Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi via Fastboot Mode dengan Benar

Diposting pada

Cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode merupakan salah satu alternatif penanganan bootloop. Cara ini dapat dilakukan untuk mengatasi bootloop mengganggu.

Cara Mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode ini dapat digunakan untuk mengatasi bootloop pada smartphone xiaomi Anda. Bootloop sendiri yaitu merupakan masalah yang dialami perangkat lunak khususnya android untuk melakukan proses masuk ke dalam sistem operasi (OS) dan room yang ditandai dengan menampilkan logo android maupun vendor secara terus menerus.

Bootloop sendiri terbagi menjadi dua yaitu bootloop ringan maupun bootloop berat. Bootloop ringan ditandai dengan trouble yang sifatnya sementara dan hanya akan timbul dalam rentang waktu yang cukup lama dan frekuensinya jarang. Sedangkan botloop berat yaitu ditandai dengan kegagalan masuk ke dalam sistem yang secara permanen. Hal itu membuat ponsel Anda tidak dapat dioperasikan. Namun, tidak perlu khawatir berikut akan di ulas bagaimana cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode.

Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi via Fastboot Mode dengan Benar

Definisi Bootloop

Sebelum masuk kepada cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode akan sedikit di ulas mengenai definisi dari bootloop. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bootloop merupakan salah satu masalah yang terjadi karena gagalnya masuk ke dalam sistem operasi pada sebuah ponsel. Kegagalan proses pengambilan data atau biasa disebut booting ini akan membuat Anda tidak dapat mengakses menu home untuk menjalankan ponsel.

Tampilan ponsel akibat serangan bootloop aka ditandai dengan kondisi layar hitam dengan tampilan logo brand ponsel pintar yang digunakan. Hal ini akan sangat mengganggu dan tentunya akan membuat Anda berpikir apakah hal tersebut berbahaya atau tidak.

Apakah Bootloop Berbahaya?

Bootloop merupakan suatu masalah yang perlu diatasi segera. Hal itu karena bootloop akan mengganggu kinerja dari smartphone yang secara berangsur angsur akan menimbulkan kerusakan secara permanen terhadap sistem operasi (OS) dan ROM dari ponsel Anda.

Aoakah Bootloop dapat di atasi?

Ketika ponsel Anda mengalami bootloop maka tidak perlu cemas dan panik. Setiap masalah pasti ada cara menanganinya. Namun mengatasinya bisa saja memerlukan usaha ekstra ataupun tidak. Masalah pada ponsel sebenarnya sangat banyak selain bootloop terdapat juga masalah lainya seperti softbrick ataupun hardbrick. Semuanya dapat diatasi dengan cara dan treatment yang berbeda. Salah satu cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode dapat digunakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Bootloop pada Ponsel Xiaomi Kesayangan Anda?

Cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode dapat menjadi alternatif pilihan. Namun perlu diperhatikan bahwa menggunakan metode ini mengharuskan kita melakukan unlocked bootloader (UBL). Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa UBL akan berisiko untuk menghilangkan garansi dari ponsel Anda. Namun membuat ponsel UBL akan memudahkan untuk mengatasi berbagai masalah dari ponsel, salah satunya yaitu bootloop.

Cara Mengatasi Bootloop pada Ponsel Xiaomi via Fastboot Mode

Mengatasi masalah bootloop Xiaomi dengan fastmode mode merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan. Anda tidak perlu panik kenapa bootloop melAnda ponsel Anda. cukup tenang dan simaklah ulasan cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode yang cukup mudah dan praktis untuk digunakan.

1. Download Operation System (OS) maupun ROM di Ofiicial Resmi MIUI

Untuk melakukan download Operation System (OS) maupun ROM secara resmi dapat diunggah melalui situs en.miui.com/download.html. langkah awalnya Anda dapat membuka situs tersebut dengan berbagai browser yang tersedia seperti google chrome, mozila, maupun internet explorer. Situs tersebut merupakan situs resmi dari xiaomi.

Ketika masuk ke dalam sistem maka Anda akan ditampilkan berbagai jenis ponsel xiaomi. Seluruh model ponsel xiaomi tersedia di situs tersebut. Silahkan pilih sesuai jenis ponsel Anda dengan melakukan klik pada gambar dan tipe handpohone. Lalu Anda akan masuk kepada dua pilihan yaitu download full ROM dan flashing guides. Maka pilihlah download full ROM.

2. Lakukan Install Mi Flash Tools

Cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode yang kedua yaitu melakukan install Mi Flash Tools pada personal computer (PC) maupun laptop Anda. pastikan bahwa instalan berjalan baik dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses yang akan dilakukan.

3. Masuklah ke Mode Fastboot Xiaomi

Langkah selanjutnya yaitu masuklah ke mode fastboot xiaomi. Cara untuk melakukan fastboot ini dapat dilakukan dengan menekan tombol power hingga ponsel benar-benar dalam kondisi off. Selanjutnya tekanlah kombinasi antara tombol power dengan volume. Tekanlah tombol volume up atau untuk menambah volume. Lakukanlah hingga terdapat getaran pada ponsel Anda.

Ketika Anda sudah merasakan getaran tersebut maka Anda akan menemukan tampilan pilihan. Lalu arahkan pandangan Anda kepada menu yang paling bawah yaitu fastboot. Lalu kemudian kliklah pilihan tersebut. Setelah melakukan klik maka akan muncul tampilan robot yang sedang memperbaiki android. Hal tersebut menandakan proses berhasil.

4. Lakukan Flashing Xiaomi dengan Mi Flash Tools

Selanjutnya silahkan membuka aplikasi MI flash Tools yang sudah terinstal di laptop maupun PC Anda masing-masing. Kemudian lakukanlah flash terhadap ponsel yang akan mengalami bootloop. Tunggulah selama beberapa saat. Ponsel Anda akan otomatis melakukan restart program.

Cara mengatasi bootloop Xiaomi via fastboot mode cukup mudah dan praktis. Siapkanlah perangkat Anda dan pelajarilah langkah-langkahnya secara seksama untuk mendapatkan hasil yang optimal.