Cara Masuk Mode EDL Xiaomi dengan Lengkap dan Aman

Diposting pada

Bagaimana cara masuk mode edl xiaomi? Semua caranya sudah tersedia di sini, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang diterangkan pada pembahasan berikut ini.

Mengingat banyaknya pengguna xiaomi di tanah air, maka cara masuk mode edl xiaomi pasti akan sangat berguna untuk melakukan flashing tanpa harus meminta bantuan orang lain.  Flashing merupakan metode untuk mereset semua data dan pengaturan hp xiaomi hingga kembali ke settingan awal. Terdapat beragam alasan kenapa flashing ini dilakukan, salah satunya  karena pengguna melakukan kustomisasi pada smartphone mereka. Setelah melakukan pengubahan pada perangkat internal hp terutama ROM, akan dibutuhkan pemrograman ulang supaya hp dapat digunakan.

Namun, kebanyakan vendor ROM biasanya menjaga memori yang terpasang pada smartphone dengan sistem locked bootloader supaya ROM buatan mereka tetap terpasang. Dengan kondsi sistem yang terkunci tentunya ponsel Anda tidak bisa melakukan flashing dengan fastboot biasa, dan disinilah cara masuk mode edl xiaomi dapat Anda andalkan.

Cara Masuk Mode EDL Xiaomi dengan Lengkap dan Aman

Pengertian EDL

Sebelum memulai cara masuk mode edl xiaomi tentunya Anda harus mengetahui terlebih dulu apa yang dimaksud dengan EDL. Merupakan singkatan dari Emergency Download, sesuai namanya mode ini dapat membantu Anda melakukan flashing saat ponsel terkunci. Sayangnya masih banyak yang belum mengenal bagimana cara untuk memasuki dan menggunakan mode EDL ini.

Walaupun terdapat metode yang lebih mudah namun ponsel xiaomi haruslah dalam keadaan unlocked bootloader. Jadi saat melakukan flashing kemudian smartphone xiaomi Anda mengalami brick dan unbrick lewat ADB, maka Anda bisa memakai jalan alternatif ini. Terlebih lagi cara masuk mode edl xiaomi sangat lancar digunakan pada ponsel yang berprocessor Qualcomm Snapdradon.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. PC atau laptop yang memakai OS windows 7,windows 8, atau windows 10.
  2. Kabel data bawaan xiaomi atau yang memiliki ukuran port sejenis
  3. Software driver Mi PC Suite
  4. Software ADB driver fastboot

Cara Masuk Ke Mode EDL Xiaomi

A. Menggunakan Tombol Hardware

Cara masuk mode edl xiaomi yang pertama sangatlah mudah Anda bisa melakukannya lewat tombol ponsel.

1. Matikan Perangkat

Pertama matikan ponsel Anda dengan menekan tombol power

2. Hubungkan Ponsel Dengan PC

Sebelum melakukan langkah ini tekan terlebih dulu kombinasi antara volume up dan tombol power. Jadi jangan langsung dihubungkan dengan kabel usb, namun tekan dulu tombol sesuai yang diinstruksikan, baru setelah itu langsung hubungkan dengan kabel USB. Jika Anda berhasil masuk ke mode EDL xiaomi maka lampu LED pada ponsel Anda akan menyala berwarna merah.

B. Menggunakan Fastboot ADB

1. Matikan Ponsel

Ca ra masuk mode edl xiaomi menggunakan mode fastboot ini pastikan ponsel Anda dalam keadaan off, serta memiliki daya baterai yang cukup.

2. Hubungkan Dengan PC

Setelah ponsel mati tekanlah kombinasi tombol power dan volume down secara bersamaan. Kemudian sambungkan dengan kabel USB yang sudah terhubung ke PC.

3. Buka ADB Driver Fastboot

Selanjutnya buka ADB Driver Fastboot yang berada di C:\adb\a lalu kombinasikan tombol di keyboard Anda dengan menekan Shift dan klik kanan. Setelah itu pilih Open Command Window Here.

4. Jalankan Perintah

Setelah mengikuti langkah-langkah tadi yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menglik fastboot oem edl. Kini perangkat Anda sudah masuk ke mode EDL dan siap digunakan untuk melakukan flashing.

C. Menggunakan Fastboot ADB Tanpa Mematikan HP

Trik masuk mode edl xiaomi ini sebenarnya hampir sama dengan poin sebelumnya, namun pada cara masuk mode edl xiaomi ini Anda tidak perlu mematikan ponsel Anda dan bisa melakukan flashing dengan kondisi perangkat yang masih nyala.

1. Buka Pengaturan

Masuklah ke menu pengaturan ponsel kemudian pilih layanan about phone

2. Lakukan Klik Pada MIUI Version

Setelah berada di layanan about phone silahkan klik secara cepat tulisan MIUI version sebanyak 5 kali. Apabila Anda berhasil mengakses menu rahasia ini maka akan muncul notifikasi yang bertuliskan “Now You Are Developer”

3. Masuk Ke Menu Additional Setting

Selanjutnya silahkan kembali ke menu setting dan masuklah ke menu additional setting, pastikan juga bahwa menu OEM unlocking dan USB debugging telah menyala.

4. Hubungkan Ponsel Dengan PC

Kini saatnya menghubungkan perangkat Anda dengan kabel USB ke PC atau laptop, apabila mucul tulisan allow USB debugging silahkan klik OK.

5. Buka Direktori ADB

Setelah ponsel Anda terhubung dengan perangkat komputer maka bukalah direktori ADB yang berada di C:\adb\.

6. Jalankan Perintah

Apabila Anda sudah membuka direktori ADB, cara masuk mode edl xiaomi yaitu pencet shift dan klik kanan pada perangkat Anda, lalu pilih Open Command Window Here. Jika sudah masuk ke command promp ketikkan perintah adb reboot edl lalu tekan enter.

Demikianlah bagaimana cara masuk mode edl xiaomi, dengan mengikuti langkah-langkah tadi secara urut dan benar maka bisa dipastikan Anda dapat memasuki mode EDL xiaomi. Cara ini pun sudah terbukti kompatibel dengan beberapa perangkat xiaomi yang sering digunakan saat ini.