Cara Masuk Mode Fastboot di Hp Xiaomi dengan Mudah

Diposting pada

Ini adalah cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi. Bagi Anda yang hobi memaksimalkan fungsi smartphone, simak beberapa informasi berikut.

Cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi adalah salah satu cara untuk memaksimalkan serta memodifikasi kemampuan smartphone Anda. Cara ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Meskipun pengetahuan Anda awam, Anda dapat melakukan cara ini dengan mudah.

Smartphone merupakan gawai yang hampir tak dapat dipisahkan dari manusia pada zaman ini. Berbagai macam fitur disajikan bagi penggunanya untuk membantu menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Mulai dari alarm bangun, aplikasi  pengatur keuangan, jadwal pengingat, dan lain sebagainya terpasang berjejer di layar smartphone Anda.

Terkadang, smartphone Anda tidak mampu menampung fitur-fitur yang Anda pasang dikarenakan memori yang terbatas. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mempraktikkan tips mudah masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi berikut ini.

Cara Masuk Mode Fastboot di Hp Xiaomi dengan Mudah

Mengenal Fastboot

Istilah Fastboot mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Istilah Fastboot diartikan sebagai mode tersembunyi yang ada pada android. Fastboot biasanya difungsikan untuk berbagai macam kegiatan seperti update, mengganti Read-only Memory (ROM), downgrade, serta flashing smartphone. Mode Fastboot ini juga salah satunya terdapat pada handphone Xiaomi.

Bagaimana Keamanan Menggunakan Fastboot?

Cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi termasuk cara yang aman bagi para penggunanya. Mode ini memang telah tersedia bagi seluruh pengguna agar dapat melakukan beberapa kegiatan pada smartphone dengan mudah. Kegiatan ini diantaranya seperti pergantian ROM ke pihak ketiga seperti MIUI atau pihak lainnya.

Untuk melakukan cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi, pertama-tama kita diharuskan untuk mengunlock Bootloader. Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk mengunlock Bootloader.

Langkah-langkah tersebut diantaranya seperti login pada situs Xiaomi dengan menggunakan akun MIUI, melakukan verifikasi, dan selanjutnya mengunlock Bootloader. Jika Anda sudah melakukan UBL, maka Anda bisa langsung melakukan cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi serta dengan leluasa melakukan aktivitas Fastboot seperti update, downgrade, maupun flashing smartphone.

Mengenal Unlock Bootloader (UBL)

Seperti definisi bahasa inggrisnya, UBL merupakan suatu proses untuk membuka kunci pada Bootloader. Tujuannya adalah untuk melakukan aktivitas mode Fastboot yakni updating, dan lain sebagainya.

Pada smartphone Xiaomi versi lama, Anda bisa mengganti ROM sesuai dengan ROM yang Anda inginkan. Sementara itu, hal ini tidak terjadi pada smartphone Xiaomi versi baru. Anda diharuskan melakukan beberapa langka yang salah satunya adalah UBL.

Cara Masuk Mode Fastboot di Hp Xiaomi

Jika Anda telah yakin bahwa UBL yang Anda lakukan berhasil. Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal masuk ke mode Fastboot. Berikut ini ada beberapa cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi.

A. Menekan Tombol Volume Up dengan Tombol Power Secara Bersamaan

Cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi yang pertama dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Anda harus mematikan Hp Xiaomi Anda. Tekan tombol power beberapa saat hingga Hp Anda mati.
  2. Jika Hp Anda sudah dalam keadaan mati, tekanlah tombol volume up dengan tombol power secara bersama-sama dalam beberapa saat. Anda akan merasakan getaran pada Hp Anda yang menandakan Hp Anda akan menampilkan menu Fastboot.
  3. Pada kotak dialog yang muncul, pilih menu Fastboot.
  4. Setelah mengklik menu Fastboot, layar Hp Anda akan menampilkan gambar robot yang tengah memperbaiki android. Ini menandakan bahwa mode Fastboot telah berhasil diakses.

B. Menekan Tombol Volume Down dengan Tombol Power Secara Bersamaan

Cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi ini lebih singkat dan mudah dibandingkan dengan cara yang pertama, yakni sebagai berikut.

  1. Sama dengan cara yang pertama, Anda harus mematikan terlebih dahulu Hp Anda. Tekan tombol power beberapa saat hingga Hp Anda benar-benar mati.
  2. Setelah itu, tekanlah tombol volume down dengan tombol power secara bersama-sama selama beberapa saat.
  3. Jika Anda sudah merasakan getaran, Hp Anda akan langsung memunculkan gambar robot tengah memperbaiki android yang menunjukkan bahwa Anda telah masuk ke mode Fastboot.

Beberapa Kesalahan Umum yang Sering Terjadi Ketika Fastboot

Dalam melakukan kedua cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi, sering terjadi kesalahan yang cukup fatal. Sebelum masuk ke mode Fastboot, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengunlock Bootloader.

Seperti yang telah dijelaskan, UBL ini penting untuk pengguna agar bisa melakukan kegiatan Fastboot dengan lancar. Namun begitu, pengguna Hp Xiaomi terkadang lupa untuk melakukan UBL ini, sehingga akibatnya adalah tidak bisa melakukan aktivitas Fastboot dengan semestinya.

Aktivitas Fastboot yang dijalankan akan mengalami kegagalan sehingga Anda tidak akan bisa melakukan update atau apapun. Untuk keluar dari mode Fastboot juga terkadang menjadi sulit. Anda harus mengetahui cara untuk keluar dari mode Fastboot tersebut.

Sekian adalah pembahasan mengenai cara masuk mode Fastboot di Hp Xiaomi. Anda tinggal memilih cara yang paling mudah Anda gunakan untuk menggunakan mode ini.