Cara Memperbaiki Stuck di Logo / Softbrick Xiaomi Mediatek Lengkap

Diposting pada

Langkah dan cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek banyak dicari. Inilah penjelasan selengkapnya tentang hal tersebut.

Cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek banyak dicari oleh pengguna smartphone asal Tiongkok ini. Memang, jika smartphone sudah mengalami softbrick, atau bisa juga disebut bootloop, ponsel tidak akan bisa lagi digunakan dengan normal.

Softbrick bisa menyebabkan ponsel menjadi mati total, atau hardbrick istilahnya, jika tidak diperbaiki dengan segera. Inilah alasannya mengapa pengguna Xiaomi biasanya akan mencari cara mengatasi softbrick secepatnya.

Kalau kamu juga ingin mengetahui cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek, berikut ini akan dijelaskan semuanya tentang softbrick di gadget Xiaomi dengan prosesor Mediatek, termasuk penyebabnya dan juga bahayanya.

Cara Memperbaiki Stuck di Logo / Softbrick Xiaomi Mediatek Lengkap

Apa Itu Softbrick?

Sebelum mengetahui cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek, simak dulu pengertian dari softbrick itu sendiri. Softbrick adalah keadaan di mana ponsel tidak mau menyala atau masuk ke mode normal.

Jika terkena softbrick atau bootloop, ponsel akan menyala hanya sampai logo saja dan tidak berproses untuk masuk ke mode normal biasanya. Hal ini tentu membuat ponsel otomatis tidak bisa digunakan. Di sinilah cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek sangat dibutuhkan.

Penyebab Softbrick

Ada banyak penyebab softbrick yang setiap pengguna Xiaomi harus tahu. Sebelum mengetahui cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek, berikut ini adalah penjelasan penyebab softbrick di perangkat ini. Simak dan hindari hal-halĀ  ini ke depannya agar tidak terulang lagi.

1. File Corrupt Saat Update

Pada saat melakukan update software secara manual, banyak hal yang bisa menyebabkan file yang diinstal ke dalam HP menjadi corrupt. Hal ini bisa memacu eror pada perangkat dan berakhir dengan softbrick.

2. Flashing ROM Tidak Benar

Mengutak-atik ROM banyak resikonya, salah satunya adalah softbrick. Inilah mengapa jika bukan orang yang paham akan perangkat ponsel, jangan mengubah apapun terkait ROM sendirian.

Bahaya Softbrick

Mengapa cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek sangat dicari? Hal ini dikarenakan softbrick cukup berbahaya bagi perangkat. Jika tidak ditangani dengan benar, softbrick bisa semakin merusak perangkat. Beberapa bahaya dari softbrick antara lain adalah bisa membuat HP mati total (hardbrick) dan membuat data hilang semuanya.

Bisakah Softbrick Diperbaiki?

Untungnya, softbrick bisa diperbaiki. Ada beberapa cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek. Jika kamu menggunakan perangkat Xiaomi dengan prosesor lain seperti Snapdragon, ada caranya pula untuk memperbaiki perangkat yang mengalami softbrick tersebut.

Daftar Smartphone Xiaomi dengan Prosesor Mediatek

Di sini akan dijelaskan langkah penanganan softbrick pada smartphone Xiaomi yang berprosesor Mediatek. Beberapa perangkat Xiaomi dengan dapur pacu dari Mediatek yang sering terkena softbrick dan membutuhkan cara membetulkan stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek adalah:

  • Redmi Note 3 MTK
  • Redmi Note 4 MTK
  • Redmi Note 2/Prime
  • Redmi Note 3G

Cara Memperbaiki Stuck di Logo / Softbrick Xiaomi Mediatek

Sekarang saatnya mencari tahu bagaimana cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek. Semua langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini. Simak baik-baik dan lakukan dengan hati-hati ketika mempraktekkannya.

Sebelum masuk dalam proses perbaikan softbrick, kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan software dan file yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Perangkat PC dengan fitur Disable Driver Signature
  • Kabel data USB Xiaomi
  • Xiaomi USB Driver, download dan pasang pada PC
  • Driver MT6577_USB_VCOM_Drivers.zip
  • SP Flash Tool, download dan pasang juga pada PC
  • ROM Fastboot Xiaomi dengan jenis file ekstensi .tgz

Untuk langkah-langkah perbaikannya adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan PC kemudian masuk ke SP Flash Tool (cari di Program Files)
  2. Pada file “flash_tool.exe”, klik kanan dan pilih opsi “Run as Administrator”
  3. Temukan opsi “Download Agent”. Arahkan ke file “MTK_AllInOne_DA.bin”. File ini ada di dalam folder SP Flash Tools. Setelah selesai, klik “Download Only” kemudian klik “Scatter Loading”.
  4. Pada folder /images, pilih file “Mt6xxx_Android_scatter.txt”.
  5. Temukan tanda centang di sebelah tulisan USERDATA. Hilangkan centang ini untuk mencegah hilangnya data memori internal.
  6. Klik “Download” dan tunggu hingga selesai.
  7. Matikan HP. Tekan tombol volume ke bawah dan sambungkan dengan PC. Jika sudah tersambung, akan ada tanda Red Bar pada bagian bawah SP Flash Tool.
  8. Tahan tombol volume ke bawah hingga bar merah menjadi kuning. Kuning berarti proses flash sedang berjalan.
  9. Tunggu hingga proses selesai dan ada notifikasi tanda centang.
  10. Selesai

Itu dia tadi beberapa penjelasan singkat tentang semua hal terkait softbrick di Xiaomi Mediatek. Jika perangkat Xiaomi milikmu stuck di logo, jangan panik dan coba dulu cara memperbaiki stuck di logo / softbrick Xiaomi mediatek di atas.