Cara Lihat IP Address HP Android

Apa Itu IP Address dan Bagaimana Cara Lihat IP Address HP Android

Diposting pada

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lain di dunia. Agar komputer-komputer yang saling terhubung ini bisa berkomunikasi, dibutuhkan alamat yang berfungsi sebagai identitas atau pengenal. Alamat atau pengenal inilah yang lebih umum dikenal dengan nama IP Address. Begitu pentingnya peran dari IP Address ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa melihat alamat IP Address, baik miliknya sendiri atau milik orang lain. Bagaimana sih cara lihat IP address dari perangkat kita? Berikut adalah penjelasannya.

Mengapa Harus Mengetahui Cara Lihat IP Address?

Sebelum mengetahui cara lihat IP Address dari berbagai perangkat, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu IP Address dan apa fungsi dari IP Address ini. Internet Protocol (IP) address adalah identitas atau alamat yang berupa deretan angka yang diberikan pada satu perangkat supaya perangkat tersebut dapat melakukan komunikasi dengan perangkat lainnya. Deretan angka tersebut terdiri dari 4 blok bilangan desimal namun nilainya sangat terbatas, yaitu hnya dari 0-225 saja. IP address ini harus bersifat unik agar nantinya tidak terjadi ke salah saat pengiriman data.

Alamat IP atau IP address baik pada perangkat komputer maupun perangkat android ini sebaiknya disembunyikan. Ada beberapa alasan kenapa alamat IP ini harus disembunyikan. Misalnya, yang pertama adalah karena dengan alamat IP pada perangkat yang Anda gunakan, lokasi Anda pun bisa dilacak. Inilah kenapa banyak orang yang juga belajar cara lihat IP address baik dari perangkat android maupun perangkat lainnya. Tujuannya untuk bisa melacak keberadaan geografis pemilik perangkat tersebut.

Alasan kedua kenapa Anda harus menyembunyikan alamat IP adalah agar aktivitas online Anda bisa tetap tersembunyi. Dengan menyembunyikan alamat IP, saat melakukan aktivitas online, tidak akan ada hacker atau penyusup yang akan mengetahuinya. Hal tersebut karena Anda menggunakan alamat IP palsu yang akan membuat alamat IP asli Anda tetap terjaga keamanannya. Bagi oknum yang tidak bertanggung jawab, mudahnya mengetahui cara lihat IP address bisa-bisa dimanfaatkan untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Karena itu Anda wajib menyembunyikan alamat IP perangkat Anda.

Alasan selanjutnya kenapa Anda harus menyembunyikan alamat IP berikut ini mungkin sedikit menguntungkan. Alasan inilah yang biasanya juga banyak melatarbelakangi orang-orang untuk belajar cara lihat IP address, yaitu agar bisa membuka situs-situs yang sedang diblok karena adanya aturan atau regulasi yang berbeda di setiap negara. Dengan menyembunyikan alamat IP, Anda bisa membuka situs-situs yang biasanya ditutup atau diblok atau hanya bisa diakses di negara-negara tertentu ini.

Langkah Mudah Cara Lihat IP Address HP Android, Siapapun Bisa

Nah, setelah mengetahui alasan-alasan kenapa Anda harus menyembunyikan alamat IP atau IP address perangkat Anda di atas, mungkin Anda juga harus mengetahui cara lihat IP address perangkat orang lain yang disembunyikan. Hal ini bisa Anda lakukan asal dengan tujuan yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara lihat IP address hp android yang bisa Anda terapkan sendiri.

1. Melalui Aplikasi Browsing

Cara lihat IP address pertama dan paling mudah dilakukan adalah melalui aplikasi browsing pada perangkat Anda. Dalam hal ini adalah hp android yang Anda gunakan. Aplikasi browsing yang umumnya digunakan adala Google Chrome. Cara melihatnya pun mudah. Pertama cukup ketik saja alamat locallhost.com pada kolom halaman situs mesin pencarian Anda. Ketika Anda ketik enter atau cari, maka secara otomatis alamat IP Anda akan muncul di layar perangkat Anda.

2. Melalui Pengaturan di Perangkat Android

Selanjutnya cara lihat IP address juga bisa Anda lakukan dengan mudah melalui perangkat android Anda. Caranya adalah dengan melihat di pengaturan perangkat Android Anda. Langkah melihatnya adalah sebagai berikut. Pertama, masuk ke menu pengaturan, jika sudah pilih menu WiFi. Pada menu WiFi ini akan ada beberapa sub menu yang tampak jika Anda masuk. Setelah masuk ke menu WIFi, aktifkan WiFi Anda dengan cara menggeser tab pengaktifan Wifi. Setelah mengaktifkan WiFi, pilih menu tambahan dengan simbol titik 3 yang berada di pojok kanan atas layar. Saat menu ini Anda pilih, akan muncul beberapa menu tambahan di bawahnya. Pilih saja menu ‘Lanjutan’. Setelah Anda pilih menu tersebut, maka akan ditampilkan menu-menu pengaturan lanjutan untuk WiFi, nah, alaman IP Anda juga akan tercantum disini.

3. Melalui Aplikasi MyIP

Metode atau cara lihat IP address HP android yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi MyIP. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Playstore. Unduh aplikasi ini dan jangan lupa menginstal atau memasangnya di perangkat Anda. Jika sudah terpasang, buka aplikasinya. Ketika Anda membuka aplikasi ini, maka pada tampilan di layar Anda akan langsung ditampilkan alamat IP yang Anda gunakan. Meskipun cara ini juga tergolong sangat mudah, namun tidak banyak yang menggunakan cara ini karena harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang apa itu alamat IP, mengapa Anda harus menyembunyikan alamat IP Anda dan bagaimana cara melihat alamat IP Anda sendiri. Menyembunyikan alamat IP Anda sendiri memang sangat penting untuk menghindari dari penggunaan alamat IP untuk penggunaan yang tidak bertanggung jawab. Namun, Anda juga suatu waktu membutuhkan alamat IP Anda sendiri. Jika Anda tidak tahu alamat IP perangkat Anda, tak perlu khawatir karena ada cara lihat IP address yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. 3 cara di atas adalah cara melihat alamat IP Anda sendiri yang mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh siapapun.