Cara Masuk Recovery Mode di HP Xiaomi dengan Cepat dan Mudah

Diposting pada

Pengguna Xiaomi harus tahu cara masuk recovery mode di HP Xiaomi yang mudah dan cepat untuk memudahkan perbaikan ketika ponsel Anda mengalami berbagai masalah.

Untuk beberapa kebutuhan, pengguna Xiaomi harus tahu bagaimana cara masuk recovery mode di HP Xiaomi. Pengguna ponsel Xiaomi yang menggunakan ROM berjenis MIUI mungkin sedikit diuntungkan karena bisa melakukan modifikasi pada ROM yang digunakannya. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus tahu bagaimana masuk recovery modeĀ  HP Xiaomi.

Xiaomi yang menggunakan ROM MIUI memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa perubahan pada ROM yang digunakannya. Perubahan yang dilakukan ini entah untuk melakukan update atau downgrade pada ROM yang digunakannya. Salah satu caranya adalah melalui recovery mode. Nah, sebelum mulai mempelajari bagaimana cara masuk recovery mode di HP Xiaomi, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu recovery mode.

Cara Masuk Recovery Mode di HP Xiaomi dengan Cepat dan Mudah

Apa Recovery Mode Itu?

Sebelum mulai belajar cara masuk recovery mode di HP Xiaomi, Anda harus tahu apa itu recovery mode. Recovery mode ini adalah mode yang pasti ada di setiap ponsel berbasis android. Mode ini juga terdapat di dalam ponsel Xiaomi.

Dengan mode ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perubahan, baik untuk mengupdate, mengganti ataupun melakukan downgrade ROM yang digunakannya. Recovery mode ini tidak hanya digunakan untuk melakukan perubahan pada ROM saja, namun juga bisa menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan lain yang terjadi pada ponsel Anda.

Dalam hal ini, banyak yang menggunakan cara masuk recovery mode di HP Xiaomi adalah untuk melakukan perubahan pada ROM yang digunakannya. Ada beberapa alasan mengapa pengguna ponsel harus melakukan update pada ROM nya.

Alasan paling sering pengguna masuk ke recovery mode biasanya adalah karena ada aplikasi yang mengalami error. Aplikasi yang error itu terlalu parah hingga menyebabkan bootlop. Hal ini karena biasanya pengguna melaksanakan untuk menginstal aplikasi tertentu yang tidak kompatible dengan jenis ponselnya.

Selain itu, pengguna ponsel Xiaomi juga sering menerapkan password atau PIN untuk mengakses ponselnya agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Sayangnya, tak jarang pengguna lupa dengan password atau PIN yang digunakan sebagai kode akses tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna harus masuk ke recovery mode.

Ketika mengalami masalah seperti yang disebutkan di atas, maka solusi paling tepat adalah dengan cara masuk ke recovery mode di HP Xiaomi dan mengganti ROM yang Anda gunakan sebelumnya. Untuk itulah Anda harus tahu bagaimana cara masuknya.

Cara Masuk Ke Recovery Mode di HP Xiaomi

Sebelum belajar bagaimana cara masuk ke recovery mode di HP Xiaomi, hal lain yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah pastikan HP Anda sudah melalui proses Unlock Bootloader. Jika sudah, baru Anda bisa melakukan prosedur untuk masuk ke recovery mode. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol dan melalui System Update. Berikut adalah penjelasannya.

A. Masuk Ke Recovery Mode dengan Kombinasi Tombol

Cara masuk ke recovery mode di HP Xiaomi yang pertama adalah melalui kombinasi tombol. Kombinasi tombol ini adalah cara masuk ke recovery mode paling umum yang juga digunakanĀ  semua jenis dan merek ponsel.

1. Matikan Dulu Ponsel Anda

Langkah pertama masuk ke recovery mode dengan kombinasi tombol ini adalah mematikan ponsel Anda terlebih dahulu. Jika tidak mematikan ponsel Anda, maka Anda tidak akan bisa masuk ke recovery mode. Caranya tekan tombol power, lalu pilih ‘Power Off’.

2. Tekan Tombol Power + Volume Up

Setelah ponsel Anda sudah mati, langkah selanjutnya dari cara masuk ke recovery mode di HP Xiaomi adalah tekan tombol power dan tombol power up secara bersamaan sampai ada getaran. Setelah itu Anda akan masuk ke recovery mode dengan lambang robot. Itu artinya Anda sudah masuk ke recovery mode.

B. Masuk ke Recovery Mode melalui System Update

Selanjutnya untuk cara masuk ke recovery mode di HP Xiaomi juga bisa dilakukan melalui system update. Cara masuknya juga berbeda untuk setiap versi MIUI. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Pilih Menu Updater

Untuk masuk ke recovery mode melalui system update ini, Anda harus masuk ke menu ‘Updater’ terlebih dahulu. Cara ini hanya berlaku jika Anda menggunakan MIUI seri dibawah MIUI 9. Jika ponsel Anda menggunakan MIUI9 dan versi di atasnya maka akan berbeda caranya.

2. Pilih Menu ‘Reboot to Recovery’

Langkah selanjutnya adalah pilih ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas. Setelah memilih, akan ada beberapa opsi yang ditampilkan. Pilih opsi ‘Reboot to Recovery’. Maka selanjutnya Anda akan langsung dialihkan ke recovery mode.

Itulah tadi beberapa cara masuk ke recovery mode di HP Xiaomi yang bisa Anda lakukan. Dengan beberapa cara ini Anda bisa masuk ke recovery mode dengan mudah untuk melakukan perubahan pada ROM yang Anda gunakan, baik itu update ataupun downgrade.