Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram dengan Mudah

Diposting pada

Ingin tau bagaimana cara membuat link WhatsApp di instagram? Cara untuk melakukannya sangat mudah, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara membuat link WhatsApp di instagram sangat praktis digunakan oleh Anda yang menggiati bisnis secara online. Sebagai sosmed yang paling hits di Indonesia kehadiran insatagram kerap dimanfaatkan untuk kegiatan jual-beli. Hal ini tak lain karena instagram memiliki potensi yang terbilang tinggi untuk digunakan sebagai sarana pemasaran.

Terbukti dengan banyaknya selebgram maupun tokoh lainnya yang kerap diberi endorsemen untuk memasarkan produk-produk tertentu. Belum lagi dengan jumlah pengguna internet yang semakin berkembang akan membuat media sosial yang satu ini sebagai lahan promosi digital yang sangat efektif.

Bagi Anda yang tertarik untuk memasarkan bisnis lewat IG tentunya Anda harus mencantumkan kontak yang selalu standby dan mudah dihubungi, misalnya saja WhatsApp. Daripada Anda menuliskan nomor di profil instagram, akan lebih mudah bagi para pelanggan untuk mengaksesnya melalui link WhatsApp. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan seperti apa cara mudah membuat link WhatsApp di Instagram.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram dengan Mudah

Apa Kegunaan Memasang Link WhatsApp di Instagram?

Dengan adanya cara membuat link WhatsApp di instagram ini pastinya akan berguna bagi akun bisnis instagram Anda. Link tersebut dapat Anda gunakan sebagai tautan yang terhubung langsung menuju nomor WhatsApp Anda. Dengan demikian konsumen akan lebih mudah dalam melakukan order. Hal ini pun cukup menguntungkan mengingat WhatsApp memiliki notifikasi yang selalu dapat diandalkan.

Melalui cara membuat link WhatsApp di instagram ini para pelanggan dapat mengirim pesan secara instan, pelanggan juga dapat mengirimi Anda pesan secara otomatis tanpa harus menyimpan nomor Anda. Misalkan saja toko online Anda bergerak di jual-beli sepatu maka contoh dari pesan otomatis yang dapat dikirimkan pelanggan seperti pada contoh berikut:

Sepatunya ready?

Saya mau order sepatu, dan lain sebagainya

Dengan kepraktisan yang ditawarkannya cara membuat link WhatsApp di instagram tersebut pastinya akan membuat akun bisnis isntagram Anda ramai dikunjungi. Melalui kemudahan tersebut orang yang mengunjungi toko Anda pun akan tertarik untuk membeli produk Anda.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Cara membuat link WhatsApp di instagram cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti instruksi berikut ini dengan benar supaya link yang nantinya Anda pasang di IG berhasil mengirimkan pesan otomatis.

Tautan : https://api.WhatsApp.com/send?phone=NomorHP&text=IsiPesan

Titik Dua : %3A

Enter : %0A

Spasi : %20

Copy tautan tersebut kemudian isikan nomor HP Anda sesuai dengan kontak yang akan Anda gunakan. Selanjutnya jangan lupa untuk menyediakan pesan otomatis bagi para pelanggan. Untuk memindahkan tulisan Anda bisa menggunakan spasi atau simbol lainnya silahkan pakai kode yang diawali dengan %. Sehingga jika nomor yang digunakan adalah 08112233444 dengan isi pesan Halo sis, aku order sepatunya Nama pemesan:Jumlah, maka hasil yang di dapat seperti di bawah ini.

https://api.WhatsApp.com/send?phone=08112233444&text=Halo%20sis,%20aku%20order%sepatunya%0ANama%20pemesan%3A%0AJumlah%3A

Harap tidak mengganti tulisan yang termasuk ke dalam format link atau mengubah urutannya, karena bila tidak dibuat persis maka tautan tidak akan bekerja.

Langkah Memasang Link WhatsApp di Instagram

Selesai dengan cara membuat link WhatsApp di instagram tentunya Anda tinggal memasangnya saja pada akun instagram Anda. Ikuti langkah di bawah ini untuk memasangnya pada akun bisnis Anda.

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama buka akun instagram Anda, kemudian masuklah ke bagian profil.

2. Edit Profil

Setelah masuk pada bagian profil terdapat menu edit profil untuk menyunting informasi yang ditampilkan pada akun Anda.

3. Salin Tautan WA dan Tempel Ke Instagram

Cara membuat link WhatsApp di instagram selanjutnya tempelkan link yang Anda buat tadi ke informasi profil Anda. Pada bagian edit profil terdapat kolom yang disediakan khusus untuk situs web, jadi tempel link yang Anda buat tadi ke bagian tersebut. Selanjutnya simpan informasi yang sudah Anda tambahkan dengan menekan centang biru yang berada di pojok kanan atas.

4. Test Link WA

Setelah cara membuat link WhatsApp di instagram tadi selesai silahkan coba link yang sudah terpampang pada profil instagram Anda dengan menyentuhnya. Apabila formatnya telah sesuai dengan contoh yang diberikan dan Anda mengisi nomornya dengan benar maka pesan otomatis akan langsung terkirim menuju nomor WA Anda.

Namun apabila tidak muncul pesan dari tautan WA Anda maka perlu diperiksa sekali lagi apakah format dan nomor yang Anda masukkan ke dalam informasi profil tadi sudah benar atau masih terdapat kesalahan.

Asalkan format yang Anda tulis telah sesuai dengan cara membuat link WhatsApp di instagram maka Anda bebas mengganti pesan otomatis yang sesuai dengan keinginan Anda. Supaya lebih terlihat menarik di mata pelanggan sebaiknya buatlah pesan otomatis yang singkat serta punya bahasa yang khas. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat membedakan pesan yang masuk ke dalam WA serta mengetahui bahwa pesan tersebut berasal dari pelanggan di akun bisnis instagram Anda.