewat MIUI lebih mudah dan aman untuk smartphone kesayangan Anda.