Cara Masuk Menu Updater MIUI 9 Ketika Shortcut Updater Hilang

Diposting pada

Pengguna HP Xiaomi terutama yang menggunakan MIUI 9, berikut ini adalah cara masuk menu updater di MIUI 9 yang mudah. Tak perlu khawatir kalau shortcut updater Anda menghilang.

Pertanyaan terkait bagaimana cara masuk menu updater di MIUI 9 memang tak jarang dijumpai. Hal ini karena pada versi terbaru MIUI 9 ini, shortcut untuk updater ternyata tidak akan pengguna temukan di menu Tools seperti pada versi MIUI yang lebih lama.

Cara Masuk Menu Updater MIUI 9 Ketika Shortcut Updater Hilang

Benarkah Updater Menghilang di MIUI 9?

Pertanyaan ini mungkin pernah ditanyakan oleh Anda pengguna ponsel Xiaomi yang menggunakan ROM MIUI. Terutama Anda pengguna Xiaomi yang sudah mengupdate ROM nya menjadi MIUI versi 9. Bukan tanpa sebab, karena memang menu updater ini tidak lagi ditemukan di shortcut menu yang biasanya terletak di dalan menu Tools.

Pertanyaannya apakah menu updater ini benar-benar hilang? Tentu saja tidak. Menu updater ini tidak hilang, namun hanya shortcut atau jalan pintasnya saja yang tidak lagi ditampilkan di tampilan utama. Karena sudah tidak ditampilkan di tampilan utama, maka dari itu pengguna harus tahu bagaimana cara masuk menu updater di MIUI 9 ini.

Fungsi Updater

Bagi pengguna Xiaomi pasti sudah tidak asing dengan menu ini. Menu ini adalah menu yang memiliki fungai penting bagi pengguna Xiaomi. Updater ini memiliki beberapa fungsi seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Mengecek Pembaruan MIUI

Sebelum mengetahui bagaimana cara masuk menu updater MIUI 9, pengguna ponsel Xiaomi juga harus tahu apa fungsi dari updater ini. Fungsi pertama adalah untuk mengecek update dan pembaruan pads MIUI. Dari updater ini pengguna akan tahu jika ada versi MIUI terbaru yang bisa dipasang pada ponselnya.

2. Update ROM Offline

Updater tidak hanya berfungsi untuk melakukan update secara online, menu updater ini juga berfungsi untuk melakukan update secara manual tanpa menggunakan jaringan internet. Ketika melakukan update ROM secara online, Anda akan membutuhkan adanya koneksi internet yang stabil agar proses update bisa berjalan dengan lancar.

Berbeda dengan ketika Anda melakukan update secara offline. Anda memang tidak akan membutuhkan adanya koneksi internet, namun ada beberapa prosedur dan tahap yang harus Anda ikuti.

3. Untuk Mengakses Recovery Mode

Fungsi lain yang tak kalah penting dari menu updater ini adalah untuk mengakses recovery mode. Recovery mode ini akan sangat dibutuhkan untuk mengatasi beberapa permasalahan pada ponsel Anda. Inilah mengapa sangat penting bagi pengguna Xiaomi untuk mengetahui bagaimana cara masuk menu updater MIUI 9.

Bagaimana Cara Masuk Menu Updater MIUI 9?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menu updater merupakan menu yang memiliki peran dan fungsi di dalam ponsel Xiaomi. Updater ini akan memberikan info terbaru tentang pembaruan atau update dari MIUI. Dari updater ini jugalah Anda bisa melakukan pembaruan ROM yang Anda gunakan, baik secara online maupun offline.

Fungsi yang tak kalah penting adalah ketika Anda mengalami masalah pada sistem di ponsel Anda, seperti mengalami bootlop, error pada beberapa aplikasi, atau masalah lainnya, Anda bisa mengatasinya dengan mudah melalui recovery mode. Nah, recovery mode ini juga bisa Anda akses melalui updater.

Untuk bisa membuka dan masuk ke menu updater MIUI 9, ada tips masuk menu updater di MIUI 9 mudah yang bisa Anda gunakan. Tips atau cara masuk menu updater MIUI 9 ini akan membantu Anda masuk ke menu updater lebih mudah dan cepat.

1. Masuk ke Menu Settings

Langkah pertama dari cara masuk menu updater MIUI 9 ini adalah dengan masuk ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’. Menu ini pasti ada di setiap ponsel. Untuk ponsel Xiaomi biasanya ada di tampilan awal layar, Anda akan langsunv dihadapkan pada menu Settings.

2. Pilih Menu ‘About Phone’

Di dalam menu ‘Settings’ ini Anda akan menemukan banyak pilihan untuk pengaturan ponsel Anda. Untuk cara masuk menu updater MIUI 9, Anda harus masuk ke menu ‘About Phone’. Scroll down pada menu Settings ini hingga paling bawah. Nah, di bagian paling bawah inilah letak menu ‘About Phone’ berada.

3. Pilih Opsi ‘System Update’

Setelah masuk ke menu ‘About Phone’ langkah selanjutnya dari cara masuk menu updater MIUI 9 adalah pilih pada opsi ‘System Update’. Pada beberapa ponsel, opsi ‘System Update’ ini berada di bagian paling bawah tampilan layar dengan ikon tanda panah ke atas. Klik pada opsi tersebut agar Anda dialihkan ke menu Updater.

Bagi pengguna ponsel Xiaomi yang menggunakan ROM berjenis MIUI, menu updater adalah menu yang memiliki fungsi sangat penting. Dari menu ini, pengguna bisa melakukan berbagai update untuk ROM MIUI yang digunakannya. Namun, pengguna MIUI versi terbaru sedikit dibingungkan karena tidak adanya shortcut updater ini di menu utama tampilannya. Anda tak perlu khawatir karena menu updater ini tidak sepenuhnya menghilang. Anda bisa memanfaatkan cara masuk menu updater MIUI 9 yang sudah dijelaskan di atas.