Cara Memperbaiki HP Xiaomi Yang Mati Total dengan Benar

Diposting pada

Pengguna smartphone Xiaomi wajib memahami cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total. Hal ini penting untuk menyelatkan smartphone dari kerusakan fatal.

Sebagai pemilik smartphone merk ini, tentunya Anda perlu memahami cara memperbaiki Hp Xiaomi  yang mati total. Tentu saja, tidak ada pengguna smartphone yang menginginkan hal ini terjadi. Akan tetapi, kondisi smartphone yang tidak dapat diaktifkan sama sekali (dikenal juga dengan nama hardbrick) dapat terjadi pada siapa saja. Mari kita pelajari lebih lanjut solusinya.

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Yang Mati Total dengan Benar

Test Point – Satu-satunya Cara Mengatasi Hardbrick

Kondisi hardbrick atau mati total mengakibatkan pengguna tidak berhasil mengakses konten smartphone mereka sama sekali. Hanya ada satu hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan ini. Anda harus melakukan suatu proses yang dinamakan test point.

Test point merupakan langkah yang diperlukan untuk dapat masuk ke mode smartphone, seperti: recovery, emergency download (EDL), dan Fastboot. Setelah melakukan test point untuk masuk ke salah satu mode tersebut, Anda dapat mengulang flashing dengan menyesuaikan ROM yang digunakan.

Apakah Hal yang Harus Dipahami Sebelum Melakukan Test Point?

Sebelum mempelajari cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total, Anda perlu memahami bahwa kasus hardbrick lebih sering terjadi pada perangkat smartphone merk ini yang menggunakan Snapdragon. Akan tetapi metode ini juga dapat diaplikasikan pada seri smartphone yang menggunakan Mediatek.

Anda juga perlu menyadari bahwa metode test point merupakan pilihan terakhir yang diberikan pembuat smartphone untuk menyelamatkan perangkat yang mengalami hardbrick. Cara ini cukup berisiko apabila Anda tidak melakukannya dengan tepat.

Trik memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total dengan test point adalah mengetahui di mana titik-titik test terletak dalam perangkat Anda. Ketika melakukan test point, Anda harus membongkar smartphone untuk menemukan titik tersebut. Alasannya adalah test point dilakukan dengan membuat short contact pada lokasi tertentu di motherboard smartphone Anda.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Melakukan Test Point

Sebelum menginisiasi cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total dengan test point, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat. Peralatan pertama yang dibutuhkan adalah obeng yang berukuran kecil. Obeng ini dibutuhkan untuk membongkar smartphone Anda dari bagian belakang.

Peralatan berikutnya adalah kabel atau pinset yang terbuat dari bahan tembaga. Bahan ini penting digunakan karena kualitas konduktornya yang baik. Anda memerlukan transfer aliran listrik dari satu titik ke titik lainnya agar short contact dapat berjalan dengan baik.

Alat lain yang diperlukan untuk melakukan tahapan cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total adalah komputer desktop atau laptop. Syarat dari komputer atau laptop yang digunakan adalah harus dideaktivasikan Driver Siganture-nya. Lalu, Anda membutuhkan kabel USB asli dari pembuat smartphone ini untuk menghubungkan perangkat dengan komputer atau laptop.

Bahan yang Digunakan untuk  Melakukan Test Point

Untuk memulai langkah-langkah dalam cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa bahan dalam bentuk software. Yang paling utama adalah Flash Tool. Piranti lunak ini digunakan untuk melakukan flashing nantinya.

Tidak kalah pentingnya adalah fastboot untuk ROM smartphone Anda. Format dari software ini adalah .tgz. Anda perlu memilih ROM yang sesuai dengan seri smartphone yang dimiliki. Tidak perlu khawatir karena software ini dapat diperoleh secara cuma-cuma dari situs resmi.

Seperti tadi disebutkan, dalam cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total Anda perlu menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop. Oleh karena itu, Driver QDLoader untuk HS-USB perlu diinstal dalam komputer atau laptop untuk mengakomodasi koneksi tersebut.

Tahap-Tahap Test Point Saat Hardbrick Terjadi

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total atau mengalami hardbrick dengan menggunakan test point. Anda harus melakukannya sesuai dengan prosedur mengingat risiko kerusakan yang cukup besar.

  • Menginstal flash tool dengan sempurna di komputer atau laptop.
  • Menginstal driver untuk QDLoader hingga sempurna di komputer atau laptop.
  • Membongkar smartphone melalui casing belakang dengan hati-hati.
  • Menghubungkan smartphone dengan komputer atau laptop menggunakan kabel USB.
  • Melakukan short contact pada titik-titik uji dengan kabel atau pinset tembaga dengan menyentuhkan ujung alat pada titik yang dimaksud. Apabila proses ini berhasil, maka smartphone akan dideteksi oleh perangkat komputer atau laptop dan masuk ke dalam mode EDL.
  • Sebagai administrator, jalankan software flash tool.
  • Pilih “Refresh” dan komputer akan mendeteksi smartphone sebagai COMx (x berupa angka).
  • Pilih “Select” untuk mengakses folder penyimpanan ROM.
  • Bersihkan semua konten lalu pilih “Flash” dan tunggu hingga proses flashing selesai.
  • Apabila cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total Anda lakukan dengan benar, maka smartphone akan melakuka restart secara otomatis.
  • Anda dapat memasang lagi casing belakang dengan obeng dan menggunakan smartphone seperti biasa.

Tentu saja, ada kemungkinan bahwa hal ini tidak berhasil. Apabila Anda merasa tidak percaya diri dalam melakukannya, Anda dapat mendatangi gerai perbaikan smartphone. Ketika cara memperbaiki Hp Xiaomi yang mati total sukses dilakukan Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaannya.