Cara Menampilkan Free RAM (Status Memori) pada Xiaomi

Diposting pada

Cara menampilkan Free RAM (Status memori) pada Xiaomi sangat dibutuhkan untuk menginformasikan sisa kapasitas memori di dalam ponsel Anda. Berikut caranya.

Pada ponsel Xiaomi, terutama MIUI 9, Anda pasti membutuhkan cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi. Hal ini karena pada MIUI keluaran terbaru ini ada berbagai perubahan yang terjadi yang mungkin disadari atau tidak oleh penggunaan ponsel Xiaomi.

MIUI sendiri merupakan jenis ROM yang digunakan pada ponsel Xiaomi. Jenis ROM ini memiliki dasar seperti ROM android biasa namun memiliki keunggulan karena selalu update sesuai perkembangan yang ada dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Update terbaru dari MIUI saat ini adalah penggunaan MIUI 9. Bagi Anda yang suka mengotak atik ponsel Xiaomi Anda pasti sadar jika pada MIUI terbaru ini ada beberapa menu yang sebelumnya ada namun kini tidak lagi ada. Salah satu menu yang tidak ada itu adalah menu free RAM (status memori yang digunakan). Karena itu jika Anda pengguna MIUI terbaru Anda harus tahu bagaimana cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi agar Anda bisa mengecek status memori Anda.

Cara Menampilkan Free RAM (Status Memori) pada Xiaomi

Fitur Free RAM (Status Memori)

Sebelum mengetahui bagaimana cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu ditutt Free RAM. Free RAM ini adalah sebuah fitur yang ada di dalam ponsel Xiaomi dan juga ponsel merek lainnya dimana melalui fitur ini Anda bisa melihat status kapasitas memori Anda yang tersisa dan berapa memori yang sudah digunakan.

Pada MIUI tipe yang lebih lama, yaitu MIUI 7 atau 8,  cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke tombol di bagian paling kiri ponsel, maka Anda akan masuk ke menu recent items. Pada menu ini akan ditampilkan aplikasi apa saja yang sedang aktif dengan adanya tanda silang di bagian paling bawah untuk menutup semuanya.

Nah, pada bagian paling bawah di menu recent inilah terdapat tampilan penggunaan RAM Anda. Biasanya akan tertulis berapa RAM yang masih tersedia dari total RAM yang disediakan. Tampilan inilah yang menghilang ketika Anda sudah menggunakan MIUI versi terbaru.

Anda tak perlu khawatir karena cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi khususnya MIUI 9 yang sudah update tidak akan sulit. Pada dasarnya menu ini tidak dihilangkan, hanya saja memang tidak ditampilkan secara default. Karena itu Anda masih bisa menampilkannya secara manual.

Cara Menampilkan Free RAM (Status Memori) yang Tidak Muncul di HP Xiaomi

Setelah mengetahui pengertian dari fitur Free RAM dan fungsinya, selanjutnya adalah tips menampilkan Free RAM (Status memori) pada Xiaomi. Tips ini adalah cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi mudah yang bisa Anda terapkan pada ponsel Xiaomi dengan MIUI terbaru.

1. Masuk Menu Settings > Home Screen & Recents

Lamgkah pertama dari cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi adalah masuk ke Menu Setting atau pengaturan. Pada menu Settings ini akan ada berbagai kategori pengaturan yang dikelompokkan berdasarkan penggunaannya.

Nah, untuk menampilkan menu Free RAM ini, menu yang harus Anda pilih adalah menu ‘Home Screen & Recents’. Menu ini berada tidak terlalu atas dan tidak terlalu bawah. Jadi Anda perlu untuk sedikit scrolll down.

Sebagai informasi tambahan, menu ini juga hanya bisa Anda temukan pada Ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI terbaru yaitu MIUI 9. Untuk ponsel dengan MIUI yang

lebih lama, Anda tidak akan menemukan menu ini.

2. Pilih ‘Show Memori Status’

Langkah selanjutnya dari cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi setelah memilih menu ‘Home Screen & recents’ Anda akan dialihkan pada beberapa pilihan menu di dalamnya. Pilih pada opsi ‘Show memori status’ untuk menampilkan status untuk menampilkan kembali status memori RAM pada ponsel Anda.

Cara mengaktifkannya juga mudah, tinggal geser ke arah kanan tombol pada menu tersebut sampai tombolnya aktif dan berubah warna tidak lagi abu-abu. Jika sudah melakukan langkah ini, sebenarnya menu Free RAM yang digunakan untuk melihat status memori sudah diaktifkan kembali.

3. Cek Ulang Status Memori RAM

Seperti sudah sedikit disebutkan sebelumnya, setelah melakukan semua proses tersebut, sebenarnya free RAM Anda sudah aktif. Jika Anda ingin mengeceknya lakukan langkah serupa seperti yang dijelaskan di atas tadi. Kembali ke menu tampilan awal, lalu tekan tombol paling kiri pada ponsel Anda.

Jika sudah, akan ditampilkan menu recent. Nah, disini Anda bisa melihat perbedaannya dengan tampilan sebelum Anda mengatur kembali untuk menampilkan status free RAM.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menampilkan free RAM (status memori) pada Xiaomi terutama untuk Anda yang menggunakan MIUI versi terbaru. Dengan cara ini Anda bisa tetap melihat tampilan status memori RAM Anda yang sebelumnya dihilangkan apabila Anda menggunakan MIUI versi terbaru.