Cara Membuat Xiaomi Jadi Modem Dengan USB Tethering

Diposting pada

Pengguna Xiaomi bisa memanfaatkan cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering jika Anda membutuhkan koneksi internet untuk komputer Anda.

Pengguna Xiaomi bisa memanfaatkan cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering untuk berbagai jaringan internet dari ponsel ke perangkat komputer Anda. Cara ini adalah alternatif berbagi jaringan internet yang lebih mudah bagi pengguna Xiaomi.

Sebelum adanya smartphone dengan fitur berbagi layanan internetnya, Anda pasti memanfaatkan perangkat modem untuk berselancar di perangkat komputer Anda. Namun kini, tidak banyak pengguna layanan internet yang menggunakan cara konvensional ini untuk berselancar di internet. Selain menggunakan Wifi, adanya fitur berbagi koneksi internet bernama tethering yang semaki memudahkan Anda.

Tethering ini tidak hanya semakin memudahkan. Dibandingkan dengan menggunakan Wifi, menggunakan tethering tentu lebih terjangkau. Apalagi jika Anda tidak selalu mengakses layanan internet menggunakan komputer. Dengan tethering ini Anda bisa menghubungkan komputer Anda kapanpun dan dimanapun yang tidak memiliki jaringan internet dari Wifi.

Jika biasanya pengguna smartphone, baik itu berbasis android atau iOS, lebih sering melakukan tethering melalui fitur tethering tidak langsung tanpa bantuan perangkat lain, dari Xiaomi Anda juga bisa berbagi jaringan internet dengan USB tethering. Cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering ini lebih mudah dan jaringannya juga lebih stabil.

Cara Membuat Xiaomi Jadi Modem Dengan USB Tethering

Menjadikan Smartphone sebagai Modem

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering, Anda  harus tahu fitur-fitur di dalam smartphone yang bisa Anda manfaatkan. Smartphone dijadikan sebagai modem dengan menggunakan dua cara. Cara ini merupakan fitur yang pasti ada di setiap smartphone, yaitu dengan USB tethering dah hotspot tethering. Apa sebenarnya kedua fitur ini dan apa yang membedakan keduanya?

1. USB Tethering

Fitur pertama adalah USB tethering. Bagi Anda pengguna HP Xiaomi bisa memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan tethering. Cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering juga mudah dilakukan serta memiliki keuntungan lebih.

Jika menggunakan hotspot tethering, Anda hanya bisa menggunakan paket data sebagai sumber internet. Namun dengan USB tethering, sumber internetnya tidak hanya dari paket data tapi juga dari Wifi.

2. Hotspot Tethering

Fitur selanjutnya yang pasti sudah tidak asing adalah hotspot tethering. Cara ini juga tak kalah mudah dengan USB tethering. Namun, berbeda dengan cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering, cara ini memiliki kelemahan karena jaringannya cenderung tidak stabil. Selain itu Anda hanya bisa menggunakan paket data. Jadi akan lebih boros pada paket data Anda.

Cara Mengaktifkan USB Tethering di Xiaomi

Setelah mengetahui perbedaan antara USB tethering dan hotspot tethering seperti yang dijelaskan di atas. Selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara membuat modem dari Xiaomi dengan USB tethering ini. Cara ini akan sangat dibutuhkan ketika perangkat komputer Anda mengalami masalah pada fitur Wifi. Fitur ini juga akan semakin menghemat penggunaan data pada ponsel Anda.

Cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering juga tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan USB original ponsel Anda sebagai perangkat tambahan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

1. Sambungkan Ponsel Xiaomi ke PC

Langkah pertama dari cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering adalah menyambungkan atau menghubungkan perangkat komputer atau PC Anda dengan ponsel Xiaomi Anda. Gunakan kabel USB untuk menghubungkannya. Akan lebih baik jika Anda menggunakan USB original dari Xiaomi.

2. Nyalakan Internet dari Ponsel Xiaomi

Setelah menyambungkan ponsel Anda ke perangkat komputer atau PC, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah nyalakan koneksi internet dari ponsel Anda. Anda bisa menggunakan paket data seluler ataupun dari koneksi Wifi jika sedang terhubung ke jaringan Wifi.

3. Masuk ke Menu Settings Wireless & Network > More

Setelah menyalakan koneksi internet, langkah selanjutnya dari cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Di dalam menu Settings ini akan ada banyak kategori settings. Pilih pada kategori Wireless & network, lalu pilih pada sub menu ‘More’ yang biasanya ada di bagian paling bawah kategori menu ini.

4. Pilih USB Tethering

Setelah memilih menu ‘More’ di dalam kategori pengaturan ‘Wireless & Network’ akan ada beberapa pilihan di dalamnya. Ketika Anda sudah menyambungkan ponsel ke komputer atau PC, maka pilihan USB tethering akan berwarna seperti pilihan lainnya (tidak berwarna abu-abu). Aktifkan dengan menggeser tombolnya hingga USB tethering aktif. Dengan begitu maka USB tethering Anda sudah benar-benar aktif.

Fitur tethering di dalam smartphone adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagai koneksi internet dari ponsel ke komputer atau PC. Fitur ini akan sangat menguntungkan karena akan memudahkan pengguna untuk bisa tetap mengakses internet di komputer meskipun tidak ada jaringan wifi. Salah satunya adalah dengan cara membuat Xiaomi jadi modem dengan USB tethering. Cara ini terbilang lebih menguntungkan karena Anda busa menggunakan wifi ataupun paket data sebagai sumber internetnya. Dengan begitu penggunaan data Anda juga akan lebih hemat.