Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Aplikasi

Diposting pada

Anda bisa membuat sendiri stiker sesuai keinginan Anda dengan cara membuat stiker whatsapp agar berkirim pesan menjadi lebih menarik.

Fitur baru berupa stiker di whatsapp membuat Anda harus belajar cara membuat stiker di whatsapp agar Anda bisa berkirim pesan dengan menggunakan stiker. Apa sih fitur terbaru dari Whatsapp ini dan bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Aplikasi

Fitur Baru Stiker dari Whatsapp

Anda pengguna layanan whatsapp pasti tahu jika baru-baru ini whatsapp meluncurkan fitur baru berupa stiker yang bisa Anda gunakan saat berkirim pesan. Fitur stiker ini sudah lebih dulu dimiliki oleh aplikasi pesan instan lain, yaitu Line. Namun berbeda dengan Line yang harus membayar untuk mendapatkan stiker, meskipun ada beberapa stiker yang gratis, di whatsapp Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Anda bahkan bisa membuat sendiri stiker Anda dengan menggunakan foto orang lain, foto Anda atau gambar lain.

Sayangnya, banyak yang tidak mau menggunakan fitur ini karena menganggap cara membuat stiker di whatsapp sulit. Padahal sebenarnya membuat stiker di whatsapp jauh lebih mudah dibandingkan membuat stiker di Line yang harus melalui proses uji kelayakan.

Cara Mudah Membuat Stiker di WhatsApp

Ada 2 cara menbuat stiker whatsapp yang bisa Anda gunakan. Masing-masing cara ini memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. Satu aplikasi hanya bisa digunakan untuk menambahkan gambar menjadi stiker sedangkan aplikasi lainnya memungkinkan Anda untuk mengedit sendiri gambar yang Anda inginkan kemudian menambahkannya dalam daftar stiker whatsapp.

A. Membuat Stiker Whatsapp Melalui ‘Personal Sticker for Whatsapp’

Fitur ‘Personal Sticker for Whatsapp’ ini adalah fitur yang harus Anda miliki saat Anda mengupdate whatsapp Anda agar bisa menikmati fitur stiker di dalam whatsapp. Dengan fitur ini Anda bisa menambahkan stiker dari file Anda sendiri. Berikut adalah cara membuat stiker whatsapp dengan menggunakan fitur ‘Personal Sticker for Whatsapp’.

1. Buka ‘Personal Sticker for Whatsapp’

Langkah pertama dari cara membuat stiker whatsapp dengan Personal Sticker for Whatsapp adalah buka aplikasinya. Ketika membuka aplikasi ini Anda akan langsung ditampilkan pilihan lokasi penyimpanan gambar Anda yang nantinya bisa Anda pilih untuk membuat stiker.

2. Klik Tombol ‘Add’ atau Ikon ‘+’ untuk Menambahkan Stiker

Jika sudah, cara membuat stiker whatsapp selanjutnya adalah tinggal tambahkan gambar dari penyimpanan Anda untuk dijadikan stiker. Anda harus memilih 3 gambar untuk bisa dijadikan dalam satu pack stiker. Pilih gambar dengan format .png atau .webp Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk memberikan nama pada stiker pack tersebut.

3. Tambahkan dan Cek Stiker di Whatsapp

Setelah menambahkan gambar untuk dijadikan stiker, selanjutnya akan ditampilkan popup untuk meminta persetujuan penambahan stiker. Klik saja pada pilihan ‘Add’ yang ditampilkan pada pop up tersebut. Maka gambar tersebut akan dimasukkan dalam daftar stiker Anda. Untuk memastikan, buka Aplikasi whatsapp lalu buka bagian stiker dan lihat apakah stiker Anda sudah berhasil ditambahkan.

B. Stiker Whatsapp dengan Sticker Maker

Aplikasi ini adalah aplikasi selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara membuat stiker whatsapp. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang hanya bisa menambahkan gambar yang sudah ada menjadi stiker, melalui aplikasi ini Anda bahkan bisa mengedit dan membuat sendiri stiker Anda.

1. Buka Aplikasi Sticker Maker

Langkah pertama, buka aplikasi sticker maker. Aplikasi bisa Anda dapatkan di PlayStore. Namun sebelum itu Anda juga harus mengupdate whatsapp Anda terlebih dahulu untuk bisa menggunakan aplikasi ini dan agar Anda bisa menggunakan stiker yang sudah Anda buat.

2. Pilih Menu ‘Create New Sticker Pack’

Selanjutnya, pilih pada menu ‘Create New Sticker Pack’ untuk membuat stiker baru. Untuk menbuat sticker pack baru ini, Anda juga akan diminta untuk memasukkan nama pembuat stiker atau untuk memasukkan nama stiker yang sudah Anda buat.

3. Mulai Buat Stiker Anda

Jika sudah, langkah berikutnya adalah Anda sudah bisa mulai membuat stiker Anda sendiri. Caranya klik pada folder sticker pack yang Anda buat sebelumnya. Dari sini berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan gambar. Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih untuk memasukkan gambar yang akan dijadikan stiker, yaitu masukkan gambar dari galeri atau mengambil gambar langsung dari kamera.

Untuk membuat stiker lebih menarik, langkah selanjutnya adalah edit gambar yang Anda masukkan. Caranya dengan menghapus backgroud gambar tersebut. Usapkan jari Anda ke bagian gambar yang ingin Anda hapus. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, selanjutnya klik ‘Yes, Save my sticker’.

4. Tambahkan 3 Stiker atau Lebih

Langkah terakhir dari cara membuat stiker whatsapp melalui aplikasi ini adalah tambahkan setidaknya stiker yang sudah Anda buat sebelumnya dengan cara klik pada menu ‘Add to Whatsapp’ di bagian bawah tampilan. Jika ada tampilan pop up, klik ‘Add’ maka stiker yang Anda buat akan dimasukkan ke dalam whatsapp. Jika sudah, cek lagi dengan masuk ke whatsapp dan pilih stiker di dalam menu emoji whatsapp Anda. Apabila sudah ada maka selesai.

Itulah tadi cara membuat stiker whatsapp yang mudah dengan 2 aplikasi pembuat stiker whatsapp. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat sendiri stiker dengan gambar sesuaiĀ  keinginan Anda. Dengan stiker ini, percakapan chat Anda akan semakin menarik dan seru.