Cara Kirim Sticker di WhatsApp dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Diposting pada

Cara kirim sticker di WhatsApp tidak sulit karena penggunaannya hampir mirip dengan fitur emoji yang selama ini sudah akrab di kalangan pengguna WhatsApp.

Banyak orang yang masih awam soal masalah cara kirim sticker di whatsapp. Fitur sticker di aplikasi WhatsApp atau WA memang masih terbilang baru. Inilah mengapa masih banyak yang belum bisa menggunakan fitur sticker ini, apalagi untuk membuatnya sendiri.

Kalau kamu juga belum terlalu paham tentang penggunaan fitur sticker dan juga cara untuk membuat sticker ini, simak penjelasannya di bawah ini. Akan ada penjelasan detail tentang cara kirim sticker di whatsapp dan juga bagaimana cara membuatnya dengan mudah.

Cara Kirim Sticker di WhatsApp dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Bagaimana Cara Membuat Sticker di WhatsApp?

Sebelum menyimak bagaimana cara kirim sticker di whatsapp, cari tahu dulu bagaimana langkah-langkah pembuatan sticker ini. Sticker di WA bisa diunduh dari aplikasi, tapi juga bisa dibuat sendiri dengan menggunakan foto-foto galeri atau gambar-gambar lucu sesuai dengan keinginan.

Cara membuat sticker WA bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pembuat sticker. Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan sticker dengan menggunakan aplikasi Personal Stickers for Whatsapp dan dengan aplikasi Sticker Maker. Keduanya bisa diunduh secara gratis di PlayStore.

A. Menggunakan Aplikasi Personal Stickers for WhatsApp

Sebelum mencari tahu cara kirim sticker di whatsapp, cari tahu dulu cara membuatnya. Salah satu aplikasi terbaik untuk membuat sticker di WA adalah Personal Stickers for WhatsApp. Aplikasi ini sudah diunduh ribuan kali dan mendapatkan banyak review positif dari penggunanya. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan dulu gambar yang akan dijadikan sticker sudah siap di galeri karena aplikasi ini tidak menyediakan fitur editing. Berikut langkah-langkah pembuatan sticker dengan aplikasi ini.

  1. Download dan buka Aplikasi Personal Stickers for Whatsapp
  2. Tap pada pilihan “Add” untuk menambahkan sticker. Setidaknya kamu harus menambahkan tiga sticker di sini.
  3. Beri nama sticker pada kolom yang tersedia. Nama bisa bebas sesuai dengan selera kamu.
  4. Pilih sticker yang akan ditambahkan. Sticker yang bisa ditambahkan di sini harus memiliki format PNG atau webp.
  5. Akan ada popup bertuliskan “Would you like to add (nama sticker) to WhatsApp?” dengan pilihan “Cancel” dan “Add”. Pilih opsi “Add”.
  6. Masuk ke aplikasi WhatsApp dan cek pada kolom sticker. Jika semua langkah tadi sudah dijalankan dengan benar, maka sticker yang tadi ditambahkan dengan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp sudah ada di sana dan siap digunakan. Cara kirim sticker di whatsapp selanjutnya hanya tinggal memilih sticker yang diinginkan.
  7. Selesai

B. Menggunakan Aplikasi Sticker Maker

Jika kamu ingin mengedit gambar secara langsung dan menjadikannya sticker, aplikasi yang cocok untuk digunakan adalah aplikasi Sticker Maker. Dengan aplikasi ini, gambar atau foto bisa diedit (terutama dihilangkan background-nya) sehingga menjadi lebih mirip dengan sticker di aplikasi seperti Line. Berikut lagkah-langkah pembuatannya.

  1. Download dan buka aplikasi Sticker Maker.
  2. Pilih “Create a new stickerpack” yang ada di sebelah ikon tanda plus.
  3. Isikan namamu atau nama apapun yang kamu suka di kolom author atau pembuat. Isikan juga judul album sticker yang akan dibuat.
  4. Sekarang, klik pada judul album tadi.
  5. Untuk mulai membuat sticker, pilih gambarnya terlebih dahulu. Pilih sumber gambar, dari kamera atau dari galeri.
  6. Setelah gambar yang diinginkan muncul, hapus background gambar dengan cara mengusap jari pada bagian sticker yang diinginkan saja. Setelah selesai, cari opsi “Yes, save my sticker” kemudian pilih opsi tersebut.
  7. Isi album sticker dengan setidaknya 3 buah sticker. Kemudian, pilih opsi “Add to Whatsapp”.
  8. Jika ada popup bertuliskan “Would you like to add (nama album) to Whatsapp?” dengan pilihan “Cancel” dan “Add”, pilih yang “Add” untuk mengimpor album sticker tadi ke aplikasi WA.
  9. Untuk cara kirim sticker di whatsapp yang baru dibuat, buka aplikasi WA. Cek bagian sticker. Jika nama album sticker yang baru saja dibuat dengan aplikasi Sticker Maker sudah terimpor dengan benar, maka sticker siap digunakan saat berkirim pesan.
  10. Selesai

Bagaimana Cara Mengirim Sticker di WhatsApp?

Karena sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara membuat sticker untuk aplikasi WA, maka sekarang kamu harus tahu cara kirim sticker di whatsapp. Caranya ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Cara mudah kirim sticker di whatsapp, mulai dengan membuka aplikasi WhatApp yang ada di HP.
  2. Masuk ke grup atau ke kontak orang yang akan dikirimi sticker.
  3. Cari ikon kertas setengah terlipat. Ikon ini ada di sebelah ikon GIF dan juga ikon Emoticon. Klik ikon kertas setengah terlipat tersebut.
  4. Akan ada beberapa pilihan album sticker yang muncul. Cara kirim sticker di whatsapp bisa dimulai dengan memilih album sticker yang kamu akan kirimkan.
  5. Setelah album terbuka, ada beberapa sticker di situ. Pilih sticker mana yang akan dipilih. Sticker akan otomatis masuk ke dalam pesan WA.
  6. Selesai

Kesimpulannya, baik cara membuat ataupun cara kirim sticker di whatsapp bisa dilakukan dengan mudah. Dengan bantuan aplikasi pembuat sticker, gambar apapun bisa digunakan sebagai sticker dan meramaikan serunya bertukar pesan di WhatsApp.