Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp dengan Mudah

Diposting pada

Jika kontak di WhatsApp Anda tidak muncul, maka bisa  coba atasi dengan cara menampilkan nama kontak di WhatsApp berikut ini.

Pengguna WhatsApp mungkin sedang mencari cara menampilkan nama kontak di WhatsApp yang tidak muncul? Tak perlu khawatir, karena untuk menampilkannya sangat mudah, asalkan Anda mengetahui penyebab kenapa nama kontak WhatsApp tersebut tidak muncul.

Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp dengan Mudah

Mengapa Nama Kontak WhatsApp Tidak Muncul?

WhatsApp adalah salah satu sarana komunikasi yang saat ini pasti digunakan oleh setiap pengguna layanan komunikasi. Apalagi ditambah dengan penggunaan smartphone yang kian meluas di kalangan masyarakat juga membuat penggunaan WhatsApp semakin meningkat.

Namun terkadang ketika akan melakukan percakapan dengan seseorang, ternyata nama orang tersebut tidak muncul di dalam daftar kontak Anda. Lantas bagaimana cara menampilkan nama kontak di WhatsApp yang tidak muncul tersebut? Sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu penyebabnya kenapa kontak tersebut tidak muncul di daftar kontak WhatsApp Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Kontak Belum Disimpan

Sebelum menerapkan cara menampilkan nama kontak di WhatsApp, pastikan penyebab tidak munculnya kontak tersebut. Penyebab pertama mengapa kontak seseorang tidak muncul di WhatsApp adalah karena Anda belum menyimpannya. Jika belum disimpan, maka otomatis tidak akan terbaca di WhatsApp.

2. Kontak Diblokir

Alasan selanjutnya yang menjadi penyebab kenapa kontak tidak muncul di WhatsApp adalah karena diblokir. Entah Anda yang memblokir pengguna tersebut atau orang tersebut yang memblokir nomor Anda. Jika demikian maka sudah pasti kontaknya tidak akan ditampilkan di daftar kontak WhatsApp.

3. Tidak Ada Akses Mengakses Kontak

Penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah karena Anda tidak memberikan akses pada WhatsApp untuk mengakses kontak di ponsel Anda. Jika demikian maka otomatis semua kontak tidak akan terbaca di WhatsApp.

4. Cache Terlalu Menumpuk

Sudah menyimpan kontak, memberi izin akses WhatsApp ke kontak dan memeriksa daftar blokir namun kontak yang Anda cari tetap tidak ada, maka coba periksa cache WhatsApp Anda. Cache kepenuhan juga bisa menyebabkan kontak tidak terbaca.

Cara Menampilkan Nama Kontak WhatsApp yang Tidak Terbaca

Nah, setelah mengetahui penyebab kontak WhatsApp tidak terbaca di atas, dari penyebab tersebut Anda bisa mencari solusi dan cara menampilkan nama kontak di WhatsApp. Dengan mengetahui penyebabnya, trik menampilkan nama kontak di WhatsApp berikut ini juga pasti akan bekerja.

1. Simpan Nomornya di Kontak HP

Seperti penyebab pertama tadi, cara menampilkan nama kontak di WhatsApp karena Anda belum menyimpan nomor tersebut di kontak HP Anda tentu saja dengan menyimpan kontaknya. Pastikan Anda menyimpan kontak tersebut dengan benar dan pastikan juga kontak yang Anda simpan adalah kontak yang didaftarkan dan digunakan sebagai nomor WhatsApp. Jika tidak, maka meskipun Anda simpan, maka nama kontak tersebut tetap tidak akan ditampilkan.

2. Cek Daftar Block Kontak Anda

Alasan kedua kenapa Anda tidak bisa melihat nama kontak di WhatsApp adalah karena diblokir. Entah Anda atau orang tersebut yang memblokir Anda, maka nama WhatsAppnya tidak akan muncul. Maka dari itu, cara menampilkan nama kontak di WhatsApp karena blokir ini lihat daftar blokir Anda. Jika ada, maka hapus dari daftar blokir.

Membatalkan atau menghapus blokir ini tidak hanya dari kontak WhatsApp Anda saja. Pastikan juga di daftar kontak HP Anda tidak memblokir nomor tersebut. Jika sama-sama diblokir, maka pastikan Anda juga menghapusnya dari daftar kontak terblokir di kontak HP.

Sayangnya jika masalahnya kontak Anda yang diblokir, maka tidak ada cara menampilkan nama  kontak di WhatsApp kecuali orang yang memblokir Anda menghapuskan dan membatalkan blokir kontaknya. Jika Anda masih diblokir, maka Anda tidak akan bisa melihat nama kontaknya.

3. Izinkan WhatsApp untuk Mengakses Kontak

Dari penyebab tidak munculnya nama kontak WhatsApp karena WhatsApp tidak diijinkan mengakses kontak HP, cara menampilkan nama kontak di WhatsApp selanjutnya adalah mengijinkan WhatsApp untuk mengakses kontak dari penyimpanan HP Anda.

Hal ini karena WhatsApp tidak akan secara otomatis menyimpan nomor baru. Anda harus memasukkan nomor baru ke dalam daftar kontak HP Anda, maka selanjutnya WhatsApp akan melakukan sinkronisasi dari daftar kontak HP Anda. Maka, jika Anda tidak memberikan ijin WhatsApp mengakses kontak Anda, maka WhatsApp juga tidak akan bisa melakukan sinkronisasi kontak dari daftar kontak di HP Anda.

4. Bersihkan Cache

Penyebab terakhir yang membuat nama kontak WhatsApp tidak muncul adalah karena cache WhatsApp terlalu penuh. Cache ini adalah data sampah yang sudah tidak dibutuhkan. Karena itu cara menampilkan nama kontak di WhatsApp yang disebabkan oleh cache yang terlalu menumpuk adalah dengan membersihkan cachenya. Masuk ke Menu Pengaturan > Manage Apps > WhatsApp > Hapus Cache. Periksa kontak WhatsApp Anda. Jika belum muncul, coba restart ponsel Anda dan lihat lagi kontaknya setelah menyala.

Nama WhatsApp adalah hal penting untuk memudahkan pencarian saat memulai percakapan di WhatsApp. Namun apa jadinya jika kontak WhatsApp tersebut tidak muncul? Cobalah gunakan cara menampilkan nama kontak WhatsApp berdasarkan penyebabnya di atas. Setelah melakukan cara tersebut, maka selanjutnya kontak WhatsApp akan ditampilkan.