Cara Mengaktifkan USB Debugging pada Hp Xiaomi dengan Mudah

Diposting pada

Bagaimana cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi? Di bawah ini akan dijelaskan setiap detail langkah-langkahnya.

Langkah dan cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi haruslah diketahui oleh pengguna ponsel merk ini. Sebenarnya, tak hanya pada perangkat Xiaomi saja. Semua ponsel haruslah memiliki fitur USB debugging agar bisa disambungkan dengan perangkat komputer.

Ya, pada dasarnya inilah yang dimaksud dengan USB debugging. Dengan mengaktifkan fitur ini, ponsel Xiaomi kemudian bisa disambungkan dengan perangkat komputer. Setelah tersambung dengan PC, ada banyak hal yang kemudian bisa dilakukan ponsel, termasuk menginstal software dan melakukan update.

Jika ingin mengetahui lebih lengkap tentang cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi, berikut ini akan dijelaskan cara-caranya. Ada juga penjelasan tentang semua hal terkait dengan USB debugging yang semua pengguna Xiaomi harus tahu. Ini dia penjelasannya.

Cara Mengaktifkan USB Debugging pada Hp Xiaomi dengan Mudah

Apa Itu USB Debugging?

Pengertian USB debugging tentu saja wajib diketahui sebelum kamu melakukan langkah mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi. Pada dasarnya, USB debugging merupakan jembatan antara perangkat ponsel dengan perangkat PC.

Jika ingin menghubungkan kedua perangkat ini, harus ada dua hal yang dipenuhi: perangkat fisik yaitu kabel data dan perangkat lunak di HP yang bernama USB debugging ini. Keduanya harus ada jika ponsel ingin disambungkan dengan ponsel.

Pentingnya Mengaktifkan USB Debugging

Ada banyak hal penting di balik pengaktifan fitur USB debugging. Beberapa alasan mengapa fitur ini perlu diaktifkan akan dituliskan di bawah ini. Ketahuilah hal-hal ini dulu sebelum mencari cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi.

  1. HP Bisa Tersambung ke PC
  2. Bisa Membuka Opsi Pengembang

Manfaat Mengaktifkan USB Debugging

Setelah alasannya, ada banyak juga manfaat yang bisa didapat dari mengaktifkan fitur USB debugging. Sebelum cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi dilakukan, inilah manfaat yang akan kamu dapatkan.

1. Perangkat dengan Mudah Terdeteksi PC

Salah satu alasan mengapa cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi sangat dicari karena dengan melakukan aktivasi fitur ini, HP menjadi lebih mudah tersambung pada PC. Setelah itu, banyak hal lebih lanjut yang bisa dilakukan, termasuk mengutak-atik software HP atau melakukan hal-hal seperti UBL dan melakukan flash.

2. Dapat Melakukan Flashboot dengan Mudah

Seperti yang disinggung tadi, flashboot bisa dengan mudah dilakukan pada ponsel yang tersambung ke PC. Jika ada masalah dengan perangkat Xiaomi yang digunakan, pengguna bisa melakukan flash dengan mudah melalui PC. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan jika fitur USB debugging tidak aktif. Alih-alih masuk pada perangkat HP, HP hanya akan melakukan charging atau mengisi daya saja ketika dicolokkan pada PC tanpa fitur USB debugging.

Syarat Mengaktifkan USB Debugging pada HP Xiaomi

Sebelum masuk dalam penjelasan cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi, ponsel harus dalam keadaan yang memenuhi persyaratan. Apa saja syarat mengaktifkan USB debugging pada ponsel Xiaomi? Berikut beberapa di antaranya.

1. HP Dalam Keadaan Normal

Hal utama yang menjadi persyaratan pada saat pengaktifan USB debugging adalah HP yang dalam keadaan normal. Normal di sini adalah HP bisa menyala dan diaktifkan dengan normal. HP tidak boleh dalam kondisi softbrick atau bootloop. Kondisi ini adalah keadaan di mana HP tidak bisa menyala dan hanya menampilkan logo saja. Cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi tidak bisa dilakukan ketika HP dalam keadaan ini.

2. Tidak Dalam Kondisi Hardbrick

Softbrick saja tidak bisa membuat HP diaktifkan USB debugging-nya, apalagi jika dalam kondisi hardbrick. Hardbrick dikenal dengan istilah matot alias mati total. Dalam keadaan ini, HP tidak bisa dinyalakan sama sekali, bahkan logonya tidak muncul. Alhasil, tidak mungkin perangkat bisa diaktifkan fitur USB debugging-nya jika dalam keadaan yang mati total seperti ini.

Cara Mengaktifkan USB Debugging pada Hp Xiaomi

Jika ponsel sudah memenuhi syarat di atas, kini saatnya kamu mengetahui cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi. Di bawah ini, semua langkah terkait dengan pengaktifkan USB debugging akan dibahas.

  1. Masuk dalam opsi setting atau pengaturan pada ponsel.
  2. Buka bagian “About Phone”
  3. Cari opsi “MIUI Version”. Tekan pilihan ini beberapa kali hingga muncul pemberitahuan “You are Now Developer”
  4. Setelah itu, masuk kembali ke setting kemudian pilih “Additional Setting”.
  5. Ada beberapa opsi, pilih opsi “Developer Option”.
  6. Di dalamnya, ada tulisan “USB Debugging”. Aktifkan dengan mengubah tanda slide di sebelahnya menjadi hijau.
  7. Selesai.

Ada baiknya setelah perangkat diubah setingan USB debugging-nya, restart dulu ponsel sebelum digunakan kembali atau sebelum disambungkan ke komputer. Dengan melakukan restart ini, semua perubahan pada seting dipastikan sudah tersimpan.

Setelah mengetahui semua langkah dan juga cara mengaktifkan usb debugging pada hp xiaomi, kamu sekarang bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan mudah. Setelah diaktifkan, HP bisa kapan saja disambungkan dengan perangkat komputer dan menjalankan fungsi yang lebih banyak lagi.