Driver Printer Epson L210

Cara Instal Driver Printer Epson Tipe L210 Dengan Mudah

Diposting pada

Printer merupakan salah satu komponen penting untuk membantu mempermudah berbagai pekerjaan kantor seperti pencetakan dokumen, scanning, dan lain-lain. Pada umumnya di kantor-kantor, printer biasanya di setting pada personal computer atau PC, sehingga untuk mengeprintnya Anda hanya tinggal klik print dari computer dan printer akan langsung memproses dan mencetaknya. Namun bagaimana jika PC di kantor Anda tiba-tiba error sehingga tidak bisa melakukan print? Solusinya adalah melakukan print dari perangkat lain, baik itu dari laptop atau andoid. Jika sudah menggunakan laptop masih tidak print, perhatikan dulu apakah laptop Anda sudah menginstal drivernya atau belum. Jika belum, maka Anda harus menginstal drivernya terlebih dahulu. Untuk Anda yang menggunakan Epson L210 dan belum memiliki dirivenya, Anda bisa download driver printer Epson L210 di internet.

Cara Download Driver Printer Epson L210

Personal Computer di kantor memang sangat penting karena menyimpan semua dokumen penting kantor yang harus diprint. Namun, jika tiba-tiba computer yang Anda biasa gunakan di tempat kerja sedang error, maka Anda tidak bisa melakukan print dari computer tersebut. Sedangkan dokumen yang dibutuhkan tetap harus diprint. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu-satunya solusi terbaik adalah melakukan print dengan menggunakan perangkat lain seperti laptop.  Agar laptop Anda bisa digunakan untuk print, Anda memerlukan software driver printer Epson L210 yang original untuk diinstalkan terlebih dahulu di laptop Anda.

Sebelum menginstal software driver printer Epson L210, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Yang pertama adalah menyiapkan software drivernya baik itu yang sudah ada dalam CD room atau mencari aplikasi softwarenya di internet. Untuk mendapatkan driver yang original, Anda bisa mencari software originalnya di google. Pastikan untuk mendapatkan software driver printer Epson yang original dari situs yang terpercaya yang memiliki link yang jelas.

Karena banyak tempat-tempat yang menyediakan tautan link download yang membingungkan dan softwarenya tidak original. Cara mengetahui software driver printer Epson yang original dengan yang tidak adalah biasanya pada software yang bajakan, saat akan diinstal akan muncul box notifikasi yang meminta password password pada file RAR yang sudah didownload. Sedangkan software yang original tidak perlu ada konfirmasi password lagi.

Untuk mengunduh driver yang original, silahkan download driver printer Epson yang akan diarahkan ke google drive. Melalui link tersebut Anda akan mendapatkan file driver Epson L210 yang asli bukan yang kw. File hasil download adalah dalam bentuk RAR dan memiliki size sekitar 100Mb. Jika sudah didownload langkah berikutnya adalah mengekstraknya. Karena file yang didapatkan adalah yang asli maka Anda tidak perlu lagi memasukan password. Setelah itu langkah berikutnya adalah tinggal menginstalnya pada laptop Anda.

Cara Mudah install Driver Printer Epson L210

Setelah file drivernya sudah didownload, maka langkah selanjutnya adalah Anda tinggal melakukan proses instalasi softwarenya pada laptop. Agar proses instalasi berjalan dengan lancar pastikan untuk membaca setiap step-stepnya dengan hati-hati agar tidak ada yang terlewat. Berikut adalah langkah-langkah dan cara install driver printer Epson seri L210 dengan benar:

  • Jika sebelumnya Anda belum sempat mengekstrak file setelah mendownload driver printer Epson, maka Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu hingga filenya keluar dari folder. Cara mengekstraknya adalah dengan klik kanan pada file RAR yang tadi didownload kemudian pilih opsi “extract file here”, tunggu beberapa saat hingga muncul file berupa folder hasil ekstrak software driver printer.
  • Jika sudah diekstrak, langkah selanjutnya pilih file InstallNavi.exe yang ada di dalam folder hasil ekstrak tadi. Berikutnya, akan terdapat notif dalam box, dan centang box yang memiliki keterangan “ I agree to the license agreement” lalu klik next atau selanjutnya.
  • Sebelum mengklik perintah selanjutnya, pastikan tinta printer Anda sudah ditempatkan dengan benar dan dalam keadaan penuh. Jika tintanya ada yang hampir habis, isi ulang terlebih dahulu agar proses instalasi driver dapat dilakukan. Karena Anda tidak bisa menginstal driver dalam keadaan tinta yang kosong. Jika semuanya sudah siap, klik Next, dan berikutnya pilih opsi start & connection, lalu klik install di pojok kanan bawah.
  • Saat proses instalasi driver printer Epson sedang berlangsung, tunggu hingga benar-benar selesai. Jangan mengklik close saat sedang proses install untuk menghindari sistem error.
  • Jika proses instalasi driver printer Epson L210 sudah selesai, langkah selanjutnya adalah hubungkanlah printer dengan laptop yang sudah diinstalkan driver tadi. Setelah itu coba nyalakan printernya dengan menekan tombol on pada printer, tunggu hingga lampu printernya tidak berkedip. Setelah itu centang pada box yang berisi tulisan “ink charging is complete”, lalu klik Next.
  • Pastikan pula posisi pengunci tinta pada printer setting adalah “printer unlocked”. Jika sudah klik Next. Selesai. Sekarang Anda sudah bisa melakukan print dari laptop. Jika ingin menginstal software tambahan lainnya Anda bisa klik “menu” kemudian pilih opsi “additional software”.

Printer-printer yang ada di kantor biasanya memang sudah dipasangkan dengan PC yang ada di dekatnya. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda mengetahui jenis printer yang digunakan di kantor Anda dan menginstal drivernya. Hal ini dimaksudkan jika terjadi kerusakan atau error pada PC kantor, Anda tetap bisa melakukan print melalui perangkat lain dengan mudah. Dengan begitu pekerjaan Anda di kantor tidak akan terhambat karena masalah tidak bisa print.  Demikian beberapa langkah dan tutorial mengenai cara install driver printer Epson L210 dengan benar.